7 Mie Bernama Unik dari Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Hal ini menjadikan bisnis kuliner tumbuh subur di Yogyakarta. Berbagai macam jenis wisata kuliner tersedia di Yogya. Begitu juga dengan mie, Yogyakarta memiliki berbagai macam jenis mie yang tidak hanya bercita rasa unik, tetapi juga memiliki nama yang unik. Mie adalah menu favorit kebanyakan orang. Selain bakso, mie juga digemari oleh setiap lapisan masyarakat. Demi menarik minat konsumen, penjual terkadang memberikan nama yang unik. Selanjutnya akan dibahas 7 mie bernama unik dari Yogyakarta. Ketujuh mie tersebut adalah:
  1. Mie D’Gejrot
Nama mie ini mungkin terdengar sedikit agak aneh. Mie D’Gejrot adalah salah satu nama mie yang memiliki cita rasa unik dari Yogyakrta. Jika teman-teman mendengar kata Gejrot, mungkin teman-teman akan berasumsi kalau makanan ini mirip dengan tahu gejrot dari Cirebon. Namun, mie D’gejrot atau yang biasa disebut Mie Jrot ini berbeda dengan tahu gejrot dari Cirebon.
Mie D’Gejrot
Sumber: keluargabiru.com
Buat teman-teman pecinta mie goreng, bisa datang ke tempat ini. Mie D’Gejrot ini adalah mie goreng  yang dimasak dengan bumbu khas dari D’Gejrot Kemek. Bukan hanya itu, selain rasanya yang pasti membuat ketagihan, teman-teman juga bisa memilih jumlah cabe yang ingin ditambahkan ke dalam Mie D’Gejrot ini. Bagi para pecinta makanan pedas, Mie D’Gejrot bisa menjadi pilihan yang pas. Namun, bagi teman-teman yang tidak terlalu menyukai makanan pedas, penulis sarankan untuk berhati-hati menentukan jumlah cabe yang akan ditambahkan ke dalam semangku Mie Jrot ini. Selain bisa memilih jumlah cabe, teman-teman juga bisa memilih beberapa jenis toping. Toping yang disediakan yaitu bakso ayam, keju, sosis ayam, kornet ayam, dan nugget ayam.  Teman-teman bisa memesan toping yang ditawarkan sesuai dengan selera teman-teman. Mie D’Gejrot atau biasa disebut Mie Jrot memiliki 2 pilihan menu yaitu tunggal dan dobel. Mie Jrot tunggal berisi 1 mie goreng. Sedangkan mie jrot dobel berisi 2 mie goreng. D’Gejrot Kemek ini berlokasi di Jl. Manggis CT VIII RT 07 RW 02 Blok C, Klebengan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281.
  1. Mie Kepang Jayakarta
Apa yang terdengar di benak teman-teman sangat mendengar kata kepang? Kepang biasanya identik dengan kepang rambut. Namun, istilah kepang ternyata juga digunakan sebagai salah satu nama mie di Yogyakarta yang bernama mie kepang.
Mie Kepang Jayakarta
Sumber: http://www.majunkri.com/15083-2/
Mie Kepang merupakan perpaduan antara mie yang dibalut dengan keju mozzarella panggang. Mie ini sangat cocok untuk teman-teman yang suka dengan mozzarella. Mie Kepang ini dapat dinikmati dengan tambahan toping. Toping yang ditawarkan bermacam-macam seperti sawi segar dan bakso. Mie Kepang Jayakarta berlokasi di Jalan Gejayan CTX 06 Depok Sleman Yogyakarta (sebrang Warung Steak) dan Jalan Kusumanegara no 29 Umbulharjo Yogyakarta.
  1. Mie The Demit
Kata dedemit identik dengan dunia perhantuan. Namun, kali ini penulis tidak akan membahas tentang dedemit dan sejenisnya, penulis akan membahas mie yang bernaman Mie The Demit. Mie The Demit tidak ada hubungannya dengan hantu manapun, tetapi menu yang ditawarkan menggunakan nama-nama makhluk ghaib. Jargon dari tempat ini berbunyi “Doyan pedes? Wani level piro?” atau “Suka pedas? Berani level berapa?”. Level yang ditawarkan dari Mie The Demit yaitu level pedas dari 1 – 10. Mie The Demit berlokasi di Jl. Kaliurang KM. 14 (tiga rumah selatan gerbang kampus UII Terpadu).
Mie The Demit
Sumber: https://makanjogja.com/Mie-The-Demit-Penghangat-Badan-Instan-dari-Utara-Jogja_kuliner1443.html
  1. Mie Nyinyir
Apa yang terlintas dalam benak teman-teman saat mendengar kata nyinyir? Budaya nyinyir memang sudah merebak di kalangan anak muda. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang budaya nyinyir di kalangan anak muda.
Mie Nyinyir
Sumber: https://teamtouring.net/mie-nyinyir-yogyakarta.html
Bicara tentang mie bernama unik, Yogya juga memilki kuliner mie yang bernama Mie Nyinyir. Mie nyinyir memilk cita rasa yang gurih. Mie ini hampir mirip seperti mie ayam Jakarta. Teman-teman bisa memilih level pedas. Namun, berdasarkan pengalaman penulis, level pedas yang ditawarkan disini tidak terlalu pedas atau masih cenderung normal. Teman-teman juga bisa memilih toping yang disediakan seperti teriyaki, ayam, jamur, dan keju. Mie Nyinyir memiliki beberapa cabang, salah satunya berlokasi di Jalan Patangpuluhan No. 26, kelurahan Patangpuluhan, kecamatan Wirobrajan, kota Yogyakarta 55251.
  1. Yamie Panda
Yamie Panda merupakan salah satu tempat kuliner yang sangat terkenal di Yogyakarta. Yamie Panda bukan hanya memiliki nama yang unik, tetapi tempat ini juga sangat unik untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki desain unik khas negeri tirai bambu.
Yamie Panda
Sumber: http://makankeliling.com/yamie-panda-babarsari/
Yamie panda memiliki berbagai macam menu. Selain itu, ukuran porsi yang ditawarkan pun beragam yaitu porsi sedang dan kenyang. Toping yang ditawarkan pun sangat beragam. Teman-teman bisa menambahkan toping ke mie ini sesuai dengan selera. Toping yang ditawarkan terdiri dari bakso goreng, bakso kuah, pangsit goreng, pangsit rebus, jamur, ayam asin/ manis, ayam blackpepper, dan ayam teriyaki. Menu yang ditawarkan sangat beragam yaitu yamie basic, yamie, special yamie, mie siram, serta menu pendamping seperti dimsum dan gorengan. Menu dimsum dan gorengan seperti pangsit goreng dan spring roll yang ditawarkan cocok untuk dijadikan makanan pendamping dari yamie panda. Yamie panda memiliki beberapa cabang di Yogyakarta salah satunya di Jl. Colombo (Depan UNY), Yogyakarta.
  1. Indomie Geprek Sinyo
Setiap orang pasti mengenal Indomie. Indomie menjadi salah satu pilihan tepat saat lapar dan hujan. Bagi teman-teman yang merasa bosan menyantap Indomie dengan cara yang biasa-biasa saja, penulis rekomendasikan untuk  mencoba Indomie Geprek Sinyo.
Indomie Geprek Sinyo
Sumber: https://telusuri.id/indomie-geprek-sinyo/
Bagi pecinta makanan geprek dan Indomie, seperti ayam geprek dan sejenisnya, Indomie Geprek Sinyo bisa menjadi pilihan baru untuk menikmati makanan geprek dengan Indomie sebagai bahan yang digeprek. Indomie geprek ini merupakan perpaduan antara Indomie yang digeprek dengan cabai. Jumlah cabai yang dipilih untuk digeprek bisa berjumlah 0 sampai 100 cabai. Level cabai yang ditawarkan bisa mulai dari level skotjam (0-5 cabe), level push up (10 cabe), level sit up (20 cabe), drop out (30 cabe), dan level bunuh diri (100). Apabila teman-teman makan di tempat, maka bisa refill nasi dan es teh sepuasnya. Jadi jangan takut kehabisan minum saat kepedasan. Selain itu, ada juga menu pendamping seperti sate-satean dan bakso yang bisa disantap bersama dengan Indomie Geprek Sinyo ini. Indomie Geprek Sinyo berlokasi di Jalan STM Pembangunan 13B, Mrican, Depok, Sleman.
  1. Mie Gacoan
Satu lagi mie yang memiliki nama unik dari Yogyakarta, Mie Gacoan. Mie Gacoan ini tidak hanya terdapat di Yogyakarta, tetapi juga terdapat di kota lain seperti Madiun, Kediri, Mojokerto, Tulungagung, Pasuruan, Malang, Jombang, Solo, Ponorogo, Blitar, Bali, dan Ngawi. Mie gacoan menyediakan mie dengan level pedas yang berbeda. Level pedas yang disediakan adalah 0 – 8. Namun, tidak diketahui jumlah cabe yang ditambahkan pada setiap levelnya. Mie Gacoan beralamat di Ruko Raflesia B5 – B6 Babarsari, Yogyakarta 55281 dan Jalan Colombo Baru No 1A, Caturtunggal, Depok, Sleman.
Mie Gacoan
Sumber: http://miegacoan.com/
Itu tadi penjelasan dari 7 mie bernama unik dari Yogyakarta. Apabila teman-teman penasaran dengan ketujuh mie yang dibahas oleh penulis. Teman-teman bisa langsung mendatangi tempat tersebut. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *