17 Makanan Khas Spanyol yang Menjadi Incaran Wisatawan

Spanyol dikenal sebagai negara yang populer dengan tempat wisatanya. Selain itu, Spanyol juga memiliki makanan khas Spanyol yang bercita rasa unik. Makanan Spanyol tersebut menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Tujuh belas makanan khas Spanyol yang menjadi incaran wisatawan adalah:
  1. Tortilla Espanola
Tortilla espanola adalah telor dadar ala Spanyol. Makanan ini mirip dengan omlette, tetapi berbahan dasar kentang dan telur. Kentang yang sudah dicuci bersih akan ditumbuk dan dimasak menjadi satu dengan paprika, bawang, dan telur. Tortilla espanola dapat dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Lembutnya adonan dan cita rasanya yang bermacam-macam dapat meningkatkan kelezatan makanan ini.
Tortilla Espanola
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Gazpacho
Gazpacho adalah sup tomat musim panas orang Spanyol. Sup ini disajikan dalam keadaangan dingin. Gazpacho menggunakan bahan-bahan, seperti air, roti, cabai, tomat, bawang putih, mentimun, garam, minyak zaitu, dan vinegar atau cuka anggur. Warna merah pada sup dihasilkan dari tomat dan cabai merah.
Gazpacho
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Jika Anda berkunjung ke Spanyol pada musim panas, maka jangan lupa untuk menikmati kenikmatan sup tomat khas Spanyol ini. Baca juga sup dari berbagai negara di Eropa.
  1. Croquettes
Croquettes atau kroket yakni makanan yang berukuran kecil yang biasanya dijadikan sebagai cemilan atau makanan pembuka. Camilan khas Spanyol ini terbua dari kentang, bisa juga dari ubi dan isiannya dapat berupa daging atau ikan cod. Makanan khas Spanyol ini akan selalu melengkapi meja makan di hampir setiap restoran yang ada di Spanyol.
Croquettes
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Patatas Bravas
Patatas bravas ini dikenal sangat enak, sehingga menjadi incaran wisatawan. Makanan ini hampir mirip dengan kentang goreng. Namun, kentang goreng khas Spanyol ini dipotong dalam bentuk seperempat dan dibumbui saos pedas serta mayones.
Patatas Bravas
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tigres
Tigres adalah olahan seafood yang telah dihaluskan dan ditambahkan beberapa bumbu-bumbu pilihan lainnya. Olahan seafood ini dimasak dengan cara dipanggang secara bersamaan menggunakan keju parmesan. Tigres memiliki rasa yang sangat lezat dan menjadi incaran wisatawan.
Tigres
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pan Con Tomate
Pan con tomate adalah makanan terfavorit yang paling banyak dicari wisatawan dan orang setempat. Bahan yang digunakan terdiri dari roti dan tomat serta dipanggang dalam oven. Rasa gurihnya dan aroma tomat yang terdapat di dalamnya membuat sajian ini sangat enak. Pan con tomate dapat dijadikan sebagai snack sore atau malam hari.
Pan Con Tomate
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Fabada Asturiana
Fabada asturiana merupakan makanan yang mudah dibuat sendiri di rumah. Makanan ini merupakan olahan sosis babi yang kaya akan rasa. Makanan khas Spanyol ini disajikan dengan menggabungkan beberapa sosis kacang dan chorizo menjadi satu.
Fabada Asturiana
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Bahan lainnya yakni kacang, lemak babi, dan kunyit. Makanan ini memiliki banyak variasi yang dapat ditambahkan ke dalam makanan mulai dari bahan, rasa, dan beberapa tampilan yang berbeda dapat menarik perhatian para wisatawan.
  1. Empanadas
Empanadas adalah makanan ringan khas Spanyol. Makanan ini hampir mirip dengan risoles dan kroket. Empanadas terbuat dari beberapa tumbukan daging sapi dan dicampur dengan beberapa potongan kentang serta bumbu-bumbu, lalu digoreng sampai matang. Makanan ini banyak dicari karena rasanya yang enak dan disantap saat masih hangat.
Empanadas
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Cream Catalina
Cream catalina adalah hidangan penutup khas Spanyol. Makanan ini mirip seperti crème brulle. Jangan lupa untuk menikmati hidangan penutup khas Spanyol ini jika berkunjung ke Spanyol.
Cream Catalina
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Paella
Paella adalah nasi goreng seafood khas Spanyol. Meskipun sekilas mirip nasi goreng, tetapi bumbu yang digunakan dalam membuat paella lebih banyak lauk pauknya. Paella berbahan dasar nasi yang kemudian dimasak dengan rempah-rempah lainnya.
Paella
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Paella sering disajikan dengan beberapa udang di atasnya. Orang Spanyol sangat mahir membuat makanan yang satu ini. Menu ini wajib Anda coba jika berknjung ke Spanyol.
  1. Churros Con Chocolate
Churros con chocolate biasanya mudah dijumpai di beberapa kafe. Makanan ini berasal dari Spanyol yang dapat dijadikan menu manis saat bersantai atau sedang berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Makanan ini berbahan dasar tepung roti yang kemudian diolah menjadi adonan kue yang nantinya akan dicetak menggunakan cetak berbentuk panjang dan digoreng.
Churros Con Chocolate
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Setelah digoreng, maka akan dihiasi dengan gula, bubuk kayu manis, dan saus coklat. Agar memiliki rasa coklat yang enak maka dalam membuat saus coklat dapat ditambahkan dengan sedikit susu cair, gula, dan larutan maizena serta aduk hingga mengental. Mkanan ini dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Snack ini paling banyak disukai di kalangan anak muda karena memiliki rasa yang manis, apalagi jika dicocol dengan saus coklat yang lezat.
  1. Jamon
Jamon adalah olahan kaki babi khas Spanyol. Jika Anda berkunjung ke restaurant Spanyol dan melihat kaki babi digantung, maka dapat dipastikan bahwa restoran tersebut menyediakan menu Jamon. Daging kaki babi akan diiris tipis-tipis dan bisa langsung disantap atau dipanggang terlebih dahulu. Olahan daging kaki babi ini pun dapat dijadikan isian roti.
Jamon
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pisto
Pisto adalah makanan khas Spanyol yang dicari vegetarian di Spanyol. Makanan ini menggunakan bahan dasar tomat, lada, timun jepang, bawang putih, bawang merah, dan minyak zaitun. Pisto yang masih murni cita rasanta dapat Anda temui di sebelah selatan Madrid, Spanyol.
Pisto
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Mallorcan Tumbet
Mallorcan tumbet sejenis sambal orang Spanyol. Makanan ini merupakan gabungan antara cabai, tomat, dan minyak zaitun. Sambal khas Spanyol ini memberi kelezatan pada setiap gigitannya.
Mallorcan Tumbet
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pulpo A La Gallega
Pulpo a la gallega adalah makanan khas Spanyol dari dunia laut. Makanan ini sangat menggiurkan bagi para pecinta seafood. Olahan seafood khas Spanyol ini berbahan dasar gurita, kentang, bubuk cabai, dan minyak zaitun.
Pulpo A La Gallego
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Albondigas
Albondigas adalah bakso khas Spanyol yang sangat lezat. Bakso khas Spanyol ini cara pembuatannya sama seperti bakso pada umumnya. Makanan ini berbahan dasar daging, bawang merah, mentega, telur, dan berbagai macam bumbu lainnya.
Albondigas
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini bentuknya bundar dan terbuat dari daging sepenuhnya. Bakso khas Spanyol ini sangat unik karena di dalamnya terdapat telur rebus yang dipotong-potong kemudian bumbu saosnya juga ikut memperkuat keunikan rasanya.
  1. Fideua
Makanan ini mungkin jarang diketahui oleh para wisatawan. Namun, fideua sangat populer di Catalonia dan Valencia. Fideua adalah mie pasta yang sangat tipis dan pendek mirip bihun. Mie pasta tersebut dapat dimasak misalnya dengan udang, cumi-cumi, kaldu ikan, dan bawang putih.  Jika Anda menginginkan sensai pedas, maka dapat menambahkan minyak zaitun extra virgin.
Fideua
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baca juga mie khas Indonesia, mie dari Asia, dan mie bernama unik dari Yogyakarta. Inilah tujuh belas makanan khas Spanyol yang menjadi incaran wisatawan. Cita rasanya yang lezat dapat membuat Anda merasa ketagihan. Jadi jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan tersebut saat berkunjung ke Spanyol. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *