15 Es Asli Indonesia yang Favorit dan Menyegarkan

Indonesia tidak hanya kaya akan keragaman makanannya, tetapi juga kaya akan berbagai macam jenis minuman. Berbagai minuman asli Indonesia ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga baik untuk kesehatan. Namun, jika Anda ingin meminum minuman asli Indonesia yang menyegarkan maka es asli Indonesia menjadi pilihan tepat untuk Anda. Es asli Indonesia ini rasanya khas banget. Selain segar, minuman ini tetap menjadi favorit meskipun saat ini banyak ditemui minuman kekinian. Es asli Indonesia yang favorit banget adalah:
  1. Es Cendol
Es Cendol menjadi minuman segar yang paling sering ditemui di pinggir jalan. Es ini juga banyak dihidangkan di restoran ternama. Nama Es Cendol populer di Jawa Barat, tetapi di Banjarnegara es ini lebih sering disebut sebagai Es Dawet. Cendol atau Dawet terbuat dari tepung hunkwe yang diberi warna daun pandan alami, gula merah, dan serutan es. Perpaduan tersebut pastinya membuat rasa gerah hilang.
0001
Es Cendol
Sumber: https://marymemasak.wordpress.com/2016/01/10/es-dawet-es-cendol/
  1. Es Teler
Es Teler diresmikan sebagai ikon minuman khas Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2005. Es Teler sebenarnya sudah ada sejak tahun 1957 dan dibuat oleh Ibu Samijem Darmo Putro. Setelah peresmiannya, Es Teler mulai disukai banyak orang. Anda dapat menikmati es asli Indonesia ini di berbagai wilayah di Indonesia. Seporsi Es Teler biasanya berisi nangka, semangka, alpukat, serutan kelapa, dan susu kental manis. Nikmat dan kesegaran Es Teler dijamin buat teler.
Es Teler
Sumber: https://kulinerwenak.wordpress.com/2018/11/06/15-es-teler/
  1. Goyobod
Goyobod berasal dari Jawa Barat. Es Goyobod berisi irisan tepung hunkwe, tape singkog, tape hitam, ketan, kolang kaling, buah alpukat, dan kelapa muda yang dikerok daging buahnya. Kuah es ini terbuat dari santan, susu, dan air kelapa. Rasa es Goyobod favorit banget untuk membuat dahaga lenyap.
Goyobod
Sumber: https://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/17/08/14/ounzd5335-es-goyobod-bandung-mampir-ke-serpong
  1. Es Legen
Es Legen adalah minuman menyegarkan asal Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beberapa daerah seperti Rembang, Pati, dan Tuban terkenal sebagai daerah penghasil Legen. Es legen terbuat dari Legen pohon Siwalan. Anda wajib mencoba minuman ini jika belum pernah merasakan kesegarannya. Haus dan gerah pun akan hilang selepas meminum Es Legen.
Es Legen
Sumber: http://galerikuliner.blogspot.com/2010/08/legen-pelepas-dahaga-saat-berbuka.html
  1. Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo berasal dari Makassar. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Makassar untuk bisa menikmati kesegaran es ini. Es Pisang Ijo sudah dapat Anda temui di beberapa wilayah di Indonesia. Es asli Makassar ini berisi pisang yang dibalut kulit berwarna hijau. Kulit dibuat dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan, dan air daun suji. Semangkuk Es Pisang Ijo biasanya berisi pisang yang dibalut kulit hijau, mutiara cina, bubur sumsum, kacang tanah sangari, dan siraman sirup merah. Tambahan susu kental manis dan serutan es benar-benar menjadikan banyak orang memfavoritkan minuman ini.
Es Pisang Ijo
Sumber: https://adira.co.id/sahabatlokal/es-pisang-ijo-santapan-manis-asal-makassar
  1. Es Kacang Merah
Es Kacang Merah berasal dari Palembang dan Manado. Es Kacang Merah adalah minuman yang tak kalah segar dan banyak disukai. Es Kacang Merah khas Manado menggunakan susu kental manis cokelat yang legit sedangkan Es Kacang Merah khas Palembang dilengkapi siraman sirup merah.
Es Kacang Merah Manado
Sumber: http://esdinginenak.blogspot.com/2016/09/es-kacang-merah-khas-manado.html
Es Kacang Merah Palembang
Sumber: https://www.perpusta.com/2017/05/kuliner-segar-khas-nusantara-yang-cocok.html
  1. Es Pleret
Blitar memiliki minuman segar yang super enak bernama Es Pleret. Es Pleret berbahan utama tepung tapioka, tepung beras, dan air. Adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil atau gempol dan pleret atau adonan yang dipipihkan. Siraman sirup coco pandan, kuah santan, dan es batu akan langsung menghilangkan rasa dahaga Anda.
Es Pleret
Sumber: http://anekaresepindonesia99.blogspot.com/2015/12/cara-membuat-es-pleret-khas-kota-blitar.html
  1. Es Tambring
Es Tambring tergolong minuman yang unik karena menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan utama. Meskipun menggunakan putih telur, tetapi minuman tidak menciptakan bau amis. Minuman ini berasal dari Bali dan banyak digemari turis asing. Selain putih telur, minuman ini juga terdiri dari campuran gula jawa, air kelapa, dan gula pasir. Jangan lupa untuk mencicipi minuman ini jika Anda berkunjung ke Bali.
Es Tambring
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/es-tambring-balinese-cooling-beverage-coconut-1190351878
  1. Es Campur
Es Campur merupakan minuman segar yang sangat tidak asing dan dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Semangkuk Es Campur biasanya berisi roti, kolang kaling, dawet, irisan buah alpukat, nangka, nanas, dan cincau hitam. Tambahan serutan es batu bakal membuat Anda semakin jatuh hati dengan Es Campur.
Es Campur
Sumber: https://www.gingsul.com/resep-es-campur/
  1. Es Laksamana Mengamuk
Es Laksana Mengamuk adalah minuman menyegarkan khas Riau. Nama es khas Riau ini memang terdengar sangat unik. Es Laksamana Mengamuk berisi mangga kweni, selasih, serutan kelapa dengan kuah santan, susu, gula, dan air putih. Sudah terbayang kan betapa menyegarkannya es asal Riau ini.
Es Laksamana Mengamuk
Sumber: https://jejakuliner.com/resep-laksamana-mengamuk/
  1. Es Nona
Es Nona akan sangat mudah ditemukan jika Anda sedang berlibur ke Pontianak. Minuman asli dari Kalimantan ini berisi kacang merah, potongan buah papaya yang telah direndam air kapur, pacar cina, tape singkong, dan potongan roti tawar. Serutan es serta susu kental manis membuat sajian ini sangat menggugah selera.
Sumber: https://jolygram.com/profile/iluvnomnom/photo/1687496965086232118_1436688245
  1. Es Selendang Mayang
Minuman menyegarkan khas Betawi ini tidak hanya dapat ditemui di daerah Jakarta. Es Selendang mayang berisi tepung beras yang telah dibentuk kotak-kotak dicampur dengan kuah gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, dan santan. Rasa dan tampilannya sangat menggugah selera.
Es Selendang Mayang
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/es-selendang-mayang-traditional-drink-betawi-470758598
  1. Es Doger
Es Doger merupakan minuman segar khas Cirebon, tetapi saat ini Anda dapat menemukan minuman ini dimana saja. Kata doger berasa dari kata dorong gerobak. Para penjual biasanya memakai gerobak saat menjual minuman ini. Seporsi Es Doger berisi tape, ketan hitam, alpukat, mutiara cina, roti tawar, dan serutan daging buah kelapa. Terbayang kan betapa segarnya es asli Cirebon ini.
Es Doger
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/es-doger-indonesian-drink-1314858014
  1. Es Lahang
Tidak hanya jajanan khas Sunda, ternyata Tanah Sunda juga memiliki minuman isotonik tradisional yang disebut Es Lahang. Es Lahang terbuat dari nira atau sadapan buah aren. Seseorang memerlukan keahlian khusus untuk dapat menyadapa aren. Jadi jangan heran jika minuman khas Tanah Sunda ini sangat istimewa dan pastinya menyegarkan.
Es Lahang
Sumber: https://www.ngefood.com/2017/08/lahang-minuman-tradisional-berisotonik.html
  1. Es Podeng
Es Podeng adalah es asli Indonesia yang berasal dari Madura. Es Podeng tidak hanya dijual di kedai saja, tetapi juga disajikan saat hajatan seperti pesta pernikahan. Es khas Madura ini dibuat dengan cara tradisional dengan cara diputar oleh sang penjual. Seporsi Es Podeng biasanya disajikan dengan campuran kacang tanah yang dicincang kasar, meses, dan susu coklat manis yang leazat. Hmm, kebayang kan lezat dan segarnya Es Podeng.
Es Podeng
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/close-ice-podeng-1011656140
Inilah kelima belas es asli Indonesia yang favorit dan menyegarkan. Beberapa es khas Indonesia ini dapat Anda jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu repot-repot datang ke kota asal es tersebut. Es khas Indonesia ini rasanya Indonesia banget dan dijamin menyegarkan. Selamat mencoba dan rasakan kesegarannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *