12 Dessert Kekinian yang Lagi Hits di Indonesia

Dessert kekinian menjadi pilihan siapa saja saat beraktivitas. Dessert bermakna makanan penutup. Namun, saat ini dessert tidak hanya identik dengan makanan penutup. Dessert juga difungsikan sebagai camilan dan sajian pencuci mulut. Berbagai macam dessert kekinian pun meramaikan jualan makanan di Indonesia. Kemudian, apa saja dessert kekinian yang lagi hits di Indonesia:
  1. Chocolate Dessert Box
Chocolate dessert box menjadi salah satau dessert kekinian yang lagi hits di Indonesia. Dessert identik dengan rasanya yang manis. Makanan penutup akan lebih lengkap jika menyertakan variasi cokelat.
Chocolate Dessert Box
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/dessert-box-chocolate-cake-layer-cheese-1630483945
Dessert box ini dibuat berlapis-lapis. Bahan-bahan yang digunakan biasanya adalah potongan atau remahan biskuit cokelat, kue cokelat, dan cokelat batang. Bahan-bahan tersebut akan disusun dalam kotak. Demi menambah sensasi manisnya, biasanya ditambahkan krim kental dan susu cair. Tambahan tersebut berfungsi juga untuk merekatkan setiap lapisan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, sangat cocok dinikmati pada saat dingin.
  1. Oreo Dessert Box
Selain cokelat, oreo menjadi cemilan favorit bagi kebanyakan orang. Oreo memiliki rasa khasnya yang manis, tetapi tidak membuat mual. Keunikan rasanya menjadikan oreo sering disajikan sebagai campuran dessert.
Oreo Dessert Box
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/6720632-oreo-dessert-box
Hampir mirip seperti chocolate dessert box, oreo dessert box ini juga disusun berlapis-lapis. Ada berbagai macam jenis oreo dessert box yang hits. Perbedaannya terletak pada bahan-bahan lain yang dipadukan. Ada yang memadukan oreo dengan berbagai jenis susu (susu segar UHT, susu kental manis, dan jenis susu lainnya), regal, keju, agar-agar, cokelat, dan alpukat.
  1. Regal Dessert Box
Regal menjadi biskuit legendaris yang saat ini sering dijadikan bahan dasar dessert box. Regal memiliki rasa susu yang lezat dan lumer saat dimakan. Tidak heran jika biskuit ini menjadi disukai anak-anak ataupun orang dewasa.
Regal Dessert Box
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/8262631-regal-dessert-box
Regal biasanya dicampurkan dalam bentuk remahan dengan bahan lainnya. Terkadang regal diletakkan utuh pada bagian atas dessert box. Bahan tambahan lain yang sering digunakan seperti whip cream, susu kental manis, margarin, dan susu UHT.
  1. Durian Dessert Box
Durian dessert box menjadi dessert kekinian yang sulit ditolak, apalagi oleh para pecinta durian. Selain rasanya yang enak, bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan.
Durian Dessert Box
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/7576731-durian-dessert-box?via=search&search_term=dessert%20box%20durian
Bahan yang diperlukan hanyalah daging durian, tepung maizena, susu UHT, susu cari, gula pasir, butter, dan coklat batang. Bisa juga dengan diberi tambahan kue black forest atau jenis kue lainnya. Topping keju atau choco chips ditaburkan diatasnya untuk memperkaya rasa durian dessert box.
  1. Banoffee
Banoffee menjadi dessert kekinian yang juga hits di Indonesia. Meskipun sebenarnya dessert kekinian ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan makanan penutup khas Inggris.
Banoffee
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/traditional-banoffee-dessert-caramel-banana-biscuit-1163533447
Banoffee memiliki bahan utama karamel dan pisang. Namun kini, dessert asal Inggris ini dimodifikasi dengan berbagai bahan tambahan. Bahan tambahan tersebut misalnya butter, susu, dan remahan biskuit.
  1. Buah Dessert Box
Bagi pecinta buah atau yang kurang menyukai manis, dessert box ini bisa menjadi pilihan. Ada berbagai macam variasi dessert box buah. Buah yang sering digunakan adalah mangga, alpukat, stroberi, dan bua naga.
Avocado Dessert Box (salah satu jenis dessert box buah)
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/12972049-avocado-choco-dessert-box?via=search&search_term=avocado%20dessert%20box
Dessert box buah ini sangat cocok disajikan saat dingin. Apalagi jika dinikmati saat siang hari.
  1. Setup Roti Tawar
Setup roti tawar menjadi makanan penutup yang juga hits akhir-akhir ini. Cara membuatnya sangat mudah. Selain itu, bahannya juga gampang ditemukan.
Setup Roti Tawar
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/12990406-setup-roti-tawar?via=search&search_term=setup%20roti%20tawar
Bahan-bahan yang diperlukan pastinya roti tawar, keju parut, susu UHT, tepung maizena, susu kental manis, dan gula pasir. Topping yang digunakan bisa berupa cocoan powder. Bahan-bahan tersebut akan dimasak dan didinginkan. Seperti makanan penutup lainnya, setup roti tawar sangat cocok disajikan saat dingin.
  1. Nugget Pisang
Nugget pisang menjadi makanan dari pisang yang lagi hits. Berbeda dengan frozen food nugget, nugget pisang bukan terbuat dari daging ayam ataupun ikan. Nugget ini terbuat dari pisang, sehingga rasanya manis.
Nugget Pisang
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/banana-nuggets-pisang-nugget-delicious-colorful-1033196095
Pisang akan diolah bersama dengan tepung pisang, tepung roti, tepung terigu, susu UHT, dan coklat blok. Namun, bahan pembuat tersebut tidak mutlak. Hal ini tergantung pada jenis pisang nuggetnya. Ada nugget pisang kekinian (yang terdiri dari berbagai macam toping), nugget pisang coklat hazelnut, nugget pisang tanpa toping, nugget pisang coklat tabur oreo, dan lainnya.
  1. Salad Buah
Salad buah menjadi jualan makanan yang laku setiap hari. Berbeda dengan dessert box buah, salad buah berisi berbagai macam potongan buah dan yoghurt. Biasanya juga diberikan tambahan topping seperti parutan keju atau coklat.
Salad Buah
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/delicious-indonesian-salad-buah-keju-fruits-1702219771
Buah yang sering digunakan biasanya adalah semangka, melon, stroberi, pir, apel, pisang, anggur, dan lemon. Walaupun buah apapun bisa ditambahkan sesuai dengan selera. Ada juga penjual yang menambahkan jelly untuk memperkaya rasa makanan online terlaris ini.
  1. Dessert Box Dalgona
Dalgona coffee menjadi olahan kopi yang sangat hits akhir-akhir ini. Sajian kopi ini sepertinya belum kehilangan kepopulerannya. Bahkan ada kue, permen, hingga dessert box  yang menggunakan dalgona.
Dalgona Dessert Box
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/dalgona-coffee-dessert-boxes-tasty-delicious-1701167971
Dessert box dalgona menjadi sajian penutup yang juga hits di Indonesia. Seperti dessert box lainnya, dessert kekinian ini juga disusun berlpais-lapis. Lapisan-lapisannya biasanya berisi kue, vanilla cream, whip cream, dan sebagainya. Bahkan ada juga yang menambahkan remahan oreo pada lapisan dessert box.
  1. Lemon Icebox Cheese Cake
Jika kalian adalah penggemar lemon, chesse cake satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Namun, jika kalian penggemar lemon dan belum pernah mencobanya maka cheese cake ini wajib kalian coba.
Lemon Icebox Cheese Cake
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/lemon-cheesecake-cup-tea-on-wooden-388341352
Sajian ini menghasilkan perpaduan rasa yang unik. Lumernya keju dan asam serta segaranya lemon menjadi satu, sehingga bisa memperbaiki mood. Lemon Icebox Cheese Cake mempunyai tekstur yang lembut. Bahan-bahan yang digunakan umumnya adalah lemon cookies, gula halus, butter, cream cheese, susu kental manis, air jeruk lemon, gula, dan bahan tambahan lainnya. Kombinasi bahan-bahan tersebut menghasilkan cita rasa manis yang menyegarkan.
  1. Brown Sugar Bubble/Boba
Brown sugar bubble/boba ini menjadi sajian penutup yang masih hits hingga saat ini. Boba bisanya dikombinasikan dengan berbagai jenis minuman. Misalnya minuman kekinian, seperti Thai tea, Milk tea, dan kopi. Namun, ternyata boba juga sering digunakan sebagai topping susi, roti bakar, hingga steak. Hal ini karena boba memiliki rasa manis yang cocok dipadukan dengan sajian manis lainnya.
Brown Sugar Bubble/Boba
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/high-angle-view-tapioca-ball-known-1148195594
Kemudian, apa saja bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat boba. Bahan-bahan yang diperlukan adalah brown sugar, tepung tapioka, dan teh hitam. Bahan-bahan tersebut akan dibuat adonan hingga kalis. Adonan akan dibuat bulatan-bulatan kecil seperti mutiara. Bulatan-bulatan tersebut kemudian direbus dengan air dan brown sugar hingga mendidih. Inilah kedua belas dessert kekinian yang lagi hits di Indonesia. Meskipun sebenarnya dessert kekinian tersebut dapat dibuat sendiri, karena caranya mudah. Namun, berkat promosi makanan yang baik maka tidak heran jika bisnis makanan penutup ini tumbuh subur di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *