14 Olahan Bebek Asli Indonesia Ini Wajib Dicoba

Tidak hanya daging ayam, daging bebek pun banyak disukai. Harga daging bebek memang lebih mahal, tetapi rasa daging ini memang dijamin mantap. Indonesia memiliki banyak sekali jenis olahan bebek asli Indonesia yang wajib dicoba. Olahan bebek asli Indonesia memiliki cita rasa yang dijamin mantap. Kekayaan rempah-rempah Indonesia menjadikan olahan bebek ini disukai banyak orang. Sepuluh olahan bebek asli Indonesia yang wajib dicoba diantaranya adalah:
  1. Bebek Ireng
Bebek Ireng adalah kuliner khas Jawa Timur. Ireng berasal dari bahasa Jawa yang berarti hitam. Namun, bukan berarti bahwa bebek ini gosong saat dimasak. Bebek Ireng memiliki daging yang sangat empuk dan mudah terlepas dari tulangnya. Bebek ini sangat empuk karena dimasak dalam tumis bumbu dengan minyak yang melimpah. Banyaknya minyak yang digunakan membuat cita rasa Bebek Ireng sangat mantap.
Bebek Ireng
Sumber: https://cintamakan.wordpress.com/2011/01/12/bebek-ireng-cakbas/
  1. Bebek Songkem
Madura dikenal dengan kuliner Sate Maduranya. Tidak hanya itu, Madura pun memiliki olahan bebek yang dinamakan Bebek Songkem. Bumbu yang digunakan untuk memasak Bebek Songkem adalah cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut akan dibalurkan pada tubuh bebek untuk kemudian dikukus sampai matang.
Bebek Songkem
Sumber: https://resepdanmasakan.com/resep-membuat-bebek-songkem-madura/
  1. Itiak Lado Mudo
Itiak Lado Mudo adalah olahan bebek yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Itiak Lado Mudo adalah bahasa Minang yang berarti bebek cabai hijau. Alasan mengapa masakan ini disebut bebek cabai hijau adalah karena penggunaan cabai hijau sebagai bahan dasar utamanya. Bumbu lain yang digunakan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan merica.
Itiak Lado Mudo
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/itiak-lado-mudo-traditional-minangkabau-dish-769745266
  1. Bebek Betutu
Selain Ayam Betutu yang merupakan salah satu masakan ayam tradisional Indonesia, ada juga yang dinamakan Bebek Betutu. Bebek Betutu merupakan kuliner khas Bali. Bebek dibaluri dengan bumbu halus yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Bebek Betutu sangat cocok dipadukan dengan sambal matah.
Bebek Betutu
Sumber: https://resepdanmasakan.com/resep-spesial-membuat-bebek-betutu-asli-bali/
  1. Bebek Garo Rica
Bagi Anda penyuka makanan pedas, Bebek Garo Rica ini adalah pilihan yang tepat. Bebek Garo Rica  adalah kuliner khas Manado yang menggunakan bumbu rica-rica yang pedas. Bumbu yang digunakan diantaranya adalah cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan kemangi. Bebek Garo Rica menggunakan bebek kampung yang membuat olahan bebek satu ini memiliki cita rasa yang mantap.
Bebek Garo Rica
https://www.primarasa.co.id/lauk-utama/bebek-garo-rica
  1. Sie Itek atau Gulo Itek
Sie Itik atau Gulo Itik adalah kuliner khas Aceh yang berbahan dasar bebek. Hidangan bebek satu ini dimasak berkuah atau digulai. Sie Itek ialah sajian bebek dengan kuah santan kental menyerupai kari atau gulai dan beraroma rempah yang sangat khas. Kuah Sie Itek ada yang berwarna putih da nada yang berwarna merah kecoklatan. Sie Itek merah cenderung pedas, karena menggunakan cabai dan merica untuk bumbunya. Sedangkan Sie Itek putih tidak pedas dan menonjolkan rasa kemiri.
Sie Itik
Sumber: https://resepnusantara.id/resep-kuah-sie-itek-gulai-bebek-masak-merah-khas-aceh/
  1. Bebek Timbungan
Selain Bebek Betutu, Bali memiliki kuliner khas lainnya yang dinamakan Bebek Timbungan. Timbungan berasal dari kata embung atau timbu yang berarti bambu. Jadi, Bebek Timbungan merupakan olahan daging bebek asli Indonesia yang dimasak dengan bumbu basa genep atau racikan utama khas Bali dengan menggunakan bilah bambu. Bebek Timbungan pada awalnya hanya disajikan untuk ritual upacara Adat di Bali. Namun, saat ini Bebek Timbungan tidak hanya disajikan untuk ritual upacara adat saja.
bebek timbungan
Sumber: https://www.skanaa.com/id/news/detail/bebek-timbungan-gali-kembali-masakan-lawas-bali-yang-hampir-punah/nusabali
  1. Bebek Garang Asem
Garang Asem adalah menu khas Jawa pesisir. Rasanya pedas, asam, dan segar karena racikan bumbunya. Bumbu garang asem terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat, belimbing wulu, asam, cabai, garam, dan rempah lainnya. Daging bebek diletakkan di lembaran dan pisang, kemudian diberi bumbu yang telah diracik. Daun pisang yang sudah berisi bebek dan racikan bumbu garang asem selanjutnya dilipat untuk kemudian dikukus.
garang asem bebek
Sumber: http://resepmasakanbeta.blogspot.com/2015/11/resep-garang-asem-bebek.html
  1. Bebek Kuwali
Sesuai dengan namanya, Bebek Kuwali dimasak menggunakan kuwali dengan cara diungkep. Olahan bebek asli Indonesia ini tersedia di banyak wilayah di Indonesia seperti kota Batu, Jawa Timur ataupun Denpasar, Bali. Umumnya Bebek Kuwali memiliki cita rasa yang kuat dan pedas. Proses memasaknya yang cukup lama hingga berjam-jam menjadikan daging bebek empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam.
Bebek Kuwali
Sumber: http://nindarahadi.com/index.php/2016/12/13/review-bebek-kuali-kota-batu/
  1. Bebek Gerem Asem
Bebek Gerem Asem adalah salah satu kuliner khas Banten khususnya Serang Utara yang disukai berbagai kalangan. Olahan bebek ini memiliki cita rasa yang khas yaitu pedas dan asam. Bumbu yang digunakan untuk membuat Bebek Gerem Asam terdiri dari cengkeh, bawang merah, garam, minyak sayur, daun salam, gula merah, cabai, asem, dan sereh.
Bebek Gerem Asem
Sumber: https://merahputih.com/post/read/gerem-asem-kuliner-khas-banten-yang-bikin-nagih
  1. Bebek Nasu Palekko
Bebek Nasu Palekko adalah kuliner khas Bugis yang terbuat dari daging bebek. Daging bebek dipotong kecil-kecil atau seperti dicincang, sehingga sering disebut juga dengan Daging Bebek CIncang. Bumbu sajian bebek ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, sereh, garam, cuka, dan bumbu rempah lainnya. Cuka yang digunakan umumnya yang terbuat dari mangga muda. Nasu Palekko memiliki rasa yang cukup pedas bahkan luar biasa pedas. Aroma Nasu Palekko sangat khas karena menggunakan minyak goreng yang berasal dari lemak kulit bebek itu sendiri. Daging bebek tidak berbau amis, karena bau amis sudah dihilangkan dengan campuran cuka, bawang putih, dan jeruk nipis.
Bebek Nasu Palekko
Sumber: https://www.dzargon.com/2017/06/resep-nasu-itik-palekko-pedas-bugis.html
  1. Itik Alabio Amuntai
Itik Alabio Amuntai merupakan kuliner khas Suku Banjar di Hulu Sungai Utara. Alabio adalah nama kecamatan yang menjadi pusat peternakan dan perdagangan itik atau bebek dengan segala turunannya. Namun, jika Anda ingin menikmati menu kuliner khas daerah ini maka Anda perlu mengunjungi kota Amuntai yang merupakan ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara. Anda akan menemukan banyak warung yang menjual kuliner khas itik yaitu Itik Panggang Tanpa Tulang atau dikenal dengan Itik Alabio Amuntai. Itik dipanggang dan disajikan dengan kuah kecap yang sudah diolah dengan bumbu. Selain itu, Itik Panggang Tanpa Tulang akan disajikan bersama dengan semangkuk sup yang bercita rasa khas.
Itik Alabio Amuntai
Sumber: https://folksofdayak.wordpress.com/2015/01/10/bebek-panggang-alabio/
  1. Sate Bebek
Sate Bebek adalah kuliner khas Banten. Kabarnya Sate Bebek ini berasal dari Cibeber, Banten. Proses pengolahannya hampir sama dengan sate ayam pada umumnya. Namun, unuk membuat daging bebek empuk dan bumbu meresap diperlukan waktu yang lama. Bumbu yang digunakan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, jintan, merica bubuk, gula merah, ketumbar, kecap manis, cabai merah, cabai rawit, dan asam jawa.
Sate Bebek
Sumber: https://merahputih.com/post/read/nikmati-gurihnya-sate-bebek-cibeber-khas-banten
  1. Bebek Suwar-Suwir
Olahan bebek asli Indonesia ini berasal dari Kota Yogyakarta. Sajian bebek ini memiliki cerita sejarah yang panjang. Menu ini dipersembahkan oleh seorang chef asal Belanda yang sempat menjadi juru masak di Keraton Yogyakarta. Jadi tak heran jika Bebek Suwar-Suwir lebih mirip sajian menu ala Eropa atau Western. Menu ini disajikan dengan potongan bagian dada bebek goreng yang diiris dengan cantik dan rapi dan dihias dengan irisan buah kedondong. Pada bagian bawah terdapat irisan buah nanas yang dipanggang (atau terkadang tidak dipanggang) dan disiram dengan saus kental dari jus kedondong yang sudah dicampur dengan beberapa bumbu.
Bebek Suwar-Suwir
Sumber: http://www.masakandapurku.com/2015/09/resep-membuat-bebek-suwar-suwir-khas.html
Inilah 14 olahan bebek asli Indonesia. Olahan bebek ini wajib dicoba, khususnya bagi Anda yang belum pernah merasakan kelezatan sajian bebek tersebut. Selamat mencoba.      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *