13 Makanan dari Pisang yang Menggoyang Lidah

Makanan dari pisang yang menggoyang lidah banyak ditemui di pasaran. Jualan makanan berbahan dasar pisang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Jadi tidak heran jika makanan dari pisang menjadi jualan makanan yang laku setiap hari. Pisang memiliki berbagai macam olahan, mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Lalu, apa sajakah ketiga belas makanan dari pisang yang menggoyang lidah:
  1. Pisang Goreng
Pisang goreng adalah olahan pisang yang sudah sangat dikenal luas. Makanan dari pisang ini mudah dibuat dan rasanya juga enak. Cita rasa manis dan gurih membuat pisang goreng selalu laris di pasaran.
Pisang Goreng
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/popular-malaysian-fried-banana-hot-oil-245645317
Pisang goreng sering dinikmati dengan minuman seperti teh ataupun kopi terbaik di Indonesia. Saat ini, pisang goreng juga dimodifikasi dengan diberikan tambahan seperti keju, saus stroberi, green tea, dan cokelat.
  1. Pisang Molen
Pisang molen adalah makanan dari pisang yang tak kalah laris di pasaran. Pisang goreng dan pisang goreng sering dijumpai dijual bersamaan oleh para penjual gorengan. Sama dengan pisang goreng, pisang molen juga sering disajikan dengan teh atau kopi hangat.
Pisang Molen
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/close-pisang-molen-fried-banana-wrap-1707288739
Satu yang khas dari pisang molen adalah tekstur kulitnya yang tipis dan garing. Kulit tersebut membungkus pisang, sehingga melahirkan perpaduan rasa yang gurih dan manis. Pisang molen memiliki rasa kriuk di luar, tetapi lembut di dalam.
  1. Pisang Bolen
Ada pisang molen, ada juga pisang bolen. Meskipun nama kedua makanan ini hampir mirip, tetapi pisang molen berbeda dengan pisang bolen. Pisang bolen adalah kudapang dari pisang yang dilapisi kulit pastry.
Pisang Bolen
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/bolen-pisang-banana-typical-food-city-1747181042
Varian rasa atau isian yang sering ditemukan adalah coklat dan keju. Perpaduan antara kulit pastry, pisang, dan isian coklat atau keju menjadikan makanan ini disukai banyak orang.
  1. Keripik Pisang
Jika makanan dari singkong punya keripik singkong, maka makanan dari pisang punya keripik pisang. Keripik pisang menjadi cemilan yang enak dan buat ketagihan. Keripik pisang biasanya memiliki rasa yang gurih.
Keripik Pisang
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/keripik-pisang-one-type-traditional-dry-1723218589
Namun, saat ini banyak ditemui variasi rasa keripik pisang. Variasi rasa tersebut mulai dari rasa asin, manis, keju, cokelat, green tea, hingga pedas.
  1. Pisang coklat
Jenis gorengan yang berbahan dasar pisang selain pisang goreng dan pisang molen, yaitu pisang coklat. Pisang coklat sering juga disebut piscok. Pisang dibalut dengan kulit lumpia tipis dan isian coklat.
Pisang Coklat
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/piscok-pisang-coklat-banana-chocolatte-indonesian-1394325860
Isian coklat dan pisang akan lumer seketika saat digoreng. Tidak heran jika pisang coklat memiliki banyak penggemar. Piscok lebih cocok dinikmati saat masih hangat.
  1. Pisang Sale
Pisang sale menjadi makanan dari pisang yang paling tahan lama. Sifatnya yang awet, menjadikan makanan ini sering dijadikan oleh-oleh. Olahan ini memiliki dua versi, versi basah dan versi kering. Versi basah dan keringnya mempunyai proses pembuatan yang hampir sama.
Pisang Sale
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/dried-pisang-awak-bananas-wooden-basket-1485926081
Pisang disisir dan dijemur supaya kadar air dalam buah berkurang. Selanjutnya, pisang akan berwarna cenderung gelap. Pisang yang sudah dijemur bisa langsung dikonsumsi. Pisang tadi bisa juga digoreng tepung, sehingga menjadi pisang sale kering.
  1. Mata Roda
Mata roda merupakan perpaduan singkong dan pisang. Bentuknya yang seperti roda, menjadikan kue ini disebut mata roda. Kue ini bertekstyur kenyal dan rasanya manis serta gurih.
Mata Roda
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/mata-roda-cake-typical-made-cassava-1306350790
Mata roda terbuat dari singkong parut yang dikukus. Kukusan singkong diberi berbagai warna yang menarik. Bagian tengahnya diisi pisang raja, kapok, atau tanduk yang sudah matang. Selanjutnya dikukus dan dipotong bentuk bulat. Taburan kelapa parut diberikan untuk menambah rasa gurih. Mata roda terkenal di Jawa Tengah, tetapi kue ini juga ada di daerah lain. Kue mata roda di Jawa Barat disebut kue putri noong. Sementara itu, di Makassar disebut beppa janda atau kalimbu.
  1. Nagasari
Nagasari menjadi kue basah yang tidak habis termakan zaman. Kue basah asal Jawa Tengah ini banyak ditemukan di antara jajanan pasar tradisional. Nagasari biasanya menggunakan pisang kapok atau raja matang.
Nagasari
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/nagasari-traditional-steamed-cake-made-rice-1161595351
Nagasari terbuat dari adonan tepung beras, gula, dan santan yang dikukus. Adonan diisi pisang dan dibungkus daun pisang. Beberapa menambahkan air daun suji (pewarna alami hijau) dan gula merah (pewarna alami merah). Rasa manisnya dan warnanya yang menarik, membuat nagasari sering dijadikan sajian saat pertemuan.
  1. Es Pisang Ijo
Es pisang ijo menjadi jajaran makanan berbahan pisang yang sangat populer. Es asal Makassar ini sering ada dalam berbagai acara. Bahkan es pisang ijo sering dijadikan menu berbuka puasa selain kolak pisang.
Es Pisang Ijo
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/es-pisang-ijo-traditional-dessert-plantain-1752857702
Es pisang ijo adalah perpaduan adonan hijau berisi pisang, bubur sumsum, susu kental manis, sirup merah, dan es batu. Adonan hijau terbuat dari tepung kanji, tepung beras, santan, dan air daun suji untuk pewarna hijau alami. Kombinasi tersebut menghasilkan rasa gurih dan manis yang menggoyah lidah.
  1. Pisang Rai
Sekilas jajanan khas Bali ini mirip mata roda. Pisang rai adalah makanan khas Bali berupa adonan berisi pisang. Adonan tersebut digulung dan dibungkus dengan daun pisang, mirip seperti lemper.
Pisang Rai
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/536688-pisang-rai-bali-tabur-kelapa-parut
Adonan pisang rai terdiri dari tepung beras, santan, air suji, dan kelapa parut yang diisi pisang. Pisang yang digunakan bisanya pisang raja, tanduk, atau kepok. Adonan dimasak dengan cara dikukus. Pisang rai bertekstur lembut dan rasanya manis-legit. Taburan kelapa diberikan untuk menambah rasa gurih. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di Bali. Hampir setiap sudut kota menjual kue basah berwarna hijau ini.
  1. Godok Pisang atau Cekodok
Godok pisang atau cekodok adalah jajanan khas Sumatera Barat dan Utara. Makanan ini adalah kue bolu pisang khas Sumatera yang digoreng hingga kecoklatan. Rasanya manis-legit karena menggunakan pisang batu, kepok, atau raja yang sudah matang.
Cekodok
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/malay-food-cekodok-on-white-plate-581024089
Adonan kue bolu ini sangat sederhana. Bahan pembuatnya terdiri dari pisang, terigu, gula, garam, dan baking soda. Parutan kelapa sering ditambahkan dalam adonan, sehingga rasanya makin mantap.
  1. Carang Gesing
Carang gesing menjadi jajanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh dilewatkan. Rasanya manis-gurih karena terbuat dari campuran pisang, telur, gula, dan garam. Pisang yang digunakan biasanya pisang uli, raja, atau kepok yang kematengan.
Carang Gesing
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/carang-gesing-banana-pudding-traditional-indonesian-1732996640
Pisang yang benar-benar matang dipilih untuk membuat rasa manis dan aroma yang menonjol. Telur (sering juga ditambahkan santan) membuat jajanan ini terasa gurih. Adonan tadi dikukus hingga matang dan disimpan dalam kulkas.
  1. Pisang Plenet
Pisang planet ialah kuliner khas Semarang yang sudah mulai langka. Pisang planet adalah pisang bakar yang dipipihkan (Bahasa Jawa:planet). Pisang kepok biasanya dipilih karena tak mudah hancur saat dibakar maupun dipipihkan. Rasa pisang kepok pun manisnya pas.
Pisang Plenet
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/pisang-plenet-popular-street-food-snack-689420563
Pisang kepok  dibakar hingga layu dan dipipihkan hingga dagingnya melebar. Pisang kemudian dioles margarin dan dibakar lagi hingga permukaannya kecoklatan. Pisang penyet kemudian ditumpuk seperti kue dadar dengan tambahan topping. Topping seperti kacang, keju, messes, dan gula halus menjadikan makanan dari pisang ini terasa sangat maknyus di lidah. Inilah 13 makanan dari pisang yang menggoyang lidah. Perpaduan lembut dan manisnya pisang menjadikan makanan dari pisang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Meskipun tanpa promosi makanan melaui online, makanan dari pisang tetap diburu para pelanggan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *