13 Makanan Khas Rusia yang Terkenal Unik dan Lezat

Makanan khas Rusia menjadi salah satu makanan khas Eropa yang cukup banyak dikenal negara-negara lainnya. Negara yang memiliki luas terbesar di dunia ini memiliki makanan khas yang bercita rasa unik dan lezat. Negara yang berada di dua benua ini, Eropa dan Asia, memiliki jenis masakan yang sama tapi resepnya berbeda-beda bergantung pada iklim dan wilayahnya di Rusia. Makanan Rusia dipengaruhi oleh Asia Tengah, Asia Timur, dan Prancis. Makanan utamanya adalah roti, telur, kentang, daging, kubis, mentega, jamur, mentimun, dan bawang Bombay. Uniknya, satu set hidangan akan disajikan secara berurutan di atas meja. Hidangan tersebut dimulai dari hidangan pembuka, sup, hidangan utama, dan hidangan penutup. Tiga belas makanan khas Rusia yang terkenal unik dan lezat adalah:
  1. Beef Stroganoff
Beef stroganoff adalah makanan Rusia yang cukup populer di negara-negara lain. Sajian ini berupa daging tumis yang dimasak dengan Smetana atau krim asam. Krim asam adalah penyedap utama yang ditambahkan pada sup atau pelmeni. Rasanya creamy dan lezat. Jadi, tidak heran jika beef stroganoff menjadi masakan favorit di negara Rusia.
Beef Stroganoff
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pelmeni
Sekilas pelmeni mirip dengan pangsit khas Indonesia. Makanan ini adalah sejenis pangsit dari Rusia yang isiannya dibungkus adonan tipis tanpa ragi. Pelmeni terbuat dari tepung terigu yang dicampur air dan kadang ditambah sedikit telur. Isiannya dapat berupa daging giling, ikan, jamur, maupun campuran berbagai jenis daging.
Pelmeni
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pelmeni tradisional Udmurtia memiliki komposisi yang harus dipatuhi. Komposisi bahan-bahannya adalah campuran 45% daging sapi, 35% daging domba, dan 20% daging babi. Campuran rempah-rempah seperti lada hitam, bawang merah, dan bawang putih langsung dicampurkannya. Hidangan pelmeni dapat dimakan langsung atau disajikan dengan kuah kaldu.
  1. Blin
Blin adalah panekuk khas Rusia yang biasanya menggunakan topping seperti caviar, krim asam, dan salmon panggang. Dalam jumlah banyak, makanan ini disebut bliny. Panekuk khas Rusia ini terbuat dari tepung gandum, susu, gula pasir, garam secukupnya, dan plain yoghurt.
Blin
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni tinggal digoreng di panci. Bliny memiliki kulit bertotol-totol dan renyah. Namun, teksturnya tidak sekering crepe. Bliny dapat dimakan langsung ataupun digabungkan dengan bahan makanan lain.
  1. Pirozhki
Makanan ini menyerupai bakpau dan biasanya memiliki isian yang sama dengan pelmeni. Pirozhki mudah ditemui dimana saja di Rusia dan harganya terjangkau. Makananan ini dapat dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Namun, ada sebagian orang yang menganggap bahwa pirozhki sesungguhnya haruslah dipanggang.
Pirozhki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pirozhki berukuran kecil dan mudah dimakan dengan tangan. Sementara itu, ada pai yang berukuran lebih besar yang dsiebut pirogi. Prozhki merupakan makanan yang mewarnai masa kecil anak-anak Rusia. Pai khas Rusia ini biasanya dibuat pada peristiwa-peristia istimewa, seperti ulang tahun keluarga, kelulusan, pernikahan, dan perayaan Tahun Baru.
  1. Salad Oliver
Salad oliver adalah salad khas Rusia yang berisi berbagai macam jenis sayuran. Sayuran yang digunakan biasanya seperti kentang, acar, timun, kacang polong. Selain itu, akan ditambahkan telur dan dipadukan dengan krim asam atau mayones.
Oliver Salad
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salad khas Rusia ini tidak hanya populer di Rusia, tetapi juga di negara-negara bekas wilayah Uni Soviet, Iran, Israel, Mongolia, Amerika Latin, dan negara-negara Eropa lainnya. Salad khas Rusia ini menjadi hidangan utama di meja zakuski yang disiapkan selama perayaan Malam Tahun Baru (Novy God).
  1. Borscht
Borscht adalah sajian sup kental yang dikonsumsi saat musim dingin tiba. Sup khas Rusia ini merupakan perpaduan buah bit dan kubis merah. Seperti sup pada umumnya, maka borscht sangat cocok disajikan dalam keadaan panas.
Borscht
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sup borscht yang kental akan semakin sedap jika dipadukan dengan potongan daging panggang dan kentang tumbuk bercampur keju leleh sebagai toppingnya. Sajian ini bercita rasa gurih dan sedikit manis. Rasa kaldunya unik, gurih, dan lezat.
  1. Solyanka
Selain borscht, ada juga sup khas Rusia yang terkenal enak yakni solyanka. Sup ini bercita rasa asam dan sedikit pedas. Pada umumnya, solyanka dimasak dengan ikan, daging, atau jamur dan dibumbui dengan bawang, acar, krim asam, dan rempah-rempah ala Rusia.
Solyanka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sup khas Rusia ini cocok disajikan dalam keadaan panas. Sup sehat ini juga dapat menghangatkan perut. Solyanka sering dikombinasikan dengan potongan roti atau kentang.
  1. Shashlik
Shashlik adalah sate khas Rusia yang seringnya menggunakan daging babi. Namun, ada juga yang menggantinya dengan daging kambing, sapi, atau apapun sesuai selera. Daging dan sayuran seperti paprika merah dan kuning akan dipotong dadu kemudian ditusuk dengan besi tajam.
Shashlik
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sama halnya dengan sate Indonesia, shashlik juga akan dibakar hingga setengah matang atau daging berubah warna menjadi merah kecoklatan. Makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu yang telah ditambahkan anggur merah, jus delima, ataupun cuka. Shashik cocok disajikan bersama sepotong roti panggang, acar, saus tomat, irisan bawang bombay, dan mayonnaise.
  1. Morozhenoe
Rusia memiliki es krim lezat khas yang dinamakan morozhenoe. Es krim khas Rusia ini rasanya lebih creamy dan gurih dibandingkan es krim lainnya. Es krim ini dapat ditemukan di hampir setiap tempat di Kota Moskow. Varian rasa yang ditawarkan biasanya adalah cokelat dan stroberi.
Morozhenoe
Sumber: https://culturecheesemag.com/blog/morozhenoe-russian-ice-cream
  1. Golubtsy
Golubtsy adalah makanan khas Rusia yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibalut dengan kol. Selain daging sapi cincang, isian lainnya adalah telur, nasi putih, irisan wortel, saus marinara, dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut akan direbus hingga matang. Selanjutnya, disajikan dengan krim di bagian atas untuk membuat rasanya semakin lezat.
Golubtsy
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Tidak hanya di Rusia, makanan ini bisa ditemukan di hampir semua bagian Eropa Timur. Makanan ini juga merupakan makanan yang pastinya pernah dimasak oleh semua keluarga di Rusia atau Ukraina.
  1. Khachapuri
Khachapuri adalah roti renyah yang dibentuk mirip seperti perahu boat. Pada bagian tengahnya diberi telur setengah matang dan beberapa jenis keju (biasanya 4 – 5 jenis keju) yang dilelehkan. Makanan ini sangat nikmat disajikan sangat hangat. Selain itu, menu ini juga cocok untuk sarapan di pagi hari.
Khachapuri
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Potato Okroshka
Potato okroshka adalah sup yang terbuat dari buttermilk, kentang, bawang, dan diperkaya dengan dill atau adas sowa. Makanan Rusia ini mungkin mirip cream soup yang memiliki rasa begitu lezat. Makanan ini bercita rasa gurih dan lembut.
Potato Okroshka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Berbeda dengan sup lainnya, potato okroshka disajikan dingin sehingga sering disebut Rusian Summer Soup. Jadi, sup ini rasanya sangat menyegarkan dinikmati di musim panas. Sup ini pun mudah dibuat, murah, dan sehat pastinya.
  1. Khinkali
Khinkali mirip dumpling yang di dalamnya diisi daging cincang dan cilantro. Makanan ini memang mirip seperti makanan khas Tiongkok, tetapi cita rasanya khas Eropa Timur. Dumpling khas Rusia ini juga sering menjadi menu pilihan bagi muslim Rusia untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan.
Khinkali
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Inilah tiga belas makanan khas Rusia yang terkenal unik dan lezat. Perpaduan bahan-bahan yang digunakan menjadikan makanan-makanan khas Rusia ini wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Rusia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *