21 Makanan Khas Pakistan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Anda mungkin sudah familiar dengan makanan khas India. Namun, tidak begitu familiar dengan makanan dari negera tetangganya yakni Pakistan. Makanan khas Pakistan ini tidak boleh dilewatkan apabila Anda berkunjung ke Pakistan. Baca juga minuman khas India dan makanan khas Asia Selatan. Beberapa makanan khas Pakistan memang mirip dengan makanan India. Walaupun begitu, Pakistan memiliki caranya tersendiri dalam menghidangkan makanan khasnya. Kekhasan makanan khas negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam ini tidak boleh dilewatkan. Dua puluh satu makanan khas Pakistan yang tidak boleh dilewatkan yakni: Continue reading “21 Makanan Khas Pakistan yang Tidak Boleh Dilewatkan”

19 Makanan Khas Asia Selatan yang Kaya Akan Rempah

Asia Selatan dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Misalnya, makanan khas India yang kaya akan rempah. Makanan dari negara Asia Selatan lainnya juga berasal dari perpaduan berbagai macam rempah-rempah. Lalu, apa sajakah makanan khas Asia Selatan yang kaya akan rempah tersebut. Sembilan belas makanan khas Asia Selatan yang kaya akan rempah adalah: Continue reading “19 Makanan Khas Asia Selatan yang Kaya Akan Rempah”

11 Minuman Khas India yang Enak dan Menyegarkan

India memiliki berbagai macam makanan khas India yang kayak akan rempah. Selain itu, India juga memiliki berbagai macam minuman yang enak dan menyegarkan. Minuman khas India wajib Anda nikmati saat Anda berkunjung ke sana. Continue reading “11 Minuman Khas India yang Enak dan Menyegarkan”

15 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

India dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Negara ini memiliki berbagai jenis rempah-rempah yang pastinya memperkaya cita rasa makanannya. Makanan khas India pun sudah banyak dikenal oleh masyarkat dunia. Ada berbagai macam masakan khas India yang terkenal di dunia, diantaranya adalah:
  1. Biryani
Biryani merupakan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah dan dicampur dengan daging kambing atau daging ayam sebagai pelengkap. Makanan ini adalah salah satu masakan rumahan ala India yang menggunakan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar hingga kapulaga. Satu hal yang pasti dari biryani adalah penggunaan beras basmati yang berbentuk panjang dan sedikit kering.
Biryani
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Ada berbagai macam sebutan untuk makanan India yang satu ini, yakni biryani, biryani, biryani, atau nasi biryani.  Setiap wilayah di India memiliki resep biryani yang berbeda. Sajian ini sangat populer di kalangan Muslim India. Ada juga versi vegetariannya yang dihidangkan tanpa daging.
  1. Murgh Makhani
Murgh Makhani sajian ayam khas India yang  berasal dari wilayah utara India. Sajian ini adalah sejenis ayam mentega yang dimasak dengan saus kari super kental dan biasanya disajikan dengan roti canai. Murg makhani adalah menu special di berbagi restoran tradisional di India.
Murgh Makhani
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Murgh makhani memiliki cita rasa yang creamy dan gurih. Kualitas usatu restoran di India biasanya akan dinilai pertama kali dari cita rasa Murgh makhaninya.
  1. Laddu
Laddu sekilas mirip bola-bola ubi di Indonesia. Namun, laddu bukan terbuat dari ubi melainkan dari campuran tepung, susu, dan gula. Makanan khas India ini rasanya manis dan selalu hadir dalam setiap acara upacara keagamaan.
Laddu
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Phirni
Phirni adalah desert pudding beras khas India yang dimasak dengan santan atau susu dan gula. Dessert khas India ini sering dilengkapi dengan topping seperti almond, kacang pistachio, kacang mete, atau kismis. Makanan ini bercita rasa manis dan bertekstur lembut.
Phirni
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Phirni selalu dihidangkan pada pesta perayaan atau keagaaman seperti dhiwali atau karwa chauth. Makanan ini sangat cocok buat para pecinta makanan manis.
  1. Gulab Jamun
Gulab jamun adalah dessert khas India yang sangat populer. Sajian ini sering disebut sebagai donat tradisional khas India. Gulab jamun terbuat dari tepung, susu bubuk, krim kocok, dan kayu manis bubuk. Biasanya gulab jamun disajikan dengan topping sirup manis di atasnya.
Gulab Jamun
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Namun, saat ini sudah banyak sajian topping lainnya. Misalnya, coklat atau kacang seperti kacang almond dan kacang tanah. Tambahan ini menambah cita rasa dan membuat penampilannya lebih menarik.
  1. Samosa
Samosa menjadi jajanan snack paling populer di India. Snack khas India ini juga cukup dikenal di dunia. Samosa merupakan pastry goregan berbentuk segitiga. Samosa sangat cocok disajikan saat masih hangat.
Samosa
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sajian ini memiliki versi vegetariannya yang dibuat dari terigung (tepung maida), kentang, bawang bomaby, cabai hijau, dan rempah-rempah. Selain itu, samosa juga memiliki versi non-vegetarian yang berisi daging cincang atau kadang-kadang daging ikan.
  1. Idli
Hidangan ini sangat populer sebagai menu sarapan di India Selatan. Bentuknya menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia. Idli terbuat dari hasil fermentasi lentil dan beras. Cara memasaknya adalah dengan dikukus.
Idli
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Idli biasanya dinikmati dengan kari sayuran pedas. Hidangan khas India ini tidak hanya populer di India, tetapi juga negara-negara tetangganya seperti Sri Lanka.
  1. Ayam Tandoori
Ayam Tandoori sangat dikenal sebagai ayam panggang khas India yang sudah mendunia. Ayam panggang ini memiliki warna merah yang khas dengan rasa gurihnya yang menggoda selera.
Ayam Tandoori
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Ayam ini dimasak dalam oven tandoor agar beraroma smokey. Oven tandoor adalah sejenis oven dari tanah liat. Jika Anda berkunjung ke India, maka Anda perlu mencicipi sajian ayam panggang khas India ini.
  1. Jalebi
Jalebi adalah manisan khas India yang selalu hadir di rumah-rumah orang India. Bentuknya mirip pretzel, tetapi jalebi disiram dengan kuah sirup gula yang kental. Jalebi dapat disajikan hangat ataupun dingin.
Jalebi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Jalebi terbuat dari adonan yang digoreng (mirip seperti funnel cake) dan direndam dalam larutan gula. Jalebi menjadi bagian penting dalam banyak festival dan perayaan. Selain India, manisan ini juga sering disajikan di Pakistan dan Timur Tengah.
  1. Raita
Para pecinta masakan India pasti sudah sangat mengenal dengan sajian ini. Raita adalah sering kali muncul di berbagai kuliner di India. Saus khas India ini serba guna karena bisa dimakan dengan berbagi makanan utama.
Raita
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Raitai ini hampir mirip dengan taztziki khas Yunani. Hal ini karena bahan yang digunakan sama, yaitu yoghurt dan timur.
  1. Rajma
Rajma adalah makanan khas Punjabi yang berbahan dasar kacang merah. Olahan kacang merah dimasak bersama rempah-rempah dan krim hingga mengental. Sajian ini biasanya dihidangkan dengan nasi atau naan.
Rajma
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Rajma tidak hanya dikonsumsi oleh orang-orang India yang tinggal di wilayah utara. Penduduk Nepal juga banyak mengonsumsi sajian ini.
  1. Poori
Poori adalah roti goreng yang terbuat dari tepung gandum. Tepung gandum akan dicampur dengan beberapa rempah dan biasanya disantap dengan kari. Poori dapat dijadikan menu sarapan pagi atau sekedar dijadikan camilan.
Poori
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain itu, poori juga bisa dihidangkan bersama dengan chana masala (chickpea yang dimasak dengan rempah-rempah), korma, atau halwa. Tidak hanya di India, di Pakistan, Nepal, dan Sri Lanka, poori sering dijadikan sebagai menu utama.
  1. Dhokla
Dhokla merupakan dessert vegetarian yang berasal dari wilayah Gujarat. Sajian ini terbuat dari adonan tepung yang difermentasi (tepung chickpea atau tepung besan). Tepung tersebut akan dicampur dengan yoghurt, sedikit garam, gula, dan biji mustard.
Dhokla
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Dhokla dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya sangat empuk dan mirip seperti sponge cake. Rasanya tidak terlalu manis dan cocok dijadikan teman minum teh atau kopi.
  1. Kathi Roll
Kathi roll adalah jajanan kaki lima khas India yang sangat populer. Jajanan ini memiliki rasa yang sederhana dan bisa diterima siapa saja. Kathi roll mirip seperti kebab ala Timur Tengah. Namun, roti yang digunakan untuk membungkusnya adalah paratha. Paratha adala sejenis flat bread atau roti India.
Kathi Roll
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rogan Josh
India selalu identik dengan kari. Negara ini memiliki jenis kari yang berbeda-beda. Salah satu yang sangat terkenal adalah rogan josh. Kari ini biasanya disajikan dengan potongan daging kambing, tetapi ada juga yang memakai daging ayam ataupun sapi.
Rogan Josh
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Rogan josh memadukan daging kambing dengan paprika dan cabai Kashmir yang pedasnya luar biasa. Makanan ini bercita rasa lezat, gurih, dan sangat pedas. Kari khas India ini biasanya dinikmati dengan nasi beras basmati atau ragam roti khas India. Inilah makanan khas India yang terkenal di dunia. Makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa khas India yang kaya akan rempah-rempah. Jika Anda sedang atau akan berkunjung ke India, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut. Semoga bermanfaat.