10 Nasi Asli Indonesia Penggugah Selera

Orang Indonesia akan berkata bahwa mereka belum makan apabila belum makan nasi. Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Menu nasi adalah menu yang wajib ada di setiap rumah makan. Indonesia memiliki berbagai macam jenis nasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis makanan nasi yang sering menjadi khas daerah tersebut. Pada artikel ini, penulis akan membahas 10 nasi asli Indonesia penggugah selera. Berikut 10 nasi asli Indonesia penggugah selera tersebut:
  1. Nasi Padang
Nasi Padang adalah nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk khas Indonesia khususnya daerah Sumatera Barat. Padang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Meskipun nasi ini berasal dari wilayah Sumatera Barat, tetapi kita dapat menemui nasi ini di seluruh wilayah di Indonesia.  
Nasi Padang
Sumber: https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/03/Rekomendasi-Empat-Nasi-Padang-Enak-Si-Makanan-Sejuta-Umat-di-Malang-cover.jpg
Nasi Padang biasanya disajikan dengan rendang, dendeng, ayam goreng, ayam bakar, telur goreng, semur jengkol, tempe, tahu, sambel serta menu lainnya. Selain itu, Nasi Padang juga disajikan dengan beraneka macam balado seperti balado terong, ayam, telur, dan lain-lain. Nasi ini cocok untuk penyuka makanan pedas dan berbumbu kuat.
  1. Nasi Jamblang
Nasi Jamblang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Nasi Jamblang atau Sega Jamblang (Sega berarti nasi dalam Bahasa Cirebon) berasal dari salah satu wilayah di Kabupaten Cirebon, wilayah tersebut bernama Jamblang. Ciri khas utama dari nasi ini adalah alas makan yang digunakan, yaitu daun jati atau godong jati. Daun jati inilah yang katanya membuat nasi ini terasa lebih nikmat.
Nasi Jamblang
Sumber: https://resepdanmasakan.com/wp-content/uploads/2016/08/Resep-Membuat-Nasi-Jamblang-Khas-Cirebon.jpg
Nasi Jamblang disajikan dengan lauk pauk khas Cirebon. Lauk pauk tersebut adalah tahu goreng, tempe goreng, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel kentang, sate kentang, telur dadar atau telur goreng, telur masak sambel goreng, semur ikan, ikan asin, sambal goreng khas Jamblang, dan menu lainnya. Seperti halnya Nasi Padang, Nasi Jamblang juga tidak hanya bisa ditemukan di wilayah Cirebon. Nasi ini dapat ditemui di beberapa wilayah lain di Indonesia seperti Jakarta ataupun kota lainnya di Jawa Barat.
  1. Nasi Uduk
Nasi Uduk adalah nasi yang diaron dan dikukus dengan santan dan juga bumbu memiliki rasa yang gurih. Nasi Uduk berasal dari Betawi. Nasi ini pertama kali dijual di Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Namun, saat ini nasi uduk dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.
Nasi Uduk
Sumber: https://merahputih.com/media/2016/09/19/LtE3KInfCG1474271363.jpg
Nasi uduk biasanya dilahap bersama dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, dan sambal kacang. Menu Nasi Uduk dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi. Pada malam hari biasanya Nasi Uduk dijual oleh warung makan penjual ayam bakar/ goreng, bebek goreng, ikan bakar/ goreng, serta menu sejenis lainnya.
  1. Nasi Godog
Nasi Godog atau Sego Godog (Sego adalah nasi dalam Bahasa Jawa) merupakan makanan khas dari Magelang. Nasi Godog jika diartikan ke Bahasa Indonesia berarti nasi rebus. Sesuai dengan namanya, Nasi Godog adalah nasi yang sudah diberikan bumbu dan direbus dengan beberapa lauk lainnya seperti mie, ayam, dan telur. Selain itu, Nasi Godog juga disajikan dengan sayuran seperti daun bawang, seledri, dan kol.
Nasi Godog
Sumber: http://www.besttravelpictures.com/wp-content/gallery/magelang/Boiled-Rice.jpg
Sego godog sangat cocok disantap di malam hari atau pada saat udara dingin karena hujan. Nasi Godog disajikan dalam kondisi panas atau hangat sehingga bisa menghangatkan tubuh. Nasi Godog biasanya dijual di warung makan di pinggiran jalan.
  1. Nasi Pecel
Nasi pecel merupakan makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang yang dicampur dengan aneka sayuran. Pecel dalam bahasa Jawa berarti tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk.  Namun, belum diketahui secara pasti darimana kata pecel berasal.
Nasi Pecel
Sumber: https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2017/02/nasi-pecel-featured.jpg
Sayuran yang biasanya digunakan adalah kacang panjang, daun singkong, taoge, mentimun, dan daun kemangi. Sambal pecel disiramkan di atas nasi yang telah diberi tambahan sayur-sayuran yang sudah direbus. Sambal pecel terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang ditumbuk atau diulek. Beberapa daerah menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat saat mencairkan sambal pecel. Pecel Madiun adalah jenis nasi pecel yang paling terkenal di Indonesia. Nasi pecel banyak ditemui dan populer di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
  1. Nasi Goreng
Indonesia memiliki berbagai macam jenis nasi goreng. Menu nasi goreng biasanya dimakan saat sarapan pagi ataupun saat perut lapar di malam hari. Warung makan kaki lima hingga restoran kelas atas menyediakan menu ini.
Nasi Goreng
Sumber: https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2018/10/25/95168/664xauto-cara-membuat-nasi-goreng-1810254.jpg
Nasi goreng biasanya dikombinasikan dengan telur mata sapi, ayam suwir, ati ampela, sosis, bakso, seafood, dan lainnya. Nasi goreng akan terasa lebih nikmat disantap saat masih panas atau hangat. Nasi goreng biasanya memiliki rasa gurih dan asin. Meskipun terkadang rasanya cenderung sedikit manis karena kecap yang ditambahkan pada saat proses memasak.
  1. Nasi Kuning
Sesuai dengan namanya, nasi kuning adalah nasi yang berwarna kuning. Warna kuning didapatkan dari kunyit yang ditambahkan saat proses memasak. Nasi kuning dimasak menggunakan kunyit dan rempah-rempah khas Indonesia.
Nasi Kuning
Sumber: http://sikuningmantan.com/assets/images/artikel/IMG_0825.JPG
Nasi Kuning biasanya disajikan dengan telur dadar yang sudah diiris-iris tipis, kering tempe, sambal goreng kentang, dan menu lainnya. Nasi kuning sangat cocok untuk menu sarapan pagi. Nasi kuning juga sering disajikan pada acara-acara khusus pada adat Jawa. Pada acara-acara khusus, nasi kuning biasanya dibuat tumpeng nasi kuning.
  1. Nasi Gandul
Nasi Gandul berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Nasi ini dinamakan Nasi Gandul karena pada awalnya para penjual Nasi Gandul menggunakan pikulan yang menggantung. Gandul berasal dari Bahasa Jawa yang bermakna menggantung.
Nasi Gandul
Sumber: http://makankeliling.com/wp-content/uploads/2015/09/nasi_gandul_pak_bo_featured-640×425.jpg
Nasi Gandul memiliki cara penyajian yang unik. Pada saat penyajian Nasi Gandul dialasi dengan daun pisang. Alat makan yang digunakan bukan menggunakan sendok, tetapi suru yaitu daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua sebagai pengganti sendok. Nasi Gandul berisi nasi putih yang ditambah dengan kuah gandul dan sedikit potongan daging sapi. Tambahan lauk lainnya yaitu tempe goreng, perkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi.
  1. Nasi Rawon
Nasi Rawon berasal dari Jawa Timur. Nasi rawon adalah nasi putih yang disajikan dengan sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Ada berbagai macam jenis nasi rawon. Nasi rawon Surabaya merupakan jenis nasi rawon yang paling populer.
Nasi Rawon
Sumber: https://www.wisatakuliner.com/wisatakuliner/wp-content/uploads/2017/06/Rawon-Bik-Atik-696×418.jpg
  1. Nasi Pindang
Nasi Pindang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Nasi Pindang adalah nasi putih yang disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo. Nasi Pindang dahulu disajikan pada acara-acara khusus, tetapi saat ini Nasi Pindang dijual oleh para pedagang kaki lima hingga restoran mewah.
Nasi Pindang
Sumber: https://jejakuliner.com/wp-content/uploads/2018/10/Nasi-Pindang-e1501871573194-2.jpg
Nasi Pindang aslinya menggunakan daging kerbau, karena ada larangan menyembelih sapi di Kudus. Namun, semakin berkembangnya waktu Nasi Pindang yang dijual di luar Kudus menggunakan sapi dan ayam. Perbedaan Nasi Pindang dengan Nasi Rawon adalah Nasi Pindang menggunakan daun melinjo sedangan Nasi Rawon menggunakan tauge. Berikut ada 10 nasi asli Indonesia penggugah selera. Apabila teman-teman belum pernah mencoba makanan tersebut, maka teman-teman wajib mencobanya. Karena rasa dari 10 menu nasi tersebut memang sangat menggugah selera. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *