16 Minuman Khas Korea yang Populer dan Menyehatkan

Minuman khas Korea sudah cukup populer di kalangan masyarakat luas, terutama para pecinta Korea. Kuliner khas Korea memang sedang naik daun, sehingga baik itu makanan khas Korea maupun minuman khas Korea banyak digandrungi masyrakat luas. Continue reading “16 Minuman Khas Korea yang Populer dan Menyehatkan”

11 Makanan Korea yang Terkenal di Indonesia

Korea tidak hanya terkenal dengan musik dan dramanya saja. Makanan Korea pun saat ini menjadi hidangan yang banyak diburu penggemar kuliner. Ada berbagai jenis makanan Korea yang terkenal di Indonesia. Sebelas makananan Korea yang terkenal di Indonesia adalah:
  1. Kimchi
Siapa yang tidak mengenal kimchi? Bagi para pecinta Korea, makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Kimchi adalah makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Korea. Makanan ini sifatya wajib ada bagi warga Korea. Kimchi bercita rasa asam dan pedas yang sangat cocok dengan lidah orang Korea.
Kimchi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kimchi adalah acar sayuran dengan aroma yang tajam. Makanan ini sekarang sudah tersebar di berbagai negara. Begitu juga dengan Indonesia, kimchi juga sudah dijual di supermarket-supermarket ataupun restoran-restoran Korea di Indonesia. Kimchi cocok dinikmati bersama dengan mie berkuah ataupun hidangan Korea lainnya.
  1. Bibimbap
Bibimbap adalah nasi putih yang dicampur dengan lauk pauk khas Korea. Bibim berarti nasi dalam Bahasa Korea. Pada zaman dahulu, sajian ini dihidangkan untuk persembahan kepada arwah para leluhur.
Bibimbap
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Bibimbap akan disajikan di dalam mangkuk yang terbuat dari batu yang sudah dipanaskan. Setelah nasi dan lauk diletakkan ke dalam mangkuk tersebut maka akan dituangkan telur mentah. Telur tersebut akan matang melalui panas mangkuk. Pada bagian dasar mangkuk akan dituangkan minyak wijen sebelum dimasukkan nasi. Minyak wijen akan membentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.
  1. Bulgogi
Bulgogi termasuk makanan Korea yang sangat terkenal. Makanan ini menggunakan olahan daging sapi pilihan. Hidangan ini biasanya disajikan bersama kimchi, bawang putih, dan bumbu penyedap lain yang disatukan dalam bungkusan daun selada.
Bulgogi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Bumbu bulgogi terbuat dari kecap asin dan gula yang ditambahkan rempah-rempah lain asal Korea. Orang Korea tidak menggunakan plat besi datar atau teppan untuk mematangkan daging sapi, melainkan dengan panci datar.
  1. Haejangguk
Haejangguk adalah makanan yang berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Hidangan ini biasanya dikonsumsi sebagai obat mabuk di Korea. Daging dan bagian perut sapi yang digunakan adalah daging pilihan yang berkualitas. Oleh karena itu, sajian ini dijual dengan harga yang lumayan tinggi.
Haejangguk
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Sup Soelleongtang
Sup Soelleongtang menggunakan bahan dasar tulang-tulang dan bagian dalam tubuh sapi. Sup ini membutuhkan waktu memasak yang lama karena berbahan dasar daging sapi. Hidangan ini dulunya dijadikan santapan rakyat yang dipersembahkan oleh Raja Joseon setelah melaksanakan upacara selamatan di sebuah tempat yang dinamakan Soennongdam.
Sup Seolleongtang
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sup Soelleongtang biasanya dimakan bersama nasi putih yang dicampurkan ke dalam sup. Orang Korea biasanya memberikan tambahan seperti kimchi sawi dan lobak untuk menambah cita rasanya.
  1. Jjampong
Jjampong adalah masakan berkuah khas Korea dengan cita rasa yang pedas. Jjampong disajikan bersama sayur dan produk laut khas Korea. Makanan ini bercita rasa pedas dan cukup untuk menantang kemampuan lidah dengan tingkat kepedasan yang dimilikinya.
Jjampong
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Jjampong sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari pengaruh Jepang dan Cina. Meskipun begitu, makanan ini sangat populer di Korea. Jjampong biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan perut.
  1. Tteokbokki
Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama dengan bumbu gochujang pedas manis. Gochujang merupakan bumbu yang sangat penting dan hampir selalu ada pada setiap makanan Korea yang bercita rasa pedas. Ttoekbokki adalah makanan rakyat yang banyak dijual di pijangmacha (sejenis angkringan).
Tteokbokki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pada awalnya, makanan ini disebut gungjung tteokbokki. Pada masa Kerajaan Joseon, makanan khas ini berupa huintteok yang menggunakan bumbu kecap asin bersama daging sapi, kecambah hijau, bawang bombay, wortel, peterseli, shiitake, dan bagogari. Cita rasanya pun berbeda dengan tteokbokki yang dikenal saat ini. Ttoek melambangkan 5 macam warna yang melambangkan Korea, yaitu putih, merah, biru, kuning, dan hitam.
  1. Japchae
Japchae adalah sajian khas Korea berupa sohun atau dang myoen yang diolah bersama aneka macam sayuran dan daging sapi. sajian ini termasuk lauk pendamping dalam tradisi kuliner Korea. Orang Korea biasa menyebutnya dengan banchan atau panchan. Japchae merupakan makanan tradisional yang mengandung nilai tradisi. Jadi, tidak heran jika sajian ini lebih sering dijumpai pada saat pesta dan perayaan khusus.
Japchae
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Japchae biasanya berisi sohun, daging sapi, dan sayuran yang sedang musim. Jenis sayuran yang digunakan misalnya wortel, jamur shiitake, paprika, bawang Bombay, dan spinacia. Sayuran-sayuran tersebut akan dipotong kecil-kecil memanjang dan ditumis secara terpisah dengan bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir. Japchae sangat cocok nasi sebagai lauk utama.
  1. Samgyetang
Samgyetang adalah sup khas Korea yang berisi ayam muda utuh yang direbus hingga dagingnya empuk. Ayam muda utuh akan direbus dalam panci kecil di atas api kecil selama 2 – 3 jam hingga dagingnya empuk untuk hidangan satu orang alias satu porsi saja. Sajian ini biasanya dinikmati bersama anggur ginseng.
Samgyetang
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Samgyetang termasuk ke dalam makanan tradisional yang menyehatkan dan kaya gizi. Orang Korea menyantap sajian ini saat musim panas agar tubuh tidak mudah lemas. Ada tiga hari istimewa untuk menyantap hidangan ini selama musim panas, yakni chobok, jungbok, dan malbok.
  1. Doenjang Jjigae
Doenjang jjigae adalah makanan berkuah dengan bahan utama berupa doenjang. Makanan ini hampir seperti japchae yang bahan-bahannya tergantung musim. Saat musim panas, sajian ini dihidangkan bersama tambahan jamur. Sedangkan pada musim dingin, sajian ini akan ditambahkan daun lobak. Bahan lainnya yang pastiada yakni irisan cabai, mentimun, dan tahu rebus.
Doenjang Jjigae
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain samgyetang, doenjangj jigae juga bergizi tinggi. Asupan gizi tubuh dapat terpenuhi dengan kandungan protein yang dimiliki oleh sajian ini. Harganya yang murah menjadikan makanan ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Doenjangj jigae memiliki cita rasa khas yakni asin dan pedas.
  1. Galbi
Galbi berarti iga atau daging yang melekat pada sekitar tulang iga dalam Bahasa Korea. Galbi atau galbi gui merupakan makanan Korea yang menggunakan daging iga sapi yang dipanggang dan dipotong pendek-pendek. Selain iga sapi, galbi juga bisa dibuat menggunakan iga babi.
Galbi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Galbi dapat diolah dengan atau tanpa bumbu. Bumbu yang digunakan antara lain sari buah pir asia, kecap asin, arak beras, gula, minyak wijen, dan bawang putih. Pada saat proses pemanggangan maka daging biasanya diiris mengikuti jalur tulangnya. Hal ini bertujuan agar saus atau bumbunya bisa meresap ke dalam daging dan daging lebih cepat matang. Daging yang sudah matang akan dibungkus daun selada, daun perilla, atau daun sayur-sayuran lainnya. Setelah itu akan dicelupkan ke dalam saus bernama ssamjang, sehingga memberikan cita rasa yang lezat. Inilah sebelas makanan korea yang terkenal di Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis makanan Korea lainnya yang menjadi favorit masyarakata Indonesia. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, Anda dapat menikmati sajian-sajian khas Korea ini di restoran-restoran Korea atau membuatnya sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.