14 Makanan Khas Belanda yang Terkenal Enak

Belanda dan Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Negara yang pernah menjajah Indonesia selama berabad-abad ini nyatanya memiliki berbagai kuliner khas yang terkenal enak. Lalu, apa saja makanan khas Belanda yang terkenal enak tersebut. Empat Belas makanan khas Belanda yang terkenal enak adalah:
  1. Herring
Herring dikenal sebagai sashimi ala Belanda yang sudah ada sejak 6 abad yang lalu. Sashimi khas Belanda ini sering ditemui saat musim panas. Hal ini adalah karena ikan Herring boleh ditangkap saat itu. Ikan akan dibersihkan dan dipotong bagian kepalanya untuk kemudian dibekukan selama 24 jam.
Herring
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Herring bertekstur lembut dengan cita rasa asin, tetapi rasanya sangat segar. Sashimi ala Belanda ini dapat dimakan secara langsung maupun dibaut seperti sandwich. Herring juga bisa dimakan dengan roti ditambah irisan bawang merah.
  1. Hutspot
Hutspot adalah kentang ditumbuk dengan wortel dan disaikan dengan brisket (daging sanding lamur) yang direbus. Anda bisa memperoleh hutspot di hampir seluruh bagian kota Leiden saat bulan Oktober. Perpaduan antara daging dengan campuran sayuran wortel, buncis, kentang, dan bawang Bombay yang dihaluskan memberi cita rasa yang tak terlupakan.
Hutspot
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hutspot sangat cocok bagi Anda pecinta daging. Selain itu, makanan ini lebih nikmat jika dinikmati dengan meneguk Jenever (Bir Belanda). Badan Anda dijamin langsung hangat dan seger pastinya. Namun, jangan sekali-kali mencoba minuman Bir Belanda tersebut jika Anda bukan pecinta minuman beralkohol.
  1. Waterzooi
Waterzooi sangat cocok dihidangkan saat musim dingin. Makanan ini merupakan sajian sup khas Belanda. Sajian ini pada awalnya terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut.
Waterzooi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Namun, saat ini sajian ini menggunakan bahan yang lebih mudah yakni ayam. Perubahan bahan tersebut menjadikan nama makanan ini berubah menjadi kippenwaterzoi. Alasan mengapa tidak menggunakan ikan lagi adalah karena sungai-sungai di Ghent (tempat asal Waterzooi) sudah sangat tercemar, sehingga ikan-ikan disana pun menghilang. Makanan ini berisi rebusan ayam ataupun ikan dengan berbagai jenis sayuran, seperti wortel, daun bawang, herba, dan kentang. Selain itu, ditambahkan juga telur, krim, dan mentega. Makanan ini cocok dinikmati dengan baguette, yaitu semacam roti tawar khas Belanda.
  1. Boerenkoolstamppot
Boerenkoolstamppot sudah mulai dikenal masyarakat seantero Belanda sejak tahun 1661. Makanan ini berbahan dasar kubis khas Belanda yang disebut kale yang dicampur dengan kentang yang ditumbuk. Makanan ini cocok dihidangkan dengan saus, mustard, dan sosis rookw
Boerenkoolstamppot
Sumber: https://www.shutterstock.com/
orst.   Hal yang membuat makanan ini begitu populer adalah kentang,. Kentang menjadi bahan populer yang sering digunakan masyarakat Belanda sebagai makanan. Boerenkoolstamppot banyak mengandung karbohidrat, sehingga populer di musim dingin.
  1. Keju Edam
Belanda memiliki keju yang terkenal kelezatannya, yaitu keju edam. Keju ini berbahan dasar susu sapi. Keju khas Belanda ini memiliki lapisan paraffin merah. Tekstur keju edam sangat lembut dan rasanya sedikit lebih asin. Rasanya dapat dikatakan agak mirip kacang.
Keju Edam
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Keju edam adalah keju dengan kandungan lemak yang paling rendah. Keju ini juga mengandung protein sebanyak 25%. Keju edam biasanya digunakan sebagai topping kue atau sebagai teman minum teh.
  1. Erwtensoep
Erwtensoep adalah sup yang berkuah kental khas Negeri Kincir Angin. Ertwensope atau sup ercis adalah sup khas Belanda yang terbuat dari kacang ercis. Sup ini berwarna hijau kekuningan bahkan cenderung coklat dan bertekstur mirip dengan bubur. Sup ini juga berisi prei, kentang, daging sapi maupun ayam, dan wortel.
Ertwensoup
Sumber: https://livingnomads.com/2017/06/mosselen-festival-zeeland/
Sajian sup khas Belanda ini cocok disajikan saat musim dingin tiba. Sup akan ditambah roti saat disajikan, seperti soft rool dan hard fool. Jenis kacang-kacangan lainnya pun dapat ditambahkan, seperti kacang tanah dan kacang merah. Perasan sedikit jeruk nipis dan lemon ditambahkan di akhir untuk memperkaya cita rasanya. Sajian sup ini pun memiliki kemasan kaleng yang bisa dibeli di Leek. Baca juga sup asli Indonesia dan sup dari Asia yang tidak kalah enaknya dengan sup khas Negeri Kincir Angin ini.
  1. Friet Mayyonaise
Makanan ini adalah kentang yang dipotong tipis-tipis dan digoreng dua kali. Gorengan pertama bertujuan mematangkan, sedangkan gorengan kedua untuk membuat kentang berwarna kuning keemasan. Rasanya renyah dan dapat dinikmati kapan saja, baik siang maupun malam.
Friett Mayonnaise
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Texel Lamb
Texel lamb adalah daging domba yang berasal dari padang rerumputan di Pulau Texel, Laut Wadden, Belanda. Daging domba dari daerah tersebut terkenal lembut, gurih, dan sedikit asin. Daging domba khas Belanda ini memiliki cita rasa yang lezat saat diolah.
Texel Lamb
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ikan Cod dari Kawasan Laut Utara
Ikan Cod khas Belanda memiliki kenikmatan tersendiri. Ikan tersebut memiliki daging yang kenyal dan kaya rasa. Ikan Cod dapat menjadi hidangan yang sangat spesial di tanagan ahlinya.
Ikan Cod
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Zeeland Mussels (Kerang Zeeland)
Kerang khas Belanda ini berdaging padat dan terkenal lezat. Zeeland mussels biasanya setengah dikukus dengan anggur dan disajikan dengan roti kering. Hidangan ini cocok dinikmati pada sore hari di musim panas.
Zeeland Mussels
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Asparagus Limburg
Asparagus limburg perlu sedikit dipukul sebelum dimasak karena tebal, berwarna putih, dan keras. Asparagus ini harus dimasak dengan tepat untuk mendaptkan kerenyahan yang pas. Asparagus ini dapat dibakar dan disajikan dengan sup krim yang ditambah telur dan saus sabayon.
Asparagus Limburg
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ontbijtkoek
Ontbijtkoek adalah kue sarapan pagi yang terbuat dari gandum. Kue ini sejenis kue bolu, tetapi bahan pembuatnya menjadi kunci pembedanya. Kue ini sering dibumbui dengan kayu manis, jahe, pala, dan cengkih.
Ontbijtkoek
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini disebut Oudewijvenkoek di Belanda bagian Utara. Bahan pembuatnya hampir sama dengan ontbijtkoek, tetapi ditambah dengan adas manis. Ontbijtkoek lebih enak jika diolesi mentega banyak-banyak. Saat ini, Ontbijtkoek lebih sering dihidangkan sebagai makanan kudapan saat perjamuan minum teh khas Belanda.
  1. Croquettes
Anda mungkin sudah tidak asing dengan makanan satu ini, yakni kroket dalam Bahasa Indonesia. Belanda menyebutnya dengan sebutan croquettes. Croquettes biasanya diisi daging atau udang. Perpaduan antara isian yang creamy dan sensasi rasanya yang renyah menjadikan makanan ini cocok sebagai teman minuman yang lezat.
Croquettes
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rijsttafel
Rijsttafel adalah makanan Belanda yang terkait erat dengan zaman kolonial Belanda di Indonesia. Makanan ini dibuat untuk memuaskan rasa lapar penguasa Belanda. Makanan spesial dari Belanda ini dapat ditemukan di The Hague, yakni wilayah tempat tinggal penguasa koloni Belanda setelah Indonesia merdeka. Rijsttafel terdiri dari kata rijs yang berarti nasi dan tafel yang berarti meja. Jadi tidak heran jika sajian ini memadukan kelezatan makanan dengan kenikmatan makan bersama-sama. Inilah 14 makanan khas Belanda yang terkenal enak. Makanan-makanan tersebut bisa Anda buktikan kelezatannya saat Anda berkunjung ke Belanda. Cicipi juga makanan khas benua Eropa, seperti makanan khas Rusia, makanan khas Turki, dan makanan khas Italia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *