19 Makanan Khas Asia Selatan yang Kaya Akan Rempah

Asia Selatan dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Misalnya, makanan khas India yang kaya akan rempah. Makanan dari negara Asia Selatan lainnya juga berasal dari perpaduan berbagai macam rempah-rempah. Lalu, apa sajakah makanan khas Asia Selatan yang kaya akan rempah tersebut. Sembilan belas makanan khas Asia Selatan yang kaya akan rempah adalah:
  1. Chhena Murki
Chhena murki atau chenna murki adalah panganan khas India yang terbuat dai keju khas India, susu, dan gula. Keju akan dipotong bulat atau kubus atau bentuk-bentuk lain dan kemudian direndam dalam campuran susu dan gula yang telah mengental. Rempah-rempah akan ditambhakan ke panganan ini.
Chena Murki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pada awalnya makanan ini dibuat di daerah pesisir di Distrik Bhadrak dan sekarang tersedia di semua wilayah Odisha. Makanan ini juga dikenal di Bangladesh dan Guyana dalam pera.
  1. Gajrela
Gajrela sering juga disebut gajar halwa yang merupakan pudding wortel pada musim tertentu. Pudding ini populer di daerah Punjab, India, Pakistan, dan utara India. Pudding ini dibuat dengan memasak wortel dengan minyak samin secara perlahan, susu terkaramelisasi, mawa (khoya), dan gula. Saat ini gajrela sering disajikan dengan hiasan rempah-rempah, kacang almond, kacang mete atau pistachio.
Gajrela
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Resep gajrela dapat bervariasi menurut wilayah. Selain itu, gajrela dapat dimasak tanpa minyak samin, keju, susu, atau dapat ditambahkan untuk campuran rasa. Gajrela sering ditemukan di restoran India dan kafe selama pasca-musim hujan dan perayaan musim semi.
  1. Gulab Jamun
Gulab jamun terbuat dari bola chenna (padatan susu dan keju) yang digoreng dan direndam dalam sirup air mawar. Panganan ini sering disajikan dengan hidangan utama dan saat pesta. Gulab jamun umum ditemui di Bangladesh, India, Pakistan, dan Nepal.
Gulab Jamun
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rasgulla
Rasgulla merupakan makanan manis populer di Asia Selatan. Makanan manis ini terdapat dalam berbagai bentuk, seperti kamalabhog (rasgulla oranye), rajbhog (rasgulla raksasa), kadamba sering disajikan dengan kheer, rasamundi, dan raskadamba. Makanan ini berwarna putih, krem, cokelat, emas, dan oranya.
Rasgulla
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Di Nepal makanan ini disebut rasbari. Rasgulla terbuat dari chhenna dan campuran semolina dalam sirup gula. Setelah matang maka makanan ini direndam dalam sirup yang membuat teksturnya seperti spons.
  1. Sel Roti
Sel roti merupakan roti berbentuk melingkar dari Nepal yang disiapkan selam Tihar. Tihar merupakan perayaan umat Hindu di Nepal. Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan menambahkan rasa sesuai selera. Adonan tepung beras semi cair ini sering dibuat dengan menambahkan susu, air, gula, mentega, kapulaga, cengkeh, dan rasa lainnya sesuai selera.
Sel Roti
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Sandesh
Sandesh adalah makanan manis berbahan dasar keju yang berasal dari susu sapi diuleni dengan gula atau molase. Ada dua variasi dari sandesh, yakni norom pak (variasi lembut) dan koda pak (variasi keras). Variasi lembut lebih rapuh, tetapu lebih lembut dan dianggap lebih nikmat. Sementara itu, variasi keras lebih kuat dan lebih mudah untuk disimpan.
Sandesh
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rihaakuru
Asia Selatan memiliki negara yang bernama Maladewa yang dikenal dengan keindahan alamnya. Maladewa memiliki makanan tradisional yang bernama rihaakuru. Rihaakuru disajikan hampir di semua rumah di Maladewa atau Maldives.
Rihaakuru
Sumber: https://lonumedhu.com/content/maldivian-rihaakuru-riha-curry-recipe
Sajian ini berbahan dasar ikan yang dimasak dengan menggunakan campuran bahan rempah lainnya. Warna makanan ini cukup unik, yakni berwarna cokelat gelap.
  1. Gulha
Gulha adalah makanan khas Maladewa yang tergolong dalam jenis makanan ringan. Gulha berbentuk bulat dan dibuat dari campuran ikan tuna sebagai bahan utamanya. Bahan lain yang digunakan yakni bawang yang dicincang halus, cabai, kelapa parut, limau, kunyit, dan daun kari. Bahan-bahan tersebut akan dicampur dan digoreng hingga matang.
Gulha
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Gotu Kola Kanda
Gotu Kola Kanda adalah sejenis bubur herbal yang berwarna hijau khas Sri Lanka. Bubur herbal ini terbuat dari beberapa sayuran yang berdaun hijau seperti hathawariya dan gotu kola. Hathawariya  adalah sayuran yang berasal dari keluarga asparagus. Sementara itu, gotu kola merupakan ramuan obat bius.
Gotu Kola Kanda
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Bahan-bahan tersebut dimasak dengan nasi untuk mendapatkan tekstur bubur. Makanan ini tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan.
  1. Dhal
Dhal adalah kari lentil khas Srilanka. Makanan ini juga menjadi makanan yang akan dinikmati 2 -3 kali dalam sehari seperti nasi. Bahan-bahan yang digunakan meliputi bawang Bombay, cabai hijau, daun pandan, fenugreek, jinten, kayu manis, dan santan.
Dhal
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kari khas Sri Lanka ini bertekstur lebih tipis dibandingkan kari khas India. Kari Sri Lanka ini akan terasa sangat lezat jika Anda memasaknya dengan menggunakan pot tanah liat tradisional.
  1. Kewa Datshi
Kewa datshi merupakan perpaduan antara kentang dengan keju Bhutan. Masakan khas Bhutan ini mirip dengan scalloped potatoes. Kentang akan diiris tipis lalu ditumis dengan mentega dan keju. Terkadang bahan-bahan tersebut juga ditambah dengan cabai dan tomat.
Kewa Datshi
Sumber: https://theb-cuisine.blogspot.com/2013/08/kewa-datshi-cheesed-potato.html
  1. Goen Hogay
Goen Hogay merupakan salad ketimun khas Bhutan. Salad khas Bhutan ini berisi ketimun, cabai, tomat, cilantro, bawang Bombay, lada Sichuan, minyak, dan keju Bhutan. Jika Anda berkunjung ke Bhutan, jangan lupa untuk menikmati salad khas Bhutan ini.
Goen Hogay
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Macher Jhol
Macher Jhol adalah makanan khas Bangladesh yang kaya akan rempah. Makanan ini berisi campuran rasa kentang, tomat, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Macher Jhol sangat cocok dinikmati dengan nasi.
Macher Jhol
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Chhena Gaja
Chhena gaja merupakan makanan ringan jalanan yang terkenal di Bangladesh. Makanan ini menggunakn keju cottage dan semolina. Kedua bahan akan dicampur dan dibentuk kotak persegi panjang serta digoreng. Selanjutnya, sirup gula dikeringkan dengan mantel chhena gaja.
Chhena Gaja
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Naan Kurma Keju
Naan berarti roti yang bentuk rotinya jauh lebih tebal dibandingkan dengan chapati karena menggunakan tambahan roti. Proses memasaknya menggunakan kompor tradisional tandoor. Makanan khas Pakistan ini biasanya dinikmati dengan tambahan makanan apapun. Naan sering dinikmati dengan tambahan Kurma Keju yang mempunyai rasa yang sangat nikmat.
Naan Kurma Keju
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Bubur Zafran
Bubur zafran merupakan makanan khas Pakistan yang menggunakan bunga khusus dan sangat langka. Tambahan kacang dan kari membuat rasa dari bubur ini makin gurih dan sangat wangi. Bunga khusus ini akan dicampurkan dengan nasi dan dimakan dalam acara penting di Pakistan.
Bubur Zafran
Sumber: https://www.netralnews.com/news/healthy_life/read/59426/bubur-zafran-dipercaya-tingkatkan-stamina-tubuh
  1. Mutton Curry
Mutton curry adalah makanan khas Nepal yang biasanya dimakan pada malam hari. Makanan ini harganya juga ramah kantong dan tidak terlalu mahal. Makanan ini biasanya disajikan bersamaan dengan chapatti yang merupakan makanan  dari India yang dikombinasikan dengan beras Basmati.
Mutton Curry
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Dal Bhat
Dal bhat merupakan makanan khas Nepal yang sangat populer dan dijadikan sebagai makanan pokok. Makanan ini memiliki kesamaan dengan nasi rames dan sayur serta potongan daging dengan sop kacang-kacangan. Dal bhat sering juga ditambahkan kari.
Dal Bhat
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Momo
Momo merupakan makanan khas Nepal yang sangat mudah ditemui di restoran-restoran dan juga tempat sekitarnya yang berada di Nepal.  Momo mirip dengan mie pangsit rebus dan biasanya disajikan dengan campuran kari. Dumpling khas Nepal ini terbuat dari daging kerbau atau sapi atau ayam cincang dan sayuran. Momo dapat dimasak dengan cara direbus maupun dipanggang.
Momo
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Inilah sembilan belas makanan khas Asia Selatan yang kaya akan rempah. Jangan lupa untuk menikmati makanan-makanan tersebut jika Anda berkunjung ke Asia Selatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *