11 Minuman Khas Turki yang Dijamin Enak

Turki menjadi salah satu negara yang cukup banyak difavoritkan warga Indonesia untuk dikunjungi. Hal ini karena Turki memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang erat dengan Islam. Selain itu, makanan khas Turki yang enak dan halal menjadi orang Indonesia merasa lebih aman saat berwisata kuliner di Turki. Namun, Turki ternyata tidak hanya memiliki makanan khasnya tetapi juga minuman khas Turki yang dijamin enak. Ada berbagai macam minuman khas Turki yang enak, segar, dan menyehatkan. Negara Timur Tengah yang berada di benua Eropa dan Asia ini memiliki minuman khasnya yang sangat identik dengan minuman-minuman khas Timur Tengah. Lalu, apa sajakah minuman khas Turki tersebut. Sebelas minuman khas Turki yang dijamin enak adalah:
  1. Sahlep
Sahlep dapat Anda temukan di pusat kota Istambul. Minuman ini terbuat dari susu murni yang dicampur dengan akar anggrek yang telah menjadi bubuk. Tekstur susu menjadi lebih lengket dan kental. Minuman kesukaan orang Turki ini biasanya disajikan hangat dan dapat ditambahkan gula sebagai pemanis. Anda juga dapat menambahkan taburan kayu manis di atas sajian jika menyukainya. Sahlep biasanya dihidangkan saat musim dingin tiba dengan manisan baklava sebagai teman pendampingnya.
Sahlep
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Jenis anggrek yang digunakan adalah jenis Orchis Italica. Selain digunakan pada sahlep, bubuk akar anggrek ini juga dipakai di menu lainnya seperti sajian es krim. Es krim akan menjadi lengket di cone, sehingga tidak mudah jatuh saat dikonsumsi. Kabarnya minuman ini dulunya dijadikan hidangan penutup pada masa kekaisaran Ottoman.
  1. Türk Kahvesi Alias Kopi Turki
Kopi memang sangat identik dengan minuman negara-negara yang berada di Timur Tengah. Begitu juga dengan Turki, negara ini dikenal memiliki kopi yang bercita rasa gurih. Kopi Turki memiliki rasa yang cukup kuat dengan aroma yang sangat hidup. Masyarakat Turki menyebut sajian kopi dalam jumlah mini pada cangkir kecil dengan sebutan fincan.
Turk Kahvesi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kopi biasanya akan disajikan dari sebuah teko dengan ganggang panjang yang disebut dengan Cezve. Kopi Turki dibuat dengan penggilingan yang disebut kahve değirmeni. Terkadang orang Turki meminum kopi dengan ditemani semacam permen Turki. Baca juga 13 Kopi Terbaik di Indonesia yang Mendunia.
  1. Cay atau Teh Turki
Teh menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan orang Turki. Jadi, jangan heran jika mungkin Anda menemukan orang Turki yang bisa minum belasan gelas teh setiap harinya. Cay adalah teh Turki yang diambil dari kawasan Black Sea. Cay sering dijadikan minuman dalam beragam acara. Misalnya, rapat, acara keluarga, hingga kencan bersama orang terkasih. Orang Turki biasanya meminum teh dengan gelas yang bawahnya lebih menggembung yang disebut dengan bardagi cay.
Cay
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Tehnya terasa enak dan segar serta sangat cocok dinikmati di musim dingin. Selain itu,orang Turki sangat suka menikmati cay di pagi atau sore hari dengan ditemani cemilan ringan. Salah satunya adalah simit, yakni roti khas Turki yang berbentuk gelang yang bertabur biji wijen.
  1. Ayran
Ayran adalah minuman yang terbuat dari yoghurt, air, dan sedikit garam. Mungkin sedikit terdengar aneh bagi orang Indonesia, tetapi orang Turki sangat menyukai minuman ini. Tampilan minuman ini sangat khas dengan permukaan busa tebalnya.
Ayran
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Ayran sudah tersedia dalam kemasan botol atau kotak. Namun, sebelum menikmatinya maka Anda perlu mengocoknya terlebih dahulu agar tercipta busa. Ayran sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin di siang hari atau saat cuaca panas. Minuman ini dinobatkan menjadi minuman nasional Turki oleh Presiden Erdogan pada 2013 lalu.
  1. Raki
Raki adalah minuman khas Turki yang merupakan susu singa. Minuman ini terbuat dari adas manis dan anggur yang disuling hingga dua kali. Raki sering muncul pada acara special seperti perjamuan dan pernikahan.
Raki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Anda mungkin akan terkejut saat mencicipi minuman ini. Pasalnya rasa adas sangat dominan di minuman ini. Raki tidak hanya populer di Turki, tetapi juga di negara Balkan.
  1. Sherbet
Sherbet adalah minuman ringan yang sudah ada sejak masa Kesultanan Utsmani. Minuman ini tidak hanya enak, tetapi juga dapat dikonsumsi segala usia dan sangat menyehatkan. Hal ini karena minuman ini terbuat dari campuran bunga dan buah-buahan seperti mawar, teratai, lili, melati, dan lainnya.
Sherbet
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Saat ini, Anda mungkin hanya dapat menjumpai beberapa jenis sherbet saja. Sebenarnya ada sekitar 300 jenis sherbet. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi minuman ini saat Anda berkunjung ke Turki.
  1. Ihlamur
Jika orang Indonesia meminum wedang jahe untuk menghangatkan tubuh, maka orang Turki memiliki minuman yang serupa. Minuman tersebut bernama Ihlamur yang sering diminum untuk menghangatkan tubuh. Ihlamur terbuat dari perpaduan campuran daun teh dengan bunga linden.
Ihlamur
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Minuman ini cocok dikonsumsi saat Anda menderita flu. Tidak hanya enak, minuman ini mampu melegakan tenggorokan dan memberi rasa hangat pada tubuh.
  1. Salgam
Salgam adalah minuman yang terbuat dari lobak gelap dan wortel ungu. Minuman ini dapat disajikan dingin dalam gelas besar dengan acar wortel ungu. Cita rasanya sangat kuat dengan warna minuman yang berwarna merah atau ungu gelap.
Salgam
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salgam biasanya disajikan dengan hidangan kebab. Minuman ini termasuk minuman yang unik karena ada jenis minuman salgam yang rasanya pedas, seperti dicampur cabai.
  1. Sira
Sira merupakan minuman anggur atau jus apel yang sedikit difermentasi. Minuman ini rasanya manis karena tingginya kandungan fruktos di dalamnya.
Sira
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Boza
Boza sudah ada sejak masa Mesopotamia kuno (kerajaan-kerajaan kuno yang ada di Timur Tengah). Minuman Turki ini terbuat dari berbagai bahan yang dapat menghangatkan tubuh, seperi malt, bulgur, nasi, gula, ragi, dan air. Pembuatan boza membutuhkan waktu yang lama karena minuman ini merupakn hasil fermentasi. Sebelum disajikan, boza akan ditambahkan kayu manis dan buncis panggang.
Boza
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Boza memiliki rasa yang sungguh manis juga asam. Aromanya sangat harum dan tajam. Jika Anda pertama kali mencobanya, mungkin akan terasa aneh karena minuman ini kental dan hampir seperti pudding. Minuman ini berwarna krem kekuningan dan biasanya disajikan di musim dingin. Jika Anda berkunjung ke Turki pada musim panas, maka sangat sulit menemukan minuman ini. Biasanya penjual jalanan atau kafe menyajikan minuman ini pada malam musim dingin.
  1. Limonata
Limonata sangat cocok bagi Anda pecinta lemon. Limonata khas Turki yang lembut dapat menjadi daftar minuman yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke sana. Rasanya lembut dan manis dengan warnanya yang kuning cerah menjadikan minuman ini sangat segar dipandang mata.
Limonata
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Limonata terbuat dari lemon yang dimasak bersama dengan kulitnya. Minuman ini sangat segar dan populer di bulan-bulan musim panas. Inilah sebelas minuman khas Turki yang dijamin enak. Mungkin ada beberapa minuman yang menggunakan bahan-bahan yang asing di telinga orang Indonesia. Namun, minuman-minuman tersebut pastinya dijamin enak. Jadi, jangan lupa untuk menikmatinya saat Anda berkunjung ke Turki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *