13 Kopi Terbaik di Indonesia yang Mendunia

Kopi adalah minuman yang tidak pernah lekang oleh zaman. Keberadaan kopi sudah ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Budaya minum kopi pun menjadi gaya hidup yang tidak pernah ketinggalan zaman. Indonesia memiliki berbagai macam jenis kopi lokal. Kopi terbaik di Indonesia tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di tingkat dunia. Pada artikel kali ini akan dibahas 13 kopi terbaik di Indonesia yang mendunia.
  1. Kopi Luwak
Kopi Luwak termasuk dalam kopi termahal di dunia. Proses fermentasinya yang unik yang dilakukan dalam tubuh hewan luwak menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang khas. Meskipun proses fermentasinya dilakukan dalam tubuh hewan luwak, tetapi kopi ini aman untuk dikonsumsi.
Kopi Luwak
Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/bali-specialty-coffee-feces-beans-civet-467425313
Keberadaan Kopi Luwak berkaitan erat dengan sejarah budidaya tanaman kopi di Indonesia. Belanda melarang para pekerja perkebunan pribumi untuk memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Namun, pekerja pribumi tetap ingin merasakan kopi tersebut. Akhirnya mereka menemukan bahwa ada sejenis musang yang sangat senang memakan buah kopi. Musang tersebut hanya memakan daging buahnya, sedangkan kulit ari dan biji kopinya tidak tercerna dan masih utuh. Biji kopi ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, dan ditumbuk serta diseduh dengan air panas. Terciptalah Kopi Luwak yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Kabar mengenai Kopi Luwak pun tersebar di kalangan warga Belanda, sehingga kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda.
  1. Kopi Toraja
Selain Kopi Luwak, Kopi Toraja juga sudah mendunia. Kopi ini digemari masyarakat Jepang dan Amerika. Kopi ini memiliki rasa khas seperti tanah dan hutan dikarenakan proses pembuatannya langsung dilakukan setelah biji kopi dipetik.
Kopi Toraja
Sumber: http://www.asliindonesia.net/wp-content/uploads/2016/10/Kopi-Toraja.jpg
Kopi Toraja memiliki kandungan asam rendah. Setelah menyeruput kopi ini, rasa pahit kopi akan menghilang. Ada dua jenis Kopi Toraja, yaitu Kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika.
  1. Kopi Gayo
Kopi Gayo berasal dari daerah dataran tinggi Gayo di Aceh. Kopi Gayo beberapa kali meraih penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia. Hal itu karena kopi ini memiliki aroma dan kenikmatan yang khas apabila di test rasa dan aroma di daerah Gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Amerika Serikat dan Uni Eropa menjadi negara tujuan terbesar ekspor Kopi Gayo.
Kopi Gayo
Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/ie7ev9-jual-rich-coffee-kopi-gayo-aceh-arabika-kopi-arabica-gayo-fresh-coffee
Kopi Gayo memiliki tekstur lebih encer atau tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman yang seimbang. Masyarakat Aceh memiliki cara unik dalam menyajikan kopi ini. Kopi ini tidak diseduh, tetapi kopi dan air direbus dalam panci sampai mendidih. Kemudian dituangkan ke dalam gelas berisi susu dan gula.
  1. Kopi Java
Kopi Java atau Kopi Jawa termasuk ke dalam jenis kopi Arabika. Kopi ini juga sangat terkenal di dunia. Produksinya dimulai oleh pemerintahan kolonial Belanda pada abad ke-17 dan masih menjadi salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia.
Kopi Java
Sumber: https://www.tokopedia.com/coffindoretail/kopi-coffee-coffindo-nusantara-java-100gr-powder-premium-caramel-jawa
Biji kopi ini ditanam di Kawah Ijen pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Kopi ini memiliki perpaduan rasa yang pedas dan manis. Kekentalan dan keasamannya berada pada tingkat medium, sehingga cita rasanya seimbang.
  1. Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi Arabika Indonesia yang sudah mendunia. Kopi ini sering dibandingkan dengan kopi kualitas Brazil. Kopi Sidikalang ditanam di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara yang merupakan dataran tinggi vulkanis. Kondis tanahnya yang mengandung banyak kekayaan mineral, menjadikan kopi ini memiliki rasa yang unik.
Kopi Sidikalang
Sumber: https://www.jualo.com/rumah-tangga-dapur/iklan-kopi-sidikalang-arabica-premium-250gr-biji
  1. Kopi Lintong Sumatera
Salah satu pulau di Indonesia yang bisa memproduksi biji kopi terbaik adalah Sumatera. Dataran tinggi di Sumatera, yaitu Kabupaten Lintong Nihuta, mampu menghasilkan biji kopi yang istimewa. Kopi ini dikenal sebagai Sumatera Blue Lintong, Sumatera Lintong Mandheling, Blue Batak, hingga Sumatera Bean Coffe di kawasan mancanegara.
Kopi Lintong Sumatera
Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/g0lekc-jual-nata-kopi-lintong-sumatera-blue-batak-arabika-biji-dan-bubuk-250gr
Kopi Lintong memiliki perpaduan rasa pedas dan bau rempah-rempah. Kopi ini memiliki kekentalan yang baik dan keasaman seimbang. Kopi Arabika Lintong merupakan salah satu dari tiga brand kopi Arabika terkenal dunia yang ditanam di Pulu Sumatera.
  1. Kopi Wamena
Tidak hanya Pulau Sumatera, pulau di ujung timur Indonesia juga memiliki kopi yang sudah terkenal di mancanegara. Pulau Papua mampu menghasilakan kopi dengan cita rasa luar biasa yang dikenal dengan nama Kopi Wamena. Kopi ini mempunyai aroma yang ringan dan ciri khas harum di setiap biji kopinya.
Kopi Wamena
Sumber: https://www.tokopedia.com/primitivecoffee/kopi-papua-wamena-arabica-250gr-grade-1-premium
Kopi Wamena memiliki rasa yang original dan ringan tanpa ampas. Kopi ini tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Hal itu disebabkan karena para petani Wamena masih menggunakan bahan-bahan organik untuk tanaman kopi mereka.
  1. Kopi Kintamani
Bali sangat terkenal dengan pesona wisatanya. Selain itu, Pulau yang terkenal dengan sebutan Pulau Dewata ini juga menjadi penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi Kintamani Bali memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan kopi lainnya.
Kopi Kintamani
Sumber: https://www.blibli.com/p/sentra-kopi-bali-kintamani-arabica-kopi-bubuk-arabika-ground-coffee-200-g/pc–MTA-1446323?ds=SEK-60022-00005-00001
Kopi Kintamani bercita rasa keasaman denga rasa segar yang unik. Sistem penanaman tanaman kopi yang bercampur dengan sayuran menyebabkan Kopi Kintamani bercita rasa unik. Kopi ini cocok bagi penyuka kopi yang segar dan asam.
  1. Kopi Lanang
Kata lanang dalam Bahasa Jawa berarti laki-laki. Kopi ini dinamakan kopi lanang karena berbentuk bulat, tunggal, dan tidak memiliki belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kopi ini sangat populer di zaman Pemerintahan Belanda
Kopi Lanang
Sumber: https://kotaikan.blogspot.com/2010/09/ngantuk-banget-malam-inipadahal-sudah.html
Kopi ini salah satu manfaatnya adalah menambah vitalitas pria. Kopi Lanang terdiri dari dua jenis, yaitu Kopi Lanang Robusta dan Kopi Lanang Arabika. Anda perlu mencoba untuk merasakan khasiatnya.
  1. Kopi Flores Bajawa
Selain Bali, Flores juga diketahui memiliki keindahan yang menawan.  Flores juga memiliki kopi khas yang berada di dataran Ngada di Nusa Tenggara Timut. Kopi Flores tumbuh subur karena abu vulkanik dari letusan gunung berapi.
Kopi Flores Bajawa
Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/5lhcee-jual-kopi-flores-bajawa-250gr-grade-1-premium
Jenis kopi Flores adalah kopi Arabica. Kopi ini beraroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya. Tingkat kekentalannya cukup pekat, tetapi memiliki tingkat keasaman yang rendah. Amerika menjadi negara tujuan Kopi Arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini.
  1. Kopi Temanggung
Temanggung terkenal dengan tembakaunya. Selain itu, Temanggung memiliki kopi yang sudah diekspor ke beberapa negara. Pasar ekspornya sudah mencapai ke negara-negara Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Aroma Kopi Temanggung cukup unik yaitu aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi.
Kopi Temanggung
Sumber: https://www.tokopedia.com/kadjisusilokopi/kopi-robusta-temanggung-250-bubuk
  1. Kopi Preanger
Kopi Jawa ini sudah dikenal luas dan sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Kopi Preanger adalah Kopi Arabika yang ditanam di Priangan, daerah tanah Sunda. Kopi Java Preanger sudah terkenal hingga ke Eropa.
Kopi Preanger
Sumber: https://www.omiyago.com/omiyago-produk/549-kopi-java-preanger-omiyago-100gr.html
  1. Kopi Liberika
Kopi Liberika berasal dari Kepulauan Meranti. Kopi ini telah memperoleh sertifikasi Indikator Geografis (IG) serta dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI. Malaysia dan Singapura adalah dua negara tujuan ekspor terbesar dari Kopi Liberika.
Kopi Liberika
Sumber: https://www.tokopedia.com/upacayamarket/kopi-liberika-meranti-1
Penjelasan mengenai 13 kopi terbaik di Indonesia yang mendunia semoga dapat membuat kita bangga akan kekayaan negara Indonesia. Apabila Anda belum pernah merasakan nikmatnya meminum kopi-kopi tersebut, ada baiknya untuk mencoba kopi-kopi tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *