12 Sup Asli Indonesia ini Rasanya Maknyus

Sup asli Indonesia menjadi hidangan yang cocok disantap saat udara dingin. Sup memiliki citarasa yang khas dan aroma kaldu yang mantap. Siapapun pasti tergoda untuk menikmatinya. Indonesia memiliki berbagai macam jenis sup. Setiap daerah di Indonesia memiliki sup khas daerahnya masing-masing, diantaranya adalah:
  1. Sup Tunjang (Pekanbaru)
Sup Tunjang adalah sup kaki yang menggunakan sapi muda sebagai bahan utamanya. Jika dilihat sekilas, sup ini mirip dengan sup iga. Namun, tulang kaki sapi yang disajikan masih berbalut daging tebal dengan tekstur empuk. Sup ini berisi potongan tunjang atau tulang kaki sapi, kentang, wortel, tomat, dan taburan daun bawang. Kuah Sup Tunjang berwarna bening kekuningan yang terbuat dari racikan bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kayu manis, dan cengkeh. Sup ini cocok dimakan dengan sepiring nasi putih hangat.
Sup Tunjang (Pekanbaru)
Sumber: http://pamerkuliner.blogspot.com/2016/10/gak-ada-di-jakarta-sop-tunjang-khas.html
  1. Gangan atau Lempah Kuning (Belitung)
Gangan atau Lempah Kuning adalah masakan berkuah yang berisi sayuran dan ikan laut atau daging sapi dengan cita rasa rempah yang kuat. Belitung kaya akan hasil laut, sehingga sup ini biasanya dibuat menggunakan ikan seperti ketarap, kakap merah, tenggiri, dan kerisi. Meskipun tak jarang ditemukan juga Gangan atau Lempah Kuning yang disajikan dengan potongan daging sapi.
Gangan atau Lempah Kuning (Belitung)
Sumber: https://kebabelyuk.com/artikel/khasiat-dan-kandungan-gizi-pada-lempah-kuning
Ikan yang dipakai haruslah segar supaya rasanya benar-benar maknyus. Setelah ikan dibersihkan dan dipotong, ikan dimasak ke dalam kuah kuning. Bumbu yang digunakan adalah kunyit, bawang merah, lengkuas, nanas/ mangga muda, dan cabai rawit Belitung yang beraroma segar dan kuat. Sup asli Belitung ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat, ikan teri goreng, dan sambel lalap.
  1. Sup Kaki Kambing (Jakarta)
Sup Kaki Kambing terbuat dari kaki kambing yang ditambahkan dengan aneka jeroan kambing. Pada awalnya masakan ini berawal dari Tanah Abang yang mayoritas dihuni oleh pedagang Arab pada zaman dahulu. Para pedagang Arab menyukai masakan yang berasal dari olahan kambing. Salah satunya adalah dalam bentuk sup. Masyrakat Betawi pun mulai mengikuti memasak sup kaki kambing untuk menu sehari-hari.
Sup Kaki Kambing (Jakarta)
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/5795586-sup-kaki-kambing-khas-jakarta
Anda mungkin menemukan Sup Kaki Kambing yang berkuah bening dan berkuah putih. Sup Kaki Kambing dengan warna kuah putih terbuat dari campuran santan dan susu. Bumbu kuah sup ini adalah hasil dari racikan merica, kaldu kambing, pala, kapulaga, cengkeh, dan bumbu khas Timur Tengah. Kaki kambing dan jeroan ditambah dengan potongan tomat untuk selanjutnya disiram kuah. Setelah itu ditambahkan minyak samin, daun bawang, bawang goreng, dan emping. Rasa Sup Kaki Kambing ini pasti maknyus, bukan?
  1. Sup Kimlo (Solo)
Sup Kimlo berasal dari Solo dan merupakan perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa. Sup Kimlo tidak hanya dihidangkan untuk menu makanan sehari-hari. Namun, sajian ini juga dihidangkan untuk acara khusus seperti arisan hingga pesta perkawinan. Sup ini berisi suwiran ayam, irisan wortel, jamur kuping, soun, kembang tahu, dan bunga sedap malam yang kemudian akan disiram dengan kuah kaldu ayam hangat. Sudah kebayang kan, betapa maknyusnya rasa sup asal Solo ini.
Sup Kimlo (Solo)
Sumber: http://www.bacaresep.com/2018/05/resep-sop-kimlo.html
  1. Sup Galantin (Solo)
Sup Galantin pertama kali dikenalkan oleh warga Solo. Sup ini sering dihidangkan dalam acara perayaan seperti pernikahan. Galantin adalah hidangan peranakan Belanda yaitu berupa gulungan daging yang telah dibumbui dan kemudian dipotong. Sop Galantin berisi potongan galantin, potongan kol, jamur kuping, dan kacang kapri. Selanjutnya bahan-bahan tersebut akan disiram dengan kaldu ayam yang agak pedas dan gurih. Kuah sup ini adalah hasil racikan kaldu ayam, merica, jahe, dan bunga lawang.
Sup Galantin (Solo)
Sumber: http://resepaladebora.blogspot.com/2015/08/resep-sup-galantin.html
  1. Sup Matahari (Solo)
Sup Matahari berbentuk layaknya matahari. Sup ini sering disajikan pada acara spesial seperti pernikahan. Cara membuat Sup Matahari tidaklah sulit. Anda perlu menyiapkan kulit telur dan letakkan di atas tatakan gelas cekung. Isilah kulit telur tersebut dengan serutan wortel, irisan buncis, jamur kuping, jamur merah, kacang polong, adonan ayam yang sudah dicampur telur, dan sosis. Selanjutnya bungkus dan kukus kulit telur tersebut. Setelah matang, kemudian sayat bagian atas telur dan buka hingga berbentuk seperti matahari.
Sup Matahari (Solo)
Sumber: https://solovely.id/mantab-betul-sup-khas-solo-ini-berbentuk-bunga-matahari/
  1. Sup Buntut
Sup Buntut adalah salah satu sup kebanggan Indonesia. Pasalnya, sup ini menjadi idaman para turis asing. Selain itu, sup ini menjadi salah satu menu suguhan Istana Presiden. Sesuai dengan namanya, Sup Buntut ini berisi potongan ekor sapi. Buntut sapi atau potongan ekor sapi ini akan dicampurkan dengan irisan kentang, tomat, dan wortel yang selanjutnya disiram dengan kuah kaldu sapi. Kuah kaldu sapi berasal dari hasil racikan merica, bawang putih, pala, cengkeh, kayu manis dan bumbu lainnya. Meskipun sup ini didominasi oleh tulang, tetapi ekor sapi ini tetap terasa empuk dan lembut. Ekor sapi direbus hingga empuk dan air rebusannya akan dijadikan kuah kaldu sapi yang super maknyus.
Sup Buntut
Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/10-kedai-sop-buntut-enak-di-jakarta/
  1. Sup Iga
Sup Iga adalah sup asli Indonesia yang berisi potongan iga dengan daging yang lembut. Potongan iga tersebut dipadukan dengan potongan kentang, wortel, kembang kol atau bunga kol, potongan tomat, dan daun seledri. Selanjutnya bahan-bahan tersebut akan disiram dengan kaldu daging yang gurih dan hangat.
Sup Iga
Sumber: http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-sop-iga-dan-analisa-usahanya.html
Saat ini banyak ditemui Sup Iga versi bakar. Iga sapi dimarinasi terlebih dahulu dan dibakar sampai matang. Kuah sup akan disajikan terpisah. Rasanya pasti sangat gurih, apalagi ditambah dengan tekstur karamel yang diperoleh dari proses membakar.
  1. Sup Saudara (Pangkep, Sulawesi Selatan)
Sup Saudara berasal dari Pangkep, Sulawesi Selatan. Pelopor masakan ini adalah H. Dollahi yang membuka usahanya sendiri setelah bekerja di warung sop daging. Kata Saudara terinspirasi dari nama warung Coto Paraikette. Paraikette berarti saudara atau sesama.
Sup Saudara (Pangkep, Sulawesi Selatan)
Sumber: http://masakan-khas-daerah.blogspot.com/2013/11/resep-unik-sop-saudara-pangkep-sulsel.html
Isian dari Sup Saudara ini sangat unik. Sup Saudara berisi daging sapi, jeroan sapi (paru goreng), telur rebus, bihun, dan perkedel kentang. Kuah sup ini dibuat dari racikan ketumbar, pala, kayu manis, cengkeh, serai, jahe, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Sup ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih, cobe-cobe (sambel ikan bakar), dan ikan bolu (bandeng) bakar.
  1. Sup Konro (Sulawesi Selatan)
Sup Konro adalah menu khas Sulawesi Selatan yang sudah cukup dikenal luas. Sup Konro berisi iga sapi yang disiram kuah berwarna kecoklatan. Kuah Sup Konro dibuat dari luwek, ketumbar, cengkeh, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Sup ini biasanya dihidangkan dengan buras, yaitu lontong khas Makassar.
Sup Konro (Sulawesi Selatan)
Sumber: http://resephariini.com/resep-sup-konro-khas-makassar-enak/
  1. Sup Ikan Batam (Batam)
Sup Ikan Batam berasal dari Batam. Sup ikan khas Batam ini menggunakan ikan tenggiri segar. Jadi tidak heran jika rasa sup ini menyegarkan. Kuah bening dan tomat hijau berpadu dengan rasa gurih dari ikan tenggiri memberikan citarasa yang nikmat.
Sup Ikan Batam (Batam)
Sumber: http://resepmasakanbule.blogspot.com/2016/02/resep-sup-ikan-khas-batam.html
  1. Sup Brenebon (Manado)
Sup Brenebon adalah sup kacang merah yang berasal dari Manado. Masakan ini berasal dari masakan Belanda, yang kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian Timur. Brenebon berasal dari bahasa Belanda yaitu bruine bonen yang berarti kacang merah.  Daging yang dipakai dalam Sup Brenebon versi aslinya adalah daging atau kaki babi, sehingga sup ini bertekstur lebih kental dan mengkilap. Namun, ada juga versi halal dari sup ini yaitu dengan mengganti kaldu daging atau kaki babi dengan kaldu sapi dan tetelan daging.
Sup Brenebon (Manado)
Sumber: http://masakanmanado.com/product/sup-brenebon-opa-yan/
Inilah keduabelas sup asli Indonesia yang rasanya maknyus. Anda dapat mencoba membuatnya sendiri atau berkunjung ke daerah asal sup ini untuk merasakan kenikmatannya. Selamat makan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *