21 Makanan Khas Pakistan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Anda mungkin sudah familiar dengan makanan khas India. Namun, tidak begitu familiar dengan makanan dari negera tetangganya yakni Pakistan. Makanan khas Pakistan ini tidak boleh dilewatkan apabila Anda berkunjung ke Pakistan. Baca juga minuman khas India dan makanan khas Asia Selatan. Beberapa makanan khas Pakistan memang mirip dengan makanan India. Walaupun begitu, Pakistan memiliki caranya tersendiri dalam menghidangkan makanan khasnya. Kekhasan makanan khas negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam ini tidak boleh dilewatkan. Dua puluh satu makanan khas Pakistan yang tidak boleh dilewatkan yakni:
  1. Haleem
Haleem adalah makanan Pakistan yang bercita rasa unik. Makanan ini menggunakan bahan-bahan seperti gandum, barley, daging sapi cincang, dan daging kambing atau ayam. Makanan ini membutuhkan waktu lama untuk dipersiapkan karena lentil dan rempah-rempah khususnya membutuhkan waktu yang cukup untuk dikombinasikan dengan daging sapi cincang demi menciptakan pasta yang unik.
Haleem
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Halwa Puri
Puri adalah sejenis adonan yang ditaburi garam, digulirkan dalam bentuk bulat, dan kemudian digoreng dengan sedikit minyak. Makanan ini sangat lembut dan ringan apalagi dilengkapi dengan hidangan manis yang disebut halva. Halwa adalah kombinasi sirup gula, putih telur, dan biji wijen. Perpaduan rasa manis dan asam menghasilkan pengalaman yang tak boleh dilewatkan.
Halwa Puri
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Nihari
Nihari merupakan makanan yang disajikan untuk tamu pada acara-acara penting di Paistan. Sajian ini berisi daging yang dimasak dengan cara direbus dalam bumbu selama semalaman. Proses memasaknya yang lama menjadikan sajian ini terasa sangat enak karena bumbu yang digunakan meresap sepenuhnya ke dalam daging.
Nihari
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Khajla
Khajla adalah makanan dengan bihun sebagai bahan utamanya. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang. Makanan ini banyak sekali dijual di beberapa toko roti di Pakistan terutama saat bulan Ramadhan.
Khajla
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tikka
Tikka merupakan makanan Pakistan yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam dioleskan bumbu tertentu dan dipanggang hingga matang secara sempurna. Jangan lewatkan makanan berbahan dasar ayam ini jika Anda berkunjung ke Pakistan.
Tikka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Channa Chaat
Channa chaat adalah kudapan khas Pakistan yang bahan utamanya terbuat dari kacang arab. Kudapan ini dibuat dari perpaduan kacang arab, tomat, sayuran, dan bawang merah. Channa sendiri berarti kacang arab dan camilan ini sangat disukai orang Pakistan.
Channa Chaat
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Aloo Qeema
Aloo qeema merupakan makanan Pakistan yang proses memasaknya sangat sederhana dibandingkan dengan masakan lainnya. Makanan ini terbuat dari kentang dan daging kambing yang sudah dicincang atau kari ayam. Makanan Pakistan ini sering kali dimakan bersama roti. Makanan ini disajikan hampir di setiap rumah tangga di Pakistan karena meskipun sederhana tapi sangat enak.
Aloo Qeema
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Samosa
Samosa merupakan cemilan khas Pakistan yang berbentuk segitiga. Cemilan ini berbahan utama kentang dan cabai hijau. Namun, ada juga yang ditambahkan dengan daging cincang seperti daging domba, ayam, dan sapi. Selain Pakistan, makanan ini juga ada di India dan negara-negara Timur Tengah.
Samosa
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Kheer
Kheer merupakan dessert yang sangat populer di Pakistan. Makanan ini terbuat dari beras, susu, dan gula. Ada beberapa yang menambahkan almond, pistachio, dan mede sebagai toppingnya, sehingga membuat rasanya jauh lebih enak lagi dan meleleh di mulut.
Kheer
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Naan Qurma Keju
Naan adalah roti dengan tambahan qurma keju yang memiliki rasa yang sangat nikmat. Roti yang digunakan memang jauh lebih tebal dibandingkan dengan chapatti karena menggunakan tambahan ragi. Proses memasaknya menggunakan kompor tradisional tandoor.
Naan Qurma Keju
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Bubur Zafran
Bubur Zafran merupakan makanan Pakistan yang memiliki keunikan bahannya. Makanan ini menggunakan bunga khusus dan sangat langka. Tambahan kari dan kacang membuat rasa bubur ini semakin gurih dan sangat wangi. Bunga yang digunakan dalam bubur ini biasanya akan dicampurkan dengan nasi dalam acara penting di Pakistan.
Bubur Zafran
Sumber: https://www.netralnews.com/foto/2017/03/03/754-ilustrasi_graved.jpg
  1. Sajji
Sajji merupakan hidangan khas Pakistan yang berasal dari Provinsi Balochistan. Makanan ini terdiri dari sepotong daging domba atau ayam yang diisi nasi dan diberi taburan pepaya hijau yang lezat. Daging domba tersebut akan ditempatkan pada tusuk sate dan dipanggang selama beberapa jam.
Sajji
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Seekh Kabab
Seekh Kabab merupakan olahan daging sapi yang dibumbui. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang. Perpaduan daging sapi dengan ramuan herba menjadikan makanan ini tidak boleh dilewatkan.
Seekh Kabab
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Keema Karela
Keema karela terbuat dari karet yang merupakan buah melon yang memiliki rasa pahit. Buah melon jenis tersebut hanya ada di Pakistan. Di Indonesia, makanan ini hampir mirip dengan sayur pare.
Karela Keema
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Karachi Falooda
Karachi falooda termasuk dalam golongan salad buah. Namun, yang berbeda adalah Karachi falooda lebih banyak terbuat dari susu, sirup, dan basil. Jajanan ini dapat Anda nikmati saat berada di Pakistan.
Karachi Falooda
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Biryani
Biryani adalah hidangan nasi khas Pakistan berwarna kuning. Nasi tersebut sering disajikan dengan menggunakan daging ayam dan daging sapi. Sajian nasi khas Pakistan ini diolah dengan tambahan rempah-rempah, sehingga berwarna kuning dan rasanya sangat lezat. Selain Pakistan, biryani juga ada di India.
Biryani
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Chicken Tikka
Chicken tikka merupakan makanan Pakistan yang dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar. Proses memasaknya menggunakan tusukan di atas kompor tandoor. Daging ayam akan didiamkan selama 24 jam dan dicampur dengan bumbu serta yoghurt. Rasanya olahan ayam khas Pakistan sangat enat dan tidak pernah mengecewakan.
Chicken Tikka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Lamb Tikka
Selain chicken tikka, ada jenis tikka lainnya yakni lamb tikka. Lamb tikka adalah makanan Pakistan yang berbahan dasar daging kambing. Makanan ini diolah dengan proses yang sangat khusus tanpa meninggalkan khas rasa kambing, tetapi hanya menghilangkan baunya ditambah dengan bumbu yang sangat nikmat. Tikka jenis ini tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pakistan.
Lamb Tikka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tandoori Cutlet
Tandoori cutlet adalah makanan Pakistan yang berbahan utama daging ayam cincang dan kentang. Makanan ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Penduduk asli Pakistan sudah lama mempercayai hal tersebut.
Tandoori Cutlet
Sumber: YouTube.com
  1. Fruit Chaat
Pakistan memiliki salad buah yang dapat ditemui saat bulan Ramadhan, yakni fruit chaat. Salad buah khas Pakistan ini biasanya dijadikan menu buka puasa yang sangat istimewa. Proses pembuatan salad khas dari Pakistan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.
Fruit Chaat
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Roti Gulung
Roti gulung merupakan salah satu jenis roti khas Pakistan. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan proses roti yang digulung. Roti ini akan ditemukan dengan sangat mudah di Pakistan. Selain Pakistan, roti gulung ini juga dapat ditemukan di India.
Roti Gulung
Sumber: https://www.watscooking.com/icooked/dish-detail/chicken-bread-roll/4543786
Inilah dua puluh satu makanan khas Pakistan yang tidak boleh dilewatkan. Pakistan mungkin tidak terlalu banyak dikenal oleh beberapa wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Padahal negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam tersebut merupakan pusat peradaban Lembah Indus terbesar di dunia. Apalagi didukung dengan makanan khasnya yang lezat dan kaya akan rempah. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi negara ini dan mencicipi makanan khasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *