16 Makanan Khas Italia yang Populer dan Enak

Negara Italia sangat terkenal dengan makanan khasnya. Makanan khas Italia seperti pizza dan spaghetti sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas. Namun, Italia ini juga memiliki makanan khas lainnya yang tidak kalah enak. Makanan khas tersebut wajib Anda coba jika Anda berkunjung ke Italia. Lalu, apa sajakah makanan khas Italia yang wajib Anda coba tersebut?
  1. Pizza
Semua orang pasti sudah mengenal makanan khas Italia yang satu ini. Roti bundar atau datar ini pertama kali ditemukan di Naples. Pizza biasanya dimasak dalam oven atau tungku kayu. Topping yang ditambahkan dalam adonan pizza, misalnya daging, tuna, keju mozzarella, dan berbagai sayuran. Topping akan disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.
Pizza
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Lasagna
Ada berbagai macam jensi pasta dari Italia, salah satunya adalah lasagna. Lasagna merupakan hidangan pasta yang pertama dicipakan di Italia. Hidangan pasta ini terbuat dari beberapa lembar lpisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling. Sausnya merupakan perpaduan keju mozzarella, saus tomat, irisan daging (sapi, ayam, atau babi), dan sayuran (bayam atau jamu).
Lasagna
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Lasagna yang sudah dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, anggur, dan regano akan dimasak dalam oven sampai matang. Sajian pasta khas Italia ini sangat enak jika dimakan dalam keadaan hangat.
  1. Spaghetti
Spaghetti adalah jenis pasta lainnya yang juga populer. Pasta ini berbentuk silinder, tipis, dan panjang. Dalam pembuatannya, spaghetti yang sempurna harus memiliki panjang 50 cm. namun, saat ini hal itu bukan menjadi tolak ukur lagi.
Spaghetti
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hal ini terbukti dengan banyaknya spaghetti instan yang dijual dengan panjang 25 – 30 cm. Hidangan spaghetti yang paling terkenal adalah spaghetti alla Carbonara yang diolah dengan minyak zaitun, bawang putih, daging, dan saus tomat.
  1. Risotto
Risotto adalah makanan khas Italia yang berbahan dasar tepung gandum. Makanan ini berasal dari Piedmont yang memiliki banyak lahan tanaman padi. Risotto dibuat dengan mencampurkan beras, anggur, dan bawang putih. Bahan lain yang digunakan sebagai pelengkap seperti daging, keju, dan sayuran.
Risotto
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tortellini
Jenis pasta lainnya adalah tortellini. Tortellini adalah pasta berbentuk cincin yang lebih mirip pusar. Pasta ini berasal dari Emilia ini diisi campuran daging panggang dan keju. Tortellini sering dinikmati dengan kaldu daging kental yang terbuat dari daging sapi.
Tortellini
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain tortellini yang langsung dimasak, ada juga tortellini yang hanya tahan selama 7 minggu. Tortellini instan sudah dibekukan dan dapat dinikmati kapan saja. Namun, jangan lupa untuk dipanaskan di microwave terlebih dahulu.
  1. Salami
Salami adalah salah satu jenis makanan pembuka yang populer di Italia.  Makanan pembuka khas Italia ini hampir mirip dengan sosis berukuran besar yang terbuat dari campuran daging babi dan juga daging sapi. Salami bercita rasa enak dan khas. Hal ini karena dalam proses memasaknya ditambahkan dengan rempah-rempah yang menjadikannya semakin lezat.
Salami
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salami merupakan salah satu jenis makanan pembuka yang terkenal di Italia. Salami ini hampir mirip dengan sosis berukuran besar yang terbuat dari campuran daging babi dan juga daging sapi. Salami ini memiliki rasa yang enak dan khas karena dalam proses pemasakannya ditambahkan dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuat makanan ini menjadi semakin lezat.
  1. Panna Cotta
Panna cotta dalah hidangan khas Italia yang merupakan salah satu hidangan penutup. Hidangan ini dimasak dengan menggunakan baha dasar susu, krim, gula, dan gelatin. Bahan-bahan tersebut akan didihkan lalu didinginkan dalam mesin.
Panna Cotta
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Panna cotta biasanya dihidangkan dengan menggunakan buah-buahan. Makanan ini bercita rasa manis. Jadi, memang sangat cocok dijadikan hidangan penutup.
  1. Fettucini Alfredo
Fettucini alfredo adalah jenis pasta yang dihidangkan dengan tambahan saus krim, sehingga membuat makanan ini berwarna putih. Sajian ini memiliki ukuran pasta yang lebih lebar. Saus yang digunakan terbuat dari krim. Rasa sajian pasta ini tidak kalah enak dengan sajian pasta khas Italia lainnya.
Fettucini Alfredo
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tiramisu
Tiramisu merupakan kudapan khas Italia yang bercita rasa khas kopi. Kuenya berbentuk jari yang dicelupkan ke dalam kopi. Adonan dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula, dan keju mascarpone. Makanan ini akan dibumbui dengan bubuk cokelat yang lezat saat disajikan.
Tiramisu
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kudapan khas Italia ini memiliki cita rasa coklat, vanilla, dan kopi. Ketiga rasa tersebut berpadi menjadi satu, sehingga tercipta rasa manis yang disertai sedikit rasa pahit.
  1. Gelato
Gelato adalah es krim khas Italia yang juga sudah sangat populer. Es krim ini bertekstur padat dan rendah lemak. Hidangan ini disukai hampir semua orang di dunia. Jangan lupa untuk mencoba es krim khas Italia ini. Anda dijamin ketagihan dengan es krim rendah lemak yang satu ini.
Gelato
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ayam Saltimbocca
Ayam saltimbocca adalah makanan khas Italia yang terkenal enak. Makanan berbahan dasar ayam ini terbuat dari daging ayam, bayam, prosciutto ham, dan keju mozzarella. Olahan ayam ini menjadi favorit para pecinta kuliner karena kelezatan rasanya.
Ayam Saltimbocca
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ravioli
Ravioli terbuat dari ayam dan ricottanya. Makanan ini biasanya dihidangkan dalam porsi kecil, sehingga cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet. Sajian ini juga tidak kalah terkenal dan enak dengan makanan-makanan Italia lainnya.
Ravioli
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Linguine Alle Vongole
Linguine Alle Vongole adalah sejenis pasta yang hampir mirip dengan spaghetti. Makanan ini terbuat dari pasta yang diberi saus dari campuran kerang dan bumbu khusus. Sajian pasta ini pastinya bercita rasa sangat khas dan lezat.
Linguine Alle Vongole
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Penne Alla Vodka
Sajian pasta lainnya yakni penne alla vodka. Sajian pasta ini terbuat dari pasta dengan krim kental dan tambahan bawang, tomat, sosis atau daging. Saus yang digunakan biasanya terbuat dri krim, marinara, kemangi, dan vodka. Sausnya tidak berasa pedas dengan rasa gurih yang dominan.
Penne Alla Vodka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Panini
Panini adalah sandwich khas Italia yang terbuat dari roti (tramezzino). Makanan ini dibuat dari roti jenis ciabatta, rosetta, dan baguette. Rotinya harus dipotong horizontal yang selanjutnya diisi dengan daging asap, ham, keju, dan lainnya. Sandwich khas Itali ini terkenal di Italia Tengah dengan irisan daging panggang (porchetta) dan rempah khas Italia.
Panini
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ayam Parmigiana
Sajian ayam khas Italia lainnya adalah Ayam Parmigiana. Sajian ayam ini salah satu menu makanan yang berbahan dasar ayam yang di masaik dengan cara digoreng. Ayam yang digoreng tersebut akan diberi tambahan saus dan keju. Ayam parmiginia sering dihidangkan bersama dengan spaghetti.
Ayam Parmigiana
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baca juga masakan ayam tradisional Indonesia. Inilah enam belas makanan khas Italia yang populer dan enak. Makanan-makanan Italia tersebut sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Kelezatan makanan Italia ini dapat Anda nikmati di restoran-restoran Italia di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke Italia untuk menikmati kelezatan makanan-makanan tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *