16 Minuman khas Timur Tengah yang Dijamin Nikmat

Negara-negara di Timur Tengah terkenal dengan kelezatan makanan khas Timur Tengah yang bakal membuat ketagihan. Negara-negara di wilayah ini pun memiliki minuman khasnya yang dijamin nikmat. Minuman khas Timur Tengah sangat khas dan bercita rasa unik khas Timur Tengah. Lalu, apa sajakan minuman khas dari wilayah Jazirah Arab ini. Enama belas minuman khas Timur Tengah yang dijamin nikmat adalah:
  1. Amar Al-Din
Minuman Amar Al-Din adalah minuman paling populer di kawasan Jazirah Arab. Minuman khas Timur Tengah ini sering diminum saat sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Minuman ini mengandung cukup gula, sehingga mampu menggantikan energi yang hilang selama berpuasa.
Amar Al Din
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Amar Al-Din terbuat dari buah apricot kering atau sirup apricot dari buah asli yang dicampur air. Minuman ini mengandung banyak serta yang dapat membantu metabolisme tubuh dan menambah asupan vitamin dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh. Rasa manisnya yang sederhana juga baik untuk kesehatan.
  1. Khoshaf
Khoshaf adalah minuman dingin yang dibuat dengan mencampuran aneka buah kering ke dalam minumannya. Khoshaf adalah minuman yang menyehatkan karena buah-buahan kering yang terkandung di dalamnya. Buah-buahan kering yang biasanya dicampurkan adalah buah apricot kering, kurma, tin (ara), kismis atau anggur kering.
Khoshaf
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Buah-buahan kering tersebut direndam di dalam air yang telah dicampur dengan gula secukupnya. Air rendaman tersebut akan dibiarkan selama 1 minggu. Minuman ini biasanya disajikan dalam gelas kecil saat berbuka puasa. Lalu, disajikaan kembali saat makan malam.
  1. Sahlab
Sahlab adalah minuman tradisional yang disajikan dengan es batu. Minuman ini adalah hidangan penutup dan sering disajikan pada saat Ramadhan terutama di negara Lebanon, Siria, Yordania, dan Palestina. Minuman ini awalnya muncul pertama kali saat musim dingin tiba.
Sahlab
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sahlab bentuknya creamy mirip pudding. Hal ini karena sahlab terbuat dari susu panas yang diberi rasa. Sahlab disajikan dengan taburan kacang yang sudah dihancurkan dan bubuk kayu manis.
  1. Karkadeh
Karakadeh merupakan minuman khas Timur Tengah yang bisa disajikan dingin ataupun hangat sesuai selera masing-masing. Karkadeh dijual dalam kaleng dan populer untuk teman berbuka puasa. Minuman ini bahkan biasa disajikan sebagai hidangan dalam pesta pernikahan di Timur Tengah. Karkadeh bercita rasa manis yang dihasilkan oleh bunga Hibiscus.
Karkadeh
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Erk Sous
Erk sous sangat populer di Timur Tengah terutama Siria dan Mesir. Minuman ini berwarna hitam dengan rasa sedikit pahit dan cukup manis. Rasa pahitnya berasal dari akar licorice.
Erk Sous
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Erk sous mungkin tidak terlalu disukai dalam bentuk minuman oleh orang-orang Timur Tengah. Mereka lebih suka menikmatinya dalam bentuk permen.
  1. Carob atau Kharoub Juice
Carob juice adalah minuman khas Timur Tengah yang terbuat dari tanaman Carob atau Ceratonia Siliqua. Minuman ini dapat menyehatkan tubuh dan menyegarkan. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi, antioksidan, dan protein.
Caroub Atau Kharoub Juice
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Minuman ini sering dikonsumsi pada saat Ramadhan. Selain itu, minuman ini pun dianjurkan untuk diminum agar tidak mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Tambahan sedikit gula dan madu dapat memperkaya cita rasa minuman ini.
  1. Tamer Hindi atau Tamarind
Tamarind dikenal sebagai Tamr Hendi atau Tamer Hindi. Minuman ini dikenal sebagai minuman khas Timur Tengah yang terbuat dari kurma khas India yang sangat populer di sejumlah negara di Jazirah Arab ini. Tamer hindi rasanya agak asam, tetapi terasa manis mirip aroma bunga Hibiscus.
Tamer Hindi atau Tamarind
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Minuman ini terbuat dari aneka buah Tamarind (manisan) yang dicampur gula dan air. Minuman Timur Tengah ini pastinya menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.
  1. Jallab
Jallab sangat populer terutama di daerah Suriah, Lebanon, dan Palestina. Jallab terbuat dari kurma, molasses, anggur, dan air mawar yang disajikan dengan banyak es. Setelah itu, biasanya ditaburi dengan cecahan kacang pinus dan kismis.
Jallab
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Qishr
Qishr adalah minuman Timur Tengah yang termasuk minuman tradisional di Yaman dan Ethiopia. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Minuman hangat ini terdiri dari campuran kopi, jahe, kayu manis, dan kapulaga. Untuk memperkaya cita rasa manisnya, biasanya akan ditambahkan kurma.
Qishr
Sumber: https://deskgram.net/
  1. Haleeb Ma’Hal
Timur Tengah memiliki minuman susu kapulaga yang disebut haleeb ma’hal. Minuman ini populer di Arab Saudi. Haleeb ma’hal terbuat dari campuran susu dan kapulaga. Minuman ini pastinya dapat menghangatkan perut Anda.
Haleeb Ma’hal
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Susu Saffron
Susu saffron adalah minuman tradisional khas Timur Tengah yang cukup terkenal di beberapa negara di Timur Tengah. Minuman ini adalah perpaduan susu, kunyit, dan saffron. Minuman ini mungkin mengingatkan Anda pada susu kunyit khas India yang termasuk ke dalam minuman khas India yang menyehatkan.
Susu Saffron
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Teh Mint
Teh mint menjadi teh yang menggambarkan etika keramahan di Tunisia dan Maroko. Bahkan penduduk Maroko dan Tunisia mampu menikmati teh mint beberapa gelas dalam seharai. Seorang tamu bahkan tak akan diperbolehkan pulang sebelum mencicipi teh yang disajikan tuan rumah.
Teh Mint
Sumber: minuman khas Korea
Korea juga memiliki minuman teh yang beragam. Jadi, baca juga minuman khas Korea yang populer dan menyegarkan.
  1. Sampanye Arab
Anda mungkin berpikir bahwa minuman ini identik dengan minuman beralkohol. Namun, meskipun bernama sampanye tapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman khas Arab Saudi ini terbuat dari kombinasi buah-buahan yang diiris, sari apel, dan air soda.
Sampanye Arab
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Yerba Mate
Yerba mate populer di Lebanon dan Suriah. Minuman ini sebenarnya berasal di Amerika Selatan. Namun, para imigran Lebanon dan Suriah membawa minuman ini ke negara asalnya. Yerba mate adalah minuman herbal yang diseduh dari dedaunan pohon mate.
Yerba Mate
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Arak
Arak menjadi minuman yang cukup terkenal di negara-negara Timur Tengah, terutama Lebanon, Yordania, Palestina, dan Suriah. Arak adalah minuman keras tidak berwarna yang terbuat dari anggur dan adas manis.
Arak
Sumber: https://www.aaiusa.org/arab_american_taam_alcohol_is_arabic
  1. Kopi Arab khas Yordania
Kopi menjadi minuman yang identik dengan negara Timur Tengah. Yordania menyajikan kopi Arab sebagai tanda rasa hormat. Kopi Yordania ini cita rasanya sedikit pahit. Hal ini karena tambahan kapulaga di dalamnya.
Kopi Arab (Kopi Yordania)
Sumber: http://globaltableadventure.com/recipe/arabian-cardamom-coffee/
Namun, negara kita juga memiliki kopi yang bercita rasa sangat lezat dan telah dikenal sebagai kopi terbaik di Indonesia yang sudah mendunia. Inilah enam belas minuman khas Timur Tengah yang dijamin nikmat. Minuman-minuman tersebut ada yang dijadikan menu pembuka saat berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Ada juga yang disajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan. Uniknya, terdapat beberapa minuman yang merupakan tanda hormat seseorang kepada orang lain. Jadi, jangan lupa untuk menikmati minuman-minuman tersebut jika Anda berkunjung ke negara-negara di Timur Tengah. Anda dijamin akan ketagihan saat merasakan kenikmatan minuman-minuman tersebut. Nikmati juga minuman-minuman tersebut dengan makanan khas Timur Tengah seperti makanan khas Turki maupun makanan khas Mesir. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *