18 Minuman Asli Indonesia Ini Dijamin Menyegarkan

Tidak hanya makanan, Indonesia juga kaya akan berbagai macam jenis minuman. Minuman asli Indonesia ini rasanya tidak kalah dengan minuman kekinian. Cita rasa khas Indonesia dijamin menyegarkan. Minuman asli Indonesia yang dijamin menyegarkan adalah:
  1. Bajigur (Jawa Barat)
Bajigur adalah minuman khas Sunda dari daerah Jawa Barat. Minuman khas Sunda ini berbahan gula aren dan santan. Biasanya untuk menambah kenikmatannya, minuman ini dicampurkan dengan sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Seiring berjalannya waktu, saat ini minuman ini dapat dijumpai dalam bentuk kemasan.
Bajigur (Jawa Barat)
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/3558917-bajigur
  1. Bir Pletok (Jakarta)
Bir Pletok adalah minuman tradisional yang menyegarkan. Minuman asli Indonesia ini dikenal sebagai salah satu minuman khas Betawi. Bir Pletok terbuat dari jahe, daun pandan wangi, dan serai.
Bir Pletok (Jakarta)
Sumber: http://www.buahatiku.com/bir-pletok-minuman-sehat-khas-betawi/
  1. Sekoteng (Jawa Tengah)
Sekoteng adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Sekoteng dibuat dari air jahe dan sangat cocok dihidangkan saat masih panas. Bahan lainnya yang dicampurkan ke dalam minuman ini adalah kacang hijau, kacang tanah, potongan roti, dan pacar cina. Sekoteng sangat cocok disajikan pada malam hari atau saat udara dingin. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh saat udara dingin.
Sekoteng (Jawa Tengah)
Sumber: https://www.dictio.id/t/resep-membuat-sekoteng/75549
  1. Limun Sarsaparilla (Daerah Istimewa Yogyakarta)
Limun Sarsaparilla berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Minuman ini dibuat dari tanaman Sarsaparilla. Masyarakat DIY biasa menyebut minuman ini dengan sebutan Saparella. Minuman ini adalah minuman para raja pada masanya. Minuman ini diproduksi secara lokal di wilayah DIY.
Limun Sarsaparilla (Daerah Istimewa Yogyakarta)
Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/y410tg-jual-indo-saparella-minuman-sarsaparilla
Saparella atau Limun Sarsaparilla adalah minuman soda hasil fermentasi air tanaman Sarsaparilla yang pertama di Pulau Jawa. Saat ini tanaman Sarsaparilla semakin langka, sehingga minuman ini sulit ditemukan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda mengunjungi Yogyakarta pada umumnya rumah makan di Yogyakarta banyak yang menyediakan minuman ini. Cita rasa serta aromanya yang khas menjadikan minuman ini sangat unik. Minuman ini sangat cocok diminum dengan menambahkan es batu.
  1. Wedang Angsle (Jawa Timur)
Wedang Angsle berasal dari Jawa Timur. Minuman ini biasanya dihidangkan saat kondisinya masih hangat, sehingga sangat cocok diminum saat malam hari. Wedang Angsle bercita rasa khas. Kuah Wedang Angsle terbuat dari santan dan jahe. Bahan-bahan yang beraneka macam seperti roti tawar, ketan kukus, kacang hijau, dan putu mayang (petulo) akan ditambahkan ke dalam kuah Wedang Angsle.
Wedang Angsle (Jawa Timur)
Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/wedang-angsle-minuman-enak-dan-hangat-di-surabaya/
  1. Aia Kawa (Padang, Sumatera Barat)
Aia Kawa adalah minuman asli Indonesia yang berbahan dasar daun kopi, tetapi diseduh seperti teh. Cara membuat Aia Kawa adalah dengan mengeringkan daun kopi lokal pilihan. Daun-daun tersebut dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat hendak diminum, daun kering dicampur dengan air dingin untuk kemudian diseduh dengan air mendidih.
Aia Kawa (Padang, Sumatera Barat)
Sumber: http://selimutjagat.blogspot.com/2013/12/kopi-kawa-ranah-minang.html
  1. Ie Boh Timon (Banda Aceh)
Ie Boh Timon  adalah minuman khas Banda Aceh yang sangat cocok diminum pada cuaca panas. Ie Boh Timon biasanya disajikan dengan es, sehingga rasanya menyegarkan. Minuman ini digunakan untuk menetralisir masakan Aceh yang umumnya banyak mengandung kolestrol, karena bahan Ie Boh Timon terbuat dari mentimun.
Ie Boh Timon (Banda Aceh)
Sumber: http://www.ringkaskata.com/2018/06/12/es-ie-boh-timon-khas-aceh-yang-kaya-manfaat-bagi-tubuh/
  1. Jus Martabe (Sumatera Utara)
Jus Martabe adalah minuman khas Sumatera Utara yang berbahan dasar terong belanda. Terong belanda dicampur dengan gula dan sirup. Minuman ini terasa lebih menyegarkan dengan tambahan es batu.
Jus Martabe (Sumatera Utara)
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/562873-jus-martabe-markisa-terong-belanda
  1. Es Air Mata Pengantin (Kepulauan Riau)
Es Air Mata Pengantin biasanya disajikan pada saat acara yang berbahagia. Hal inilah yang menyebabkan minuman khas Kepulauan Riau ini memiliki nama Es Air Mata Pengantin. Minuman ini terdiri dari bermacam agar-agar warna warni yang dilengkapi dengan biji selasih, nata de coco, blewah, dan serutan es batu.
Es Air Mata Pengantin (Kepulauan Riau)
Sumber: https://bumbusempurna.blogspot.com/2018/08/resep-es-air-mata-pengantin-by-winda.html
  1. Jus Pinang (Jambi)
Jus Pinang adalah minuman andalan masyarakat Jambi. Minuman ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin, dan memperlancar peredaran darah. Jus Pinang terbuat dari jahe merah, cengkeh, gula merah, madu, dan pandan. Minuman ini cocok diminum saat masih hangat.
Jus Pinang (Jambi)
Sumber: http://www.masakandapurku.com/2015/05/jus-buah-pinang-khas-jambi.html
  1. Es Sekemu (Banten)
Es Sekemu hanya bisa dijumpai di wilayah Banten. Es ini memiliki topping buah kelapa dan buah sawo. Minuman ini rasanya sangat menyegarkan. Namun, minuman ini cukup sulit ditemui karena jumlah penjual yang sangat sedikit.
Es Sekemu (Banten)
Sumber: https://www.lensabanten.com/kuliner-banten/es-sekemu-minuman-segar-khas-banten-yang-langka-keberadaannya/
  1. Es Kacang Merah (Sumatera Selatan)
Es Kacang Merah adalah minuman yang sangat menyegarkan. Minuman ini terbuat dari campuran kacang merah, santan, susu kentan, dan bahan pelengkap lainnya. Minuman khas Sumatera Selatan ini mengandung zat besi yang baik untuk mengisi energi setelah seharian beraktivitas.
Es Kacang Merah (Sumatera Selatan)
Sumber: https://www.inibaru.id/kulinary/segarnya-es-kacang-merah-khas-palembang-penawar-dahaga-yang-nikmat-dan-sehat
  1. Kopi O dan Kopi Susu (Bangka Selatan, Bangka Belitung)
Banyak kedai kopi yang buka sejak pagi hingga malam di Toboali, Bangka Selatan. Terdapat dua jenis kopi yang menjadi andalan, yaitu Kopi O dan Kopi Susu. Kopi di daerah ini cukup unik, karena merupakan campuran dari kopi jenis Arabika dan Robusta. Selain itu, kedua kopi ini dimasak dengan arang.
Kopi O dan Kopi Susu (Bangka Selatan, Bangka Belitung)
Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g3737841-d7033168-Reviews-Warung_Kopi_Ake-Tanjung_Pandan_Belitung_Island_Bangka_Belitung_Islands_Sumatra.html
  1. Sirup Kalamasi (Bengkulu)
Sirup Kalamasi sudah cukup populer di Indonesai. Sirup ini adalah minuman khas Bengkulu yang berbahan dasar jeruk kalamasi dan gula pasir. Sirup ini dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah. Anda dapat menikmati kesegaran Sirup Kalamasi dalam kondisi apapun. Sirup ini dapat disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin.
Sirup Kalamasi (Bengkulu)
Sumber: https://www.tokopedia.com/albana-shop/sirup-kalamansi-khas-bengkulu-500-ml
  1. Serbet Kweni (Lampung)
Serbet Kweni adalah minuman khas Lampung yang terbuat dari mangga kweni. Mangga kweni bercita rasa manis dan kecut, tetapi segar dan menyegarkan. Minuman ini sangat cocok diminum saat menyantap makanan pedas.
Serbet Kweni (Lampung)
Sumber: https://www.foodlampung.com/2017/09/es-serbat-kweni-minuman-segar-khas.html
  1. Loloh (Bali)
Bali memiliki minuman herbal yang cukup populer, yaitu Loloh. Loloh dalam bahasa Bali berarti jamu. Namun, Loloh berbeda dengan jamu pada umumnya. Minuman ini memiliki rasa pedas, manis, asem, dan asin yang bercampur menjadi satu. Minuman khas Bali ini juga sering disebut Loloh Cemcen, karena mengandung daun Cemcem. Minuman ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, dan baik untuk ibu menyusui.
Loloh (Bali)
Sumber: https://resepnusantara.id/loloh-cemcem/
  1. Susu Kuda Liar (Sumbawa, Nusa Tenggara Barat)
Susu Kuda Liar khas Sumbawa sudah cukup dikenal luas karena khasiatnya. Minuman ini sering dijadikan oleh-oleh khas pulau Sumbawa. Susu Kuda Liar dari daerah ini memiliki harga yang lebih murah dan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan pulau lainnya.
Susu Kuda Liar (Sumbawa, Nusa Tenggara Barat)
Sumber: http://discoversumbawa.co/susu-kuda-liar/
  1. Teh Talua (Bukittingi, Sumatera Barat)
Teh Talua merupakan minuman khas Bukittinggi, Sumatera Barat. Minuman khas Bukittinggi ini terbuat dari campuran teh, kuning telur ayam kampung, dan kayu manis. Bau amis tidak akan tercium dari teh ini meskipung menggunakan kuning telur ayam kampung. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat musim hujan.
Teh Talua (Bukittingi, Sumatera Barat)
Sumber: https://www.covesia.com/travel/baca/32485/ingin-menambah-stamina-yuk-bikin-teh-telur-nan-lamak-bana
Inilah minuman asli Indonesia yang menyegarkan. Jika Anda belum pernah mencobanya, maka Anda wajib untuk mencoba minuman-minuman tersebut. Selain minuman-minuman yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi jenis minuman asli Indonesia yang akan kami bahas di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *