15 Makanan Jepang yang Populer di Indonesia

Jepang sangat populer dengan kuliner khasnya. Negara empat musim ini memiliki berbagai jenis makanan yang cukup populer di Indonesia. Lalu, apa sajakah makanan Jepang yang populer di Indonesia. Makanan Jepang yang populer di Indonesia diantaranya adalah:
  1. Sushi
Sushi merupakan makanan Jepang yang sangat populer. Sushi adalah nasi digulung yang diberi cairan cuka khusus. Seafood dan potongan sayur biasanya akan dicampurkan dalam gulungan nasi tersebut.  Ada juga yang menggunakan belut (unagi) atau salmon baru.
Sushi
Sumber: www.shutterstock.com
Selanjutnya nasi yang sudah digulung dan ditambah bahan-bahan tersebut akan dibalut nori (rumput laut). Selain itu, bisa juga digunakan daun seperti shiso menggunakan makisu (anyaman bambu persegi panjang). Sushi akan disajikan dengan dipotong-potong pendek untuk lebih memudahkan saat dikonsumsi.
  1. Sashimi
Sashimi menjadi makanan Jepang yang paling mencerminkan makanan Jepang. Makanan ini berisi potongan-potongan daging ikan dan telur ikan yang masih mentah dan segar. Orang Jepang biasanya menikmati sashimi bersama dengan kuah soyu. Meskipun terdiri dari daging ikan dan telur ikan mentah, tetapi makanan ini juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.
Sashimi
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Takoyaki
Takoyaki menjadi kuliner khas Jepang yang cukup favorit di Indonesia. Jajanan khas Jepang ini berasal dari kota Osaka di daerah prefektur Kansai, Jepang. Makanan ini berbentuk bola dan selalu disajikan dalam kondisi hangat atau panas begitu selesai masak.
Takoyaki
Sumber: www.shutterstock.com
Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu dan dipanggang di atas cetakan panggangan. Biasanya takoyaki berisi potongan gurita, tempura, acar jahe, dan daun bawang.
  1. Soba
Orang Jepang sangat menyukai mie. Salah satunya adalah Soba. Soba berarti gandum hitam dalam Bahasa Jepang. Sajian mie dari Asia ini disajikan bersama kuah khusus Soba dan juga tempura. Unikinya jika Anda memakan mie soba sampai mengeluarkan suara saat menyeruput mie, maka hal ini dianggap sebagai pujian bagi orang yang memasaknya.
Soba
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Ramen
Selain soba, ramen juga menjadi makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Hidangan ini berisi mie yang disajikan dengan sup kuah yang berbeda di tiap restoran. Ramen sering dihidangkan dengan pelengkap daging atau ikan kemudain diberi rasa dengan soy sauce atau miso. Topping ramen pun bervariasi mulai dari irisan daging, bawang goreng, menma, dan rumput laut kering.
Ramen
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Okonomiyaki
Jepang memiliki makanan sejenis martabak yang disebut okonomiyaki. Kuliner khas Jepang ini bercita rasa gurih dan kayak akan berbagai bahan makanan. Hal ini sesuai dengan arti kata dari okonomiyaki. Okonomi berarti “sebagaimana yang kamu suka” atau “apa yang kamu suka” dan yaki berarti “panggang” atau “dipanggang” dalam Bahasa Jepang.
Okonomiyaki
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Yakitori
Yakitori mirip dengan sate Indonesia. Sajian ini biasanya dihidangkan pada saat acara BBQ dengan keluarga atau kerabat-kerabat di negara Jepang. Yakitori adalah daging panggang yang diproses dengan menusuk bahan-bahan makanan untuk dipanggang di atas panggangan atau langsung di atas api. Bahan-bahan yang digunakan biasanya terdiri dari sayur-sayuran, ikan laut, dan terkadang buah-buahan atau sesuai selera.
Yakitori
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Dorayaki
Jika Anda penggmer kartun Doraemon, Anda pasti mengenal makanan kesukaan Doraemon yakni dorayaki. Dorayaki adalah sejenis kue yang berisi kacang merah di bagian tengahnya. Bentuknya seperti dua tangkup pancake yang di bagian tengahnya ditaruh kacang merah rebus atau yang sudah diproses sebelumnya dengan Azuki atau selai manis kacang merah. Rasanya yang manis dan bentuknya yang menarik menjadikan kue khas Jepang ini populer di Indonesia.
Dorayaki
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Tempura
Tempura adalah jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Tempura terbuat dari aneka macam ikan atau sayuran yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air, dan telur. Adonan tersebut selanjutnya digoreng ke dalam minyak sayur.
Tempura
Sumber: www.shutterstock.com
Tempura sebaiknya dimasak pada suhu rendah dan dalam waktu singkat. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan cita rasa bahan yang digunakan. Banyak restoran yang biasanya menyajikan tempura renya yang baru matang hanya dengan bumbu garam.
  1. Edamame
Edamame dikenal dengan kedelai dari Jepang di Indonesia. Edamame biasanya dimasak dengan cara dikukus atau direbus dan diberi sedikit garam untuk menambah rasa. Di Jepang, edamame biasanya dijadikan sebagai sayuran dan camilan kesehatan.
Edamame
Sumber: www.shutterstock.com
Edamame memiliki rasa yang gurih dan lezat. Selain dijadikan cemilan sehat, edamame juga sering dimasak menjadi sup. Restoran Jepang biasanya juga melayani pembelian edamame beku.
  1. Mochi
Mochi merupakan kue khas Jepang yang berbahan dasar beras ketan. Beras ketan akan ditumbuk hingga lembut dan lengket. Selanjutnya, dibentuk bulat lonjong dan diberi pewarna makanan seperti warna hijau, kuning, merah, dan putih. Kue ini biasanya disajikan pada saat perayaan tradisional mochitsuki.
Mochi
Sumber: www.shutterstock.com
Tekstur yang lembut dan kenyal memberikan sensasi tersendiri saat Anda memakannya. Pada saat pertama masuk ke dalam mulut maka tekstur lembut akan terasa. Namun, lama kelamaan akan berubah menjadi agak lengket.
  1. Onigiri
Onigiri adalah makanan khas Jepang yang dirancang sebagai bekal makanan untuk dimakan dengan tangan. Onigiri berbentuk segitiga dan agak bulat. Makanan ini biasa juga disebut dengan nama omusubi. Sajian khas Jepang ini sangat mudah dijumpai di minimarket-minimarket di Indonesia.
Onigiri
Sumber: www.shutterstock.com
  1. Nasi Kari Jepang
Jepang juga memiliki nasi kari khasnya yang diadopsi dari kari Angkatan Laut Inggris. Kari gaya barat ini awalnya populer di kalangan tentara Angkatan Laut Inggris. Sajian tersebut kemudian diadopsi oleh Angkatan Laut Jepang dan menjadi hidangan tiap Jumat bagi anggota Angkatan Laut Bela Diri Jepang.
Nasi Kari Jepang
Sumber: www.shutterstock.com
Kari Jepang biasanya dihidangkan dalam tiga bentuk, yakni nasi kari, kari udon, dank are-pan. Nasi kare Jepang sering disebut kare. Nasi kari ini berisi sayuran dan daging. Sayuran yang wajib ada adalah bawang Bombay, wortel, dan kentang. Daging yang sering ditambahkan pada kari misalnya daging sapi, babi, dan ayam.
  1. Udon
Udon adalah sajian mie khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu. Mienya berbentuk tebal dan agak lebar. Udon adalah makanan rakyat yang berharga murah dan sering menjadi pengganti nasi di Jepang.
Udon
Sumber: www.shutterstock.com
Udon biasanya dimakan bersama kuah yang terbuat dari dashi dengan tambahan kecap asin yang disebut tsuyu. Sajian kuah udon di Jepang bagian barat berwarna coklat muda hampir bening karena menggunakan kecap asin encer (usukuchi shyu). Sedangkan di Jepang bagian timur, kuah udon berwarna gelap hampir hitam karena menggunakan kecap asin kental (koikuchi shyu).
  1. Sukiyaki
Sukiyaki berisi irisan tipis daging sapi, tahum dan sayur-sayuran yang ditambah bumbu kecap asin, gula pasi, dan mirin. Bahan-bahan tersbut akan dimasak dalam panci besi dari atas meja makan dengan cara direbus. Sayur-sayuran yang digunakan misalnya bawang Bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur enoki, dan jamur shiitake.
Sukiyaki
Sumber: www.shutterstock.com
Sukiyaki biasanya ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun. Soun tersebut berwarna bening atau sedikit abu-abu sebagai pelengkap. Sukiyaki dimakan dengan mencelup potongan daging ke dalam kocokan telur ayam. Makanan musim dingin ini dianggap sebagai makanan untuk pesta. Inilah 15 makanan Jepang yang populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan Jepang yang populer di Indonesia. Adakah diantara makanan-makanan tersebut yang menjadi favorit Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *