9 Kue Kekinian yang Bisa Dibikin Sendiri

Kue kekinian yang bisa dibikin sendiri menjadi pilihan terbaik saat menikmati kebersamaan bersama orang-orang tersayang. Jualan makanan kue kekinian juga laris manis di pasaran. Setidaknya ada 9 kue kekinian yang bisa dibikin sendiri, yaitu:
  1. Cheesecake
Cheesecake menjadi dessert kekinian yang lagi hits dan juga kue kekinian. Cake ini dibuat denga mencampurkan keju bertekstur lembut, susu, telur, dan gula. Keju yang digunakan bisa berupa cream cheese, cottage cheese, mascarpone, ricotta, maupun cheddar.
Cheesecake
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/assortment-cheesecakes-different-toppings-cheesecake-raspberries-1075051601
Meskipun disebut cake, tetapi cheesecake termasuk dalam kelompok custard atau pie. Hal ini karena campuran susu dan telur dipanggang atau dimasak denga air panas. Campuran tersebut akan mengental akibat proses koagulasi protein telur. Bagian atas cheesecake biasanya diberi hiasan. Hiasan yang digunakan dapat berupa krim, lapisan gula, buah segar seperti lemon atau stroberi. Cheesecake sebaiknya disimpan di mesin pendingin sebelum disajikan.
  1. Apple Strudel
Apple strudel atau apfelstrudel menjadi kue khas Austria. Apple strudel juga sering dijadikan sebagai makanan penutup yang kekinian. Meskipun berasal dari Austria, namun nama strudel berasal dari Bahasa Jerman yang berarti pusaran air. Hal ini karena saat dipotong maka isiannya akan menyerupai kumparan.
Apple Strudel
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/apple-strudel-101685559
Apple strudel ini sangat sederhana dan bisa dibikin sendiri. Hal yang perlu dilakukan adalah membuat adonan puff pastry. Bisa juga digunakan simpanan puff pastry frozen. Potongan apel yang sudah dimasak dengan kayu manis, gula, dan bahan lainnya kemudian diisikan ke dalam adonan tersebut. Appel strudel cocok disajikan dengan krim dan vanilla custard serta secangkir espresso.
  1. Kue Napoleon
Kue napoleon menjadi kue khas Medan yang lagi hits dan kekinian. Kue ini adalah kue pastry lapis tiga yang bertekstur crunchy. Ketiga lapisan pastry akan dioles selai kemudian dibalut bolu.
Kue Napoleon
Sumber: https://www.deliserdangmall.com/majalah/10-jajanan-medan-yang-wajib-kamu-bawa-sebagai-oleh-oleh-dari-medan
Selanjutnya akan diberi topping aneka rasa untuk menambah cita rasanya. Kue kekinian ini memiliki 5 variasi rasa, yaitu Banana Crazy, Cheese, Caramel, Green Tea, dan Durian. Tidak hanya rasanya yang enak, kue ini tidak menggunakan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Namun, bolu ini hanya tahan disimpa selama 3 – 4 hari.
  1. Kue Sultana
Kue Sultana ini menjadi kue kekinian yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Meskipun saat ini kue sultana sudah dimodifikasi, misalnya dengan penggunaan essence vanilla.
Kue Sultana
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/5104181-sultana-cookies
Kue Sultana termasuk kue kering dan sering juga didapati saat Lebaran. Kue ini bertekstur empuk dan bercita rasa manis serta gurih. Kue kering ini berisi kismis dan dibalut dengan campuran tepung, butter, dengan aroma vanilla. Aroma vanillanya dan rasa manisnya, menjadikan kue ini sering disandingkan dengan secangkir espresso. Kue Sultana bisa juga dihidangkan bersama kopi terbaik dari Indonesia.
  1. Brownies
Brownies menjadi kue yang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Kue manis ini pun bisa digolongkan dalam kue kekinian. Brownies memiliki 3 tipe dasar berdasarkan tekstur dan rasanya. Ada fudgy brownies, chewy brownies, dan cakey brownies. Cakey brownies bertekstur ringan atau mirip kue coklat. Penggunaan pengembang kue, menjadikan cakey brownies mengembang seperti layaknya kue cokelat. Pembeda cakey brownies dengan kue cokelat biasa adalah penggunaan gula pasir putih, brown sugar, dan mentega leleh.
Brownies
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/chocolate-browni-mint-289383710
Berbeda dengan cakey brownies, fudgy brownies bertekstur lengket, lembut, dan padat. Brownies jenis ini tidak mengembang atau penampakannya pendek. Cokelat yang digunakan adalah cokelat leleh ditambah coklat bubuk. Perbandingan butter dan cokelat leleh lebih besar dibanding tepung. Chewy brownies bertekstur lebi kenyal dibanding jenis lainnya. Penampakannya chewy, pendek, dan padat atau mirip fudgy brownies. Tektstur brownies dibuat lembap dan kenyal, sehingga digunakan brown sugar atau ada pula yang menambahkan molas. Brownies ini meski identik dengan rasa cokelat, tetapi sering juga dipadukan dengan pemberian topping yang beragam. Ada topping parutan keju, cheese cream, strawberry cream, banana cheese cream, green tea, dan cappuccino.
  1. Pie Susu
Kue yang sudah ada sejak dulu, namun menjadi kue kekinian dan hits adalah pie susu. Pie susu mudah dibuat karena alat dan bahan yang diperlukan tidak sulit diperoleh. Bahkan kini pie susu teflon juga populer di berbagai kalangan.
Pie Susu
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/cake-pie-custard-tarts-susu-topping-1356770030
Bahan yang diperlukan terdiri dari bahan untuk kulit dan bahan untuk isi. Bahan untuk kulit terdiri dri tepung terigu, mentega, gula halu, telur, dan pasta vanilla. Bahan untuk isian misalnya susu kental manis putih, tepung maizena, kuning telur, dan air. Bahan untuk isian ini bisa disesuaikan sesuai selera. Misalnya bisa menggunakan daun panda, keju, ubi, matcha, ataupun wortel. Bahkan ada juga yang menggunakan buah-buahan sebagai toppingnya, seperti stroberi, pisang, blueberry, hingga raspberry.
  1. Bolu Gulung
Bolu gulung menjadi kue kekinian yang bisa menjadi teman minum teh hangat. Saat ini ada berbagai macam jenis bolu gulung. Mulai dari bolu gulung klasik, bolu gulung hurricane atau hurricane swiss roll cake, hingga  bolu gulung mini pelangi.
Bolu Gulung
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/bolu-gulung-rolls-baked-cakes-using-1353806906
Bahkan ada juga yang menjadikan bolu gulung ini sebagai oleh-oleh khas daerah. Misalnya Bolu Gulung Meranti khas Medan, Moo Moo Roll Cake khas Bandung, Bolu Abon khas Papua, dan Bolu Gulung Jenebora khas Balikpapan. Adonan bolu gulung biasanya terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir, dan margarin. Campuran lainnya disesuaikan dengan jenis bolu gulung yang akan dibuat. Topping bolu gulung pun bisa berupa parutan keju, parutan cokelat, serpihan kacang, cream, hingga buah-buahan.
  1. Kue Manja
Kue manja adalah kue kekinian yang cocok dinikmati sebagai cemilan. Kue ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan dorayaki. Namun, bentuknya yang berbeda yaitu kue manja ditekan antara sisi kiri dan sisi kanannya supaya melekat.
Kue Manja
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/3872113-resep-membuat-kue-manja-kekinian
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue manja adalah terigu, telur, vanili bubuk, mentega cair, baking powder, susu bubuk, gula pasir, dan garam. Isian untuk bagian tengahnya bisa berupa parutan keju, messes, cokelat, selai stroberi, dan selai nanas.
  1. Kue Cubit
Kue cubit identik dengan jajanan anak sekolahan yang sudah ada sejak dulu. Namun, kini nyatanya kue cubit menjadi kue kekinian yang hits hingga saat ini. Kue ini pun sudah dimodifikasi baik itu dari bahan pembuatnya, maupun topping yang digunakan.
Kue Cubit
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/kue-cubit-indonesian-cake-chocolate-pancake-534089725
Adonan utama kue cubit adalah campuran tepung terigu dan susu. Selain kedua bahan tersebut, dicampurkan telur, gula pasir, mentega cair, ekstrak vanilla, soda kue, dan baking powder. Adonan akan dicetak dan dimasak selama beberapa menit. Ada beberap varian rasa untuk kue cubit, seperti rasa cokelat, moka, keju, green tea, dan red velvet. Tidak heran jika kue ini menjadi kue kekinian, karena kue cubit mudah dibikin dan rasanya enak. Inilah sembilan kue kekinian yang mudah dibikin. Jika diamati, beberapa kue kekinian sebenarnya adalah kue yang sudah ada sejak dulu. Namun, promosi makanan menjadikan kue-kue tersebut kembali hits.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *