14 Makanan Khas Timur Tengah yang Terkenal Lezat

Timur tengah memiliki makanan khasnya yang terkenal akan kelezatannya. Makanan khas Timur Tengah berasal dari perpaduan rempah-rempah khas Timur Tengah yang khas. Siapapun yang pernah mencoba makanan khas dari wilayah ini, pastinya akan ketagihan untuk menikmatinya kembali. Kemudian, apa saja makana khas Timur Tengah yang terkenal lezat tersebut. Empat belas makanan khas Timur Tengah yang terkenal lezat yakni:
  1. Hummus
Hummus adalah sajian khas Timur Tengah yang berbentuk saus. Hummus merupakan saus kacang yang terbuat dari kedelai, tahini (wijen giling), lentini, bawang putih, garam, air lemon, dan minyak zaitun. Selain itu, akan ditambahkan pula irisan tomat, tortilla, dan chickpea yang ditata di tengahnya.
Hummus
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hummus pun siap disantap dengan roti tradisional yang berbentuk pita atau disebut lafa. Cara memakannya adalah dengan menyobek roti lalu mencelup-celupkannya pada hummus. Hummus pun dapat dimakan dengan sayuran dan kentang. Agar lebih lezat, Anda dapat meminta tambahan bawang putih lebih banyak.
  1. Samboosa
Samboosa menjadi makanan khas Timur Tengah yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Makanan ini berbentuk segitiga dan kulitnya terbuat dari kulit pasty yang gurih dan renyah. Isiannya berupa daging kambing, sapi, atau ayam cincang yang telah digoreng maupun dipanggang. Selain itu, isian lainnya terdiri dari telur, keju, wortel, kentang, dan buncis.
Samboosa
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Samboosa paling cocok dinikmati dengan sup wortel atau shorbah adas, alias sup kacang lentil. Makanan ini pun sering disantap sebagai penambah selera ataupun dijadikan teman minum teh. Samboosa selalu ada di setiap bulan Ramadhan.
  1. Luqaimat
Luqaimat dikenal sebagai hidangan penutup di kalangan masyarakat. Makanan ini bentuknya bulat dan memiliki tekstur yang renyah di bagian luar, tetapi sangat lembut di bagian tengahnya. Luqaimat bercita rasa manis yang khas dan lezat.
Luqaimat
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Luqaimat menjadi menu favorit yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan tiba. Makanan ini mungkin mirip seperti donat, tetapi bentuk dan teksturnya berbeda.
  1. Malabari Paratha
Malabari Paratha adalah roti bulat berlapis yang akan meleleh saat masuk ke mulut. Roti ini akan disajikan bersama kari. Selain itu, malabari paratha juga dapat dinikmati dengan kuah lainnya.
Malabari Paratha
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sajian ini menghadirkan cita rasa yang lezat, sehingga sering diburu oleh pemburu kuliner. Malabari paratha sejatinya adalah hidangan pokok bagi kaum expat di India Selatan dan telah populer di kalangan masyarakat yang tinggal di Kerajaan.
  1. Mutabbaq
Mutabbaq merupakan kuliner khas Yaman yang sangat populer. Sajian ini adalah versi lain dari panekuk yang sering ditemui di kafe atau resto. Mutabbaq terbuat dari lapisan kue tipis yang diisi dengan campuran telur, daging cincang, peterseli, tomat, jalapeno pepper, dan bawang.
Mutabbaq
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini di Indonesia terkenal dengan sebutan martabak. Kelezatan di setiap gigitannya membuat siapapun akan ketagihan.
  1. Shawarma
Shawarma sering juga disebut shawurma atau shawerma. Makanan ini terbuat dari daging domba, tetapi dapat diganti dengan daging kalkun dan daging sapi. Penyajiannya hampir mirip dengan kebab dan biasanya dipanggang selama seharian penuh.
Shawarma
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Shawarma dapat disajikan sebagai sandwich atau dibungkus yang dipadukan dengan roti taboon, fottoush, tabbouleh, ketimun, dan tomat. Makanan ini juga dapat dinikmati dengan topping hummus, tahini, acar lobak, dan amba. Beruntungnya, makanan ini sangat mudah ditemui pada pedagang kaki limam jika Anda sedang berkunjung ke negara-negara Timur Tengah.
  1. Tabbouleh
Tabbouleh adalah salad khas Timur Tengah. Pada umumnya tabbouleh terbuat dari aneka sayur-sayuran. Beragam sayuran tersebut misalnya peterseli, tomat, daun mint, bawang merah, dan bulgur yang dibumbui dengan minyak zaitun, jus lemon, garam, dan merica. Beberapa restoran biasanya menyajikan tabbouleh dengan selada dan couscous sebagai pengganti bulgur.
Tabbouleh
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Baklava
Baklava adalah makanan penutup khas Timur Tengah yang populer. Makanan ini juga menjadi makanan khas Turki yang kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Baklava disajikan dari lembaran tipis adonan phyllo yang diisi dengan kacang yang digiling dengan tekstur yang kasar dan dicampur dengan madu, gula, dan rempah-rempah.
Baklava
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain itu, baklava juga ditambahkan sirup sebagai tambahan pemanis layaknya dessert pada umumnya. Baklava biasanyanya menggunakan pistasio dan kacang di bagian dalamnya. Snack ini biasa disajikan berbentuk silinder yang dipotong kecil-kecil. Baklava cocok untuk cemilan saat menikmati kopi maupun hidangan penutup setelah hidangan utama. Orang Turki sering menikmati baklava dengan minuman khas Turki, seperti cha.
  1. Shakshouka
Shakshouka merupakan makanan khas Timur Tengah yang cocok untuk menu diet Anda. Sajian ini terbuat dari telur rebus yang dicampur dengan saus tomat, bawang, cabai, dan jinten. Telur rebusnya biasanya disajikan dengan lembut dan dipadukan dengan rempah-rempah khas Timur Tengah di dalamnya. Sajian ini pun dapat dinikmati dengan roti yang dicelupkan pada bumbu yang lezat.
Shakshouka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Baba Ghanouj
Baba Ghanouj memiliki arti yang unik, yakni memanjakan ayah. Makanan ini berbentuk seperti bubur yang terbuat dari terung, tahini, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini pun bertekstur hampir mirip dengan hummus.
Baba Ghanouj
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baba ghanouj dapat dimasak dengan cara dipanggang di atas api menyala sampai terung mengupas dan ampasnya menjadi lembut. Sajian ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka orang-orang asli Timur Tengah.
  1. Bourekas
Bourekas mirip dengan martabak telur yang sering kita konsumsi di Indonesia. Makanan ini juga menggunakan daging sebagai isiannya. Bourekas cukup terkenal di Israel dan sering ditambahkan keju pada penyajiannya. Sajian khas Timur Tengah ini sering dijual di toko roti di Timur Tengah dan dijadikan sebagai camilan.
Bourekas
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Halvah
Halvah adalah kue asli Timur Tengah  yang panjangnya lebih panjang dibandingkan kue pada umumnya. Kue ini terbuat dari wijen dan gula yang biasanya ditambahkan rasa lain, seperti cokelat dan pistasio. Rasanya unik dengan sensasi gurih dan manis pada setiap gigitannya.
Halvah
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Halva juga dibuat dari bahan-bahan yang sama untuk membuat tahini. Makanan ini cocok untuk dessert. Tampilannya mungkin terkesan biasa-biasa saja, tetapi halvah akan memberikan Anda pengalaman baru akan cita rasa dessert yang lezat dan berbeda.
  1. Falafel
Falafel adalah hidangan khas Timur Tengah yang berbentuk bola yang digoreng dan terbuat dari buncis. Falavel adalah makanan khas Mesir yang sering disajikan dengan pita dibungkus di dalam roti atau sering disebut tabun. Makanan ini biasanya diisi dengan tambahan kacang tanah yang dicampur rempah-rempah.
Falafel
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Falafel saat cocok disajikan dalam kondisi panas. Makanan ini bertekstur renyah dengan warna yang menarik. Falavel sekilas mirip dengan makanan khas Meksiko  karena bentuknya yang mirip quesadilla.
  1. Sabich
Sabich merupakan sandwich tradisional khas Israel. Makanan ini terdiri dari pita yang diisi dengan terung yang digoreng dan terlu rebus. Sajian ini sering dikonsumsi oleh orang-orang Timur Tengah saat sarapan.
Sabich
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kombinasi makanan ini mungkin terdengar sedikit tidak cocok. Namun, rasa yang dihadirkan dari sabich ini sangat lezat. Perpaduan bahan-bahan dari sabich yang dicampur dengan sayuran segar dan saus kacang menjadikan makanan ini sangat lezat. Inilah empat belas makanan khas Timur Tengah yang terkenal lezat. Jangan lupa untuk meikmati makanan-makanan tersebut saat berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *