17 Jenis Masakan Ayam Tradisional Indonesia yang Buat Ketagihan

Jika kita berbicara mengenai kekayaan kuliner Indonesia, maka tidak akan ada habisnya. Kekayaan kuliner tersebut didukung oleh kekayaan rempah-rempah khas Indonesia. Paduan berbagai olahan rempah-rempah ini pastinya akan menambah kenikmatan masakan ayam tradisional Indonesia. Cara memasak ayam sangatlah beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki caranya sendiri dalam mengolah ayam dan menjadikannya menu makanan yang bisa membuat Anda ketagihan. 17 Jenis masakan ayam tradisional Indonesia diantaranya:
  1. Ayam Taliwang
Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Lombok ini. Ayam Taliwang sudah cukup dikenal luas. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Lombok untuk dapat merasakan kenikmatan Ayam Taliwang. Ayam Taliwang cocok bagi pecinta makanan pedas. Menu masakan ini biasanya disajikan bersama terong dan plecing kangkung.
Ayam Taliwang
Sumber: https://resepkueresepmasakan.blogspot.com/2013/05/resep-cara-membuat-masakan-ayam.html
  1. Ayam Betutu
Ayam Betutu berasal dari Bali. Ayam Betutu adalah ayam utuh yang berisi bumbu dan dipanggang di dalam api sekam. Betutu berasal dari kata tunu dan be yang masing – masing berarti bakar dan daging. Jadi ayam betutu adalah daging yang dibakar. Selain untuk hidangan dan dijual, ayam ini juga digunakan saat upacara keagaamaan dan upacara adat.
Ayam Betutu
Sumber: https://kokidol.blogspot.com/2015/08/review-tempat-makan-ayam-betutu.html
  1. Ayam Pop
Ayam Pop berasal dari Bukittingi Sumatera Barat. Ayam ini berwarna putih dengan daging yang sangat empuk dan bumbu yang meresap. Rasa gurih didapatkan dari perebusan menggunakan air kelapa dan bumbu seperti jahe, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Kabarnya Ayam Pop berasal dari Restoran Family Benteng Indah di Bukittingi. Ayam Pop di tempat ini direbus dahulu kemudian digoreng sebentar. Ayam ini warnanya putih namun dengan tekstur bagian kulit luar yang tidak terlalu kering.
Ayam Pop
Sumber: https://andinaseptiarani.com/2014/05/16/homemade-ayam-pop/
  1. Ayam Kesrut
Ayam Kesrut merupakan makanan khas Suku Osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Ayam Kesrut juga dikenal dengan nama Uyah Asem. Olahan ayam ini memiliki cita rasa pedas dan sedikit asam. Kata kesrut berasal dari cara makannya yang diseruput atau kesrut. Nama Uyah Asem diperoleh dari rasanya yg asin (uyah berarti garam) dan segar serta asam karena bumbu yang digunakan.
Ayam Kesrut
Sumber: https://www.haibunda.com/nutrisi/d-4200561/resep-jangan-kesrut-masakan-berbahan-ayam-khas-banyuwangi
  1. Ayam Paniki
Ayam Paniki berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Paniki dalam bahasa Indonesia berarti kelelawar. Karena makanan ini terlalu ekstrim, maka muncullah kuliner Paniki yang dimodifikasi dengan daging lainnya seperti ayam. Ayam Paniki berkuah santan kelapa dan bercita rasa pedas dan gurih.
Ayam Paniki
Sumber: http://kooliner.com/blog/ayam-paniki-yang-pedas-dan-gurih/
  1. Ayam Tangkap
Ayam Tangkap merupakan makanan khas Aceh. Ayam Tangkap adalah ayam yang digoreng yang sebelumnya telah dibumbui. Sebelum digoreng ayam dibumbui menggunakan rempah khas seperti bawang putih, lada, kemiri, jahe, dan garam. Pada saat ayam digoreng, akan dimasukkan daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Ayam goreng akan disajikan dengan daun menutupi sajian Ayam Tangkap ini.
Ayam Tangkap
Sumber: http://info-ayeuna.blogspot.com/2015/03/cara-mudah-membuat-ayam-tangkap.html
  1. Ayam Woku
Ayam Woku berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Woku berasal dari nama daun woka. Daun woka adalah sejenis daun lontar yang dipakai untuk membungkus nasi. Bumbu woku adalah bumbu masakan khas Manado yang kaya rasa. Ada dua jenis woku, yaitu woku balangan yang dimasak dengan belanga atau panci dan woku daun yang dibungkus oleh daun woka sebelum dipanggang atau dikukus. Setelah dikukus, woku daun dimasak di dalam bara arang. Cita rasa Ayam Woku adalah pedas dan segar serta memiliki aroma yang harum.
Ayam Woku
Sumber: http://gerairesep.blogspot.com/2017/02/resep-ayam-woku-enak-nan-lezat-khas.html
  1. Ayam Nasu Palekko
Nasu Palekko dikenalkan oleh tiga kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Pinrang, Sidrap, dan Barru. Nasu Palekko merupakan kuliner khas Bugis berbahan dasar daging itik atau ayam. Ayam Nasu Palekko cocok untuk para pecinta pedas. Rasa pedasnya sangat menggigit. Nasu Palekko berasal dari bahasa Bugis. Nasu berarti masak dan palekko berarti kuali tanah atau periuk.
Ayam Nasu Palekko
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/1495917-ayam-nasu-palekko-%F0%9F%94%A5
  1. Ayam Bakakak
Ayam Bakakak berasal dari Jawa Barat. Ayam ini dibuat dari olahan ayam utuh yang dibakar setelah sebelumnya diungkep dengan racikan bumbu manis. Ayam ini biasanya disajikan pada hari – hari istimewa seperti pernikahan ataupun sunatan. Ayam Bakakak melambangkan sedekah dari pemilik hajat kepada masyarakat.
Ayam Bakakak
Sumber: http://resepmasakcookpedia.blogspot.com/2017/01/ayam-bekakak.html
  1. Ayam Cincane
Ayam Cincane adalah olahan ayam khas Samarinda, Kalimantan Timur. Olahan ayam ini biasanya disajikan pada saat pesa pernikahan dan acara – acara penyambutan tamu. Ayam Cincane menggunakan daging ayam kampung. Warna kemerahan dari bumbu Ayam Cincane dapat menggugah selera makan Anda.
Ayam Cincane
Sumber: http://resepmakanankhaskaltim.blogspot.com/2018/01/ayam-cincane-khas-kalimantan-timur.html
  1. Ayam Kalasan
Ayam Kalasan atau dikenal juga dengan sebutan Ayam Goreng Kalasan berasal dari daerah Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ayam goreng ini memiliki rasa yang gurih, manis, dan legit. Rasa tersebut diperoleh karena Ayam Goreng Kalasan menggunakan air kelapa yang segar dalam proses perebusannya. Perpaduan Ayam Goreng Kalasan dengan sambal ayam goreng khas Kalasan bisa membuat Anda ketagihan dengan ayam goreng satu ini.
Ayam Kalasan
Sumber: https://www.resepku.me/2014/09/resep-masakan/resep-ayam-goreng-kalasan-asli-yang-enak-dan-gurih/
  1. Lawar Ayam
Bagi Anda pecinta masakan Bali, olahan ayam bernama Ayam Lawar mungkin sudah tidak asing lagi. Lawar Ayam adalah olahan daging ayam yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Daging ayam disuwir – suwir dan dicampur dengan menggunakan bahan – bahan seperti irisan bawang merah, kelapa parut, dan kacang panjang. Lawar Ayam ini bercita rasa pedas dengan aroma rempah yang khas.
Lawar Ayam
Sumber: https://dapurzahira.blogspot.com/2016/05/resep-ayam-lawar-kupang-yang-wajib-anda.html
  1. Ayam Napinadar
Jenis olahan ayam satu ini disajikan pada acara – acara seperti pesta adat di Tanah Batak, Sumatera Utara. Ayam Napinadar dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu dengan menggunakan saus ayam. Saus ayam yang digunakan berasal dari darah ayam itu sendiri. Merica Batak atau andaliman memberi cita rasa khas pada olahan ayam ini.
Ayam Napinadar
Sumber: http://dapurmamakita.blogspot.com/2014/12/resep-masakan-ayam-napinadar-masakan.html
  1. Ayam Rica – rica Manado
Selain Ayam Paniki dan Ayam Woku, Manado memiliki kuliner khas lainnya yakni Ayam Rica – rica. Ayam Rica – rica bercita rasa pedas. Penambahan bawang goreng dan mentimun membuat hidangan asli Manado ini terasa sangat lezat.
Ayam Rica-rica Manado
Sumber: https://www.resepku.me/2014/09/resep-masakan/masakan-indonesia/resep-ayam-rica-rica-manado-super-pedas/
  1. Ayam Tuturuga
Ada lagi olahan ayam khas Manado lainnya yaitu Ayam Tuturuga. Ayam Tuturuga mirip dengan opor Manado. Rasanya yang gurih diperoleh dari tambahan santan.
Ayam Tuturuga
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/4891444-ayam-tuturuga-manado
  1. Ayam Goreng Sasando
Nusa Tenggara Timur juga memiliki olahan ayam khas bernaman Ayam Goreng Sasando. Ayam goreng ini memiliki bumbu kaya dengan saus kental dan gurih. Cocok untuk penyuka makanan pedas karena bercita rasa pedas dan gurih.
Ayam Goreng Sasando
Sumber: http://www.lestariweb.com/Indonesia/AyamGorengSasando.php
  1. Bumbu Hijau Ayam Banda
Satu lagi olahan ayam khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan, Bumbu Hijau Ayam Banda. Olahan ayam ini berasal dari Maluku. Warna hijau didapatkan dari cabe hijau. Bumbu khas dari Bumbu Hijau Ayam Banda adalah kacang kenari.
Bumbu Hijau Ayam Banda
Sumber: https://deskgram.net/p/1846964486506820228_28192909
Itulah 17 jenis masakan ayam asli Indonesia. Selain yang telah disebutkan di atas, ayam juga cocok diolah menjadi sate ayam dan soto ayam. Banyaknya jenis masakan berbahan dasar ayam asli Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya kuliner. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *