12 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jamu tradisional khas Indonesia dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan. Bahan-bahan pembuatnya aman untuk dikonsumsi dan kaya akan manfaat. Minuman khas tradisional Indonesia ini bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun dapat menikmati minuman ini. Lalu, apa sajakah kedua belas jenis jamu tradisional khas Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan:
  1. Beras Kencur
Jamu beras kencur terbuat dari perpaduan beras dan kencur. Kencur dipercaya mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi.
Jamu Beras Kencur
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/jamu-beras-kencur-traditional-medicine-herbal-1683661747
Jamu beras kencur bermanfaat untuk anti diabetes dan mengontrol berat badan. Selain itu, jamu ini mampu merawat kulit dan mendapatkan tubuh ideal.
  1. Kunyit Asam
Berbeda dengan jamu beras kencur, jamu kunyit asam terbuat dari perpaduan antara kunyit dan asam jawa atau asem jawa. Minuman ini identik dengan warna kuning pekat dan kaya akan manfaat. Warna kuning dihasilkan dari senyawa kurkumin yang dimiliki oleh kunyit.
Jamu Kunyit Asam
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/drink-jamu-indonesian-traditional-bali-1508253365
Kunyit atau kunir mengandung bahan aktif yang berfungsi antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), analgesik (meredakan nyeri), dan antiradang. Asam jawa juga mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Kunyit asem tidak hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri saat datang bulan. Jamu berwarna kuning ini juga bisa menurunkan berat badan, mengendalikan gula darah, dan sebagai antioksidan.
  1. Temulawak
Jamu temulawak berbahan dasar temulawak. Jamu ini juga mengandung asam jawa, daun panda, aren, dan jinten. Temulawak biasanya dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun, jamu ini juga sering dijadikan minuman pereda mual, pusing, dan gejala masuk angin.
Jamu Temulawak
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/temulawak-herbal-drink-good-health-1708550056
Lalu, mengapa jamu temulawak ini biasa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan? Jawabannya adalah karena temulawak mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel pada mukosa lambung akibat radikal bebas. Komponen antioksidan tersebut adalag flavonoid, kurkumin, dan fenol.
  1. Galian Singset
Jamu galian singset identik dengan jamunya para wanita. jamu ini dipercaya berkhasiat menjaga bobot badan ideal. Hal ini karena jamu ini mengandung beberapa tanaman seperti daun jati belanda, biji pinang, dan kunyit. Tanaman-tanaman tersebut termasuk tanaman obat antiobesitas dan antidislipidemia.
Jamu Galian Singset
Sumber: https://www.tokopedia.com/sidosehat/jamu-galian-singset-sidomuncul-mengurangi-lemak-tubuh?trkid=f%3DCa2279L000P1W0S0Sh%2CCo0Po0Fr0Cb0_src%3Dhot-product_page%3D1_ob%3D8_q%3Djamu+galian+singset_po%3D1_catid%3D2289&whid=0
Selain itu, jamu ini juga merupakan kombinasi dari berbagai bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan tersebut adalah kencur, temulawak, asam jawa, kayu manis, laos, serai, merica, kapulaga, cengkeh, ketumbah, dan rempah lainnya. Hingga kini, jamu para wanita ini masih dikonsumsi oleh banyak para wanita Jawa. Jamu ini juga memiliki versi instannya yang diproduksi oleh produsen jamu ternama di Indonesia, seperti Sidomuncul.
  1. Jamu Pahitan
Jamu pahitan berbahan baku daun sambiloto. Tambahan bahan lainnya ada yang menggunakan brotowali, lempuyang, serai, daun meniran, lengkuas, serai, widoro laut, widoro putih, temu ireng, dan adas.
Jamu Pahitan
Sumber: https://www.tokopedia.com/jamucafewonogiri/jamu-pahitan-100-alami-tanpa-pengawet?trkid=f%3DCa0000L000P0W0S0Sh%2CCo0Po0Fr0Cb0_src%3Dsearch_page%3D1_ob%3D1000_q%3Djamu+pahitan_bmexp%3D0_po%3D2_catid%3D2781_bmexp%3D0&whid=0
Jamu ini dianggap jamu paling pahit seperti namanya. Namun, jamu ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Manfaat tersebut diantaranya mencegah munculnya jerawat dan mencegah bau badan. Jamu ini juga mampu mengatasi alergi, jamu bersih darah, dan penyembuhan penyakit gatal-gatal.
  1. Kunci Sirih
Kunci sirih terbuat dari temu kunci dan sirih atau suruh. Selain kedua bahan tersebut, jamu ini juga dicampur dengan kunyit/kunir, jahe, kapulaga, kayu manis, serai, asam jawa, garam, gula merah, dan perasan jeruk nipis.
Jamu Kunci Sirih
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/4598379-jamu-kunci-suruh
Jamu ini diipercaya sangat baik untuk perempuan, karena berkhasiat mengobati keputihan. Jamu ini juga dipercaya berkahisat mengatasi bau badan tidak sedap, mengatasi timbulnya jerawat, dan mengatasi bau badan. Selain itu, jamu berbahan dasar temu kunci dan sirih ini mampu merapatkan organ kewanitaan. Jamu kunci sirih juga mampu mencegah peradangan dan menguatkan email gigi.
  1. Sinom
Jaum sinom terbuat dari asam jawa atau sinom, kunyit, gula merah, temulawak, dan rempah lainnya. Jamu ini biasanya diminum setelah meminum jamu yang pahit.
Jamu Sinom
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/homemade-sinom-traditional-indonesian-herbal-consist-1713870496
Jamu ini tidak hanya rasanya yang enak, tetapi juga mampu menyegarkan tubuh. Jamu ini dapat membantu proses detoksifikasi. Proses tersebut dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, sehingga membuat kulit wajah bersih dan bebas jerawat. Kandungan antioksidan dan antiinflamasinya membantu mencerahkan dan meremajakan kulit. Selain itu, jamu sinom dapat meredakan nyeri haid.
  1. Kudu Laos
Jamu kudu laos merupakan kombinasi dari buah mengkudu dan laos atau lengkuas. Mengkudu dikenal sebagai buah yang memiliki seribu manfaat.
Jamu Kudu Laos
Sumber: https://www.facebook.com/517524348453246/photos/pcb.532771680261846/532771533595194/?type=3&theater
Buah tersebut dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, antidiabetes, menjaga kesehatan kulit, pemulihan sel, dan mencegah kanker. Sementara itu, lengkuas juga mampu mencegah kanker, merawat kulit, meredakan batuk dan sakit tenggorokan, mendukung kesehatan otak, dan meningkatkan kesuburan pria.
  1. Uyup-uyup
Jamu uyup-uyup biasanya berbahan dasar kencur, kunyit, lempuyang, temulawak, simbukan, beluntas atau luntas, kunci, dan cowekan atau pegagan. Jamu ini dipercaya mampu memperlancar asi pada ibu menyusui. Selain itu, jamu ini mampu menghilangkan bau tidak sedap pada bayi dan ibunya.
Jamu Uyup-uyup
Sumber: https://blogunik.com/jamu-asli-indonesia/
  1. Empon-empon
Pada awalnya jenis jamu ini terdengar masih asing di telinga kebanyakan orang. Hingga akhirnya setelah keberadaan virus corona, jamu empon-empon menjadi populer. Ini disebabkan karena empon-empon mampu menjaga daya tahan tubuh.
Jamu Empon-empon
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/wedang-empon-glass-warm-drink-that-1700192689
Empon-empon sendiri merujuk pada sebutan masyarakat Jawa untuk rimpang atau kelompok akar tinggal. Rimpang tersebut misalnya jahe, kunyit, dan temulawak. Empon-empon ini terbuat dari kunyit, jahe, kencur, temulawak, asam, serai, dan sebagainya. Selain dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh, jamu ini juga berkhasiat untuk antijamur, antibakteri, mendukung sistem metabolisme tubuh, mencegah radikal bebas, dan meredakan peradangan.
  1. Cabe Puyang
Jamu cabe puyang terbuat dari cabe jawa/puyang/lempuyang. Bahan lainnya yaitu jahe, kudu, adas, temulawak, temuireng, merica, pulosari, kunci, kedawung, dan asam jawa.
Jamu Cabe Puyang
Sumber: http://septinurqmla.blogspot.com/2017/01/obat-tradisional-jamu-cabe-puyang-untuk.html
Seperti halnya jamu lainnya, jamu ini memiliki berbagai manfaat. Manfaat dari jamu cabe puyang adalah melancarkan peredaran darah, meredakan pegal linu, menurunkan demam, dan meningkatkan nafsu makan. Jamu cabe puyang cocok untuk wanita karena mampu menjaga kesehatan kulit. Cabe puyang menutrisi kulit dari dalam sehingga lebih halus.
  1. Galian Rapet
Selain galian singset, jamu khusus wanita lainnya adalah galian rapet. Jamu ini dipercaya mampu menghilangan lendir-lendir pada organ intim kewanitaan yang berbau kurang sedap. Ramuan khas Indonesia ini menjadikan organ intim kewanitaan menjadi lebih segar dan wangi. Jamu galian rapet merupakan kombinas dari berbagai bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut antara lain kunyit dan kencur.
Jamu Galian Rapet
Sumber: http://rumahrempahsolo.com/product/jamu-godok-galian-rapet-khusus-kewanitaan/
Inilah kedua belas jenis jamu tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan. Jualan makanan berupa minuman jamu ini pun laris manis di pasaran. Hal ini karena peran promosi makanan baik offline maupun online. Alangkah baiknya memahami berbagai efek sampingnya sebelum mengkonsumsi jamu-jamu tersebut. Selain itu, perlu diperhatikan juga cara memasak jamu dan mengonsumsi jamu yang benar. Jangan sampai jamu tradisional khas Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan malah membahayakan tubuh Anda. Karena sebaik apapun manfaat suatu jamu atau minuman, tetapi jika tidak dikonsumsi sesuai aturan maka akan membahayakan diri kita sendiri. Semoga bermanfaat dan selalu jaga terus kesehatan Anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *