16 Minuman khas Timur Tengah yang Dijamin Nikmat

Negara-negara di Timur Tengah terkenal dengan kelezatan makanan khas Timur Tengah yang bakal membuat ketagihan. Negara-negara di wilayah ini pun memiliki minuman khasnya yang dijamin nikmat. Minuman khas Timur Tengah sangat khas dan bercita rasa unik khas Timur Tengah. Lalu, apa sajakan minuman khas dari wilayah Jazirah Arab ini. Continue reading “16 Minuman khas Timur Tengah yang Dijamin Nikmat”

14 Makanan Khas Timur Tengah yang Terkenal Lezat

Timur tengah memiliki makanan khasnya yang terkenal akan kelezatannya. Makanan khas Timur Tengah berasal dari perpaduan rempah-rempah khas Timur Tengah yang khas. Siapapun yang pernah mencoba makanan khas dari wilayah ini, pastinya akan ketagihan untuk menikmatinya kembali. Kemudian, apa saja makana khas Timur Tengah yang terkenal lezat tersebut. Empat belas makanan khas Timur Tengah yang terkenal lezat yakni: Continue reading “14 Makanan Khas Timur Tengah yang Terkenal Lezat”

11 Minuman Khas Turki yang Dijamin Enak

Turki menjadi salah satu negara yang cukup banyak difavoritkan warga Indonesia untuk dikunjungi. Hal ini karena Turki memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang erat dengan Islam. Selain itu, makanan khas Turki yang enak dan halal menjadi orang Indonesia merasa lebih aman saat berwisata kuliner di Turki. Namun, Turki ternyata tidak hanya memiliki makanan khasnya tetapi juga minuman khas Turki yang dijamin enak. Continue reading “11 Minuman Khas Turki yang Dijamin Enak”

14 Makanan Khas Mesir yang Menggoda Selera

Mesir tidak hanya dikenal dengan bangunan piramidanya yang megah dan bersejarah. Negara yang berada di benua Afrika ini juga memiliki banyak kuliner khasnya yang menggoda selera. Makanan khas Mesir yang menggoda selera dapat menjadi rekomendasi bagi Anda saat berkunjung ke Mesir. Ada berbagai macam makanan khas Mesir yang menggoda selera. Empat belas makanan khas Mesir tersebut adalah:
  1. Ta’miyya/ Falafel
Makanan ini dikenal dengan nama falafel, tetapi masyarakat Mesir menyebutnya Ta’miyya. Falafel terbuat dari berbagai jenis kacang, tetapi umumnya adalah kacang koro, kacang fava atau kacang chickpea. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan bersam roti pita.
Falafel
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Bentuk falafel seperti perkedel goreng dengan warnanya yang gelap. Namun, saat dibelah biasanya berwarna hijau. Falafel sangat populer dan banyak disukai oleh orang dari luar Mesir.
  1. Kushari
Kushari atau Koshari adalah makanan khas Mesir yang mengandung banyak karbohidrat. Sajian ini terbuat dari campuran nasi, macaroni, kacang lentil, kacang chickpea. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut akan ditaburi dengan bawang goreng, saus bawang putih, dan tomat yang asam dan bercuka.
Kushari
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini tidak pernah dimakan dengan daging apapun. Mesir memiliki banyak restoran atau tempat makan khusus kushari. Hal yang membedakan adalah saus tomatnya.
  1. Full Medames
Makanan ini dikenal juga dengan nama ful yang merupakan pelengkap dari Ta’miyya karena biasanya dijual olleh toko yang sama sebagai menu sarapan. Bahan yang digunakan yakni kacang koro/ fava bean. Cara memasaknya adalah dengan merebus kacang koro dan dihancurkan dengan garpu atau blender, sehingga menjadi seperti bubur dengan tekstur agak kasar.
Full Medames
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Full medames biasanya dinikmati dengan roti pita dan dilengkapi dengan minyak zaitun serta bawang bombay merah. Bumbunya terdiri dari jintan (cumin), jeruk nipis, garam, dan minyak zaitun. Makanan ini sudah berusia ribuan tahun dan kabarnya mengalahkan makanan Surga (Man’na & Salwa).
  1. Fattah
Fattah adalah hidangan yang terdiri dari lapisan roti goreng dan nasi, dengan saus tomat yang dimasak dengan bawang putih dan cuka di atas, sup daging dan potongan daging besar. Sajian ini biasanya dihidangkan untuk acara-acara yang sebagian besar bersifat keagamaan. Fattah memiliki cita rasa yang sangat lezat, sehingga sering disajikan pada acara-acara khusus.
Fattah
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Hamam Mahshi
Hamam mahshi tergolong ke dalam makanan mahal di Mesir dan biasanya dihidangkan untuk tamu spesial. Makanan ini terbuat dari anak burung merpati yang perutnya diisi dengan nasi rempah. Selanjutnya, anak burung tersebut akan dimasak dengan cara dipanggang. Jadi penasaran kan bagaimana rasanya menyantap anak burung merpati dengan isian nasi rempah.
Hammam Mahshi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Mulukhiya
Mulukhiya adalah sayuran berdaun hijau yang dipotong dan dimasak dengan daging sapi, kelinci, atau ayam rebus. Hidangan sayur khas Mesir ini akan disajikan dengan nasi dan roti. Mulukhiya sangat cocok disajikan di dalam mangkuk dalam kondisi panas. Makanan ini dapat dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam.
Mulukhiya
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salah satu hal menarik dari mulukhiya adalah hidangan ini dipersiapkan secara berbeda di berbagai daerah di Mesir. Kota-kota yang berlokasi di dekat pantai biasanya menyiapkannya dengan udang atau ikan.
  1. Mombar
Mombar merupakan nasi rempah yang dimasukkan ke dalam usus sapi dan digoreng. Biasanya mombar dijual dipinggir jalan atau warung makan khusus. Proses pembuatan mombar membutuhkan waku yang cukup banyak.
Mombar
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Ada teknik khusus dalam membersihkan usus sapi agar bersih dan tidak robek. Perebusan nasi hingga matang juga memerlukan waktu yang lama. Begitu juga saat menggorengnya pun harus hati-hati supaya usus sapi tidak pecah atau robek.
  1. Shawarma
Shawarma terbuat dari daging sapi dan lemak domba yang ditumpuk pada sebuah tiang besi, lalu dipanggang dengan mesin yang berputar. Bagian yang sudah matang dipotong dan dimasukkan ke dalam roti dan ditambahkan saus tahina. Makanan ini sangat terkenal di Mesir sebagai makan malam dan hampir terkenal di seluruh dunia.
Shawarma
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Terjadi kesalahpahaman di Indonesia, yakni shawarma dikenal dengan nama kebab. Kebab sendiri adalah daging, sedangkan daging yang digulung dengan roti adalah shawarma.
  1. Hawawshy
Hawawshy merupakan hidangan roti panggang yang terbuat dari adonan roti pipih yang diisi dengan daging sapi cincang yang dioven hingga permukaannya menjadi berwarna coklat keemasan. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan biasanya dihidangkan sebagai menu camilan di kala waktu senggang. Selain isian daging, hawawshy juga biasanya dikreasikan dengan isian lain seperti ayam, sosis, atau sayuran. Sajian ini akan dihidangkan bersma dengan acar sauran dan sambal pedas.
Hawawshy
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Vine Mahshi
Vine mahshi merupakan menu berbuka puasa di Negara Timur Tengah. Hidangan ini juga terkenal di negara-negara Balkan, Armenia, Swedia, dan Polandia. Vine manshi berasal dari Kerajaan Ottoman yang saat itu banyak menguasai negara-negara di Eropa.
Vine Mahshi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Vine mahshi berisi sayuran seperti terong, paprika, tomat, zucchini, daun anggur atau kol yang berisi dengan nasi campur. Nasi campur ialah nasi yang sudah dicampur dengan berbagai macam rempah. Sayuran dan nasi campur kemudian direbus dengan kaldu dan air selama 40 – 60 menit hingga sayuran lunak. Hidangan ini merupakan hidangan pendamping yang tetap enak walaupun dihangatkan kembali.
  1. Roti Isy
Roti isy adalah makanan pokok masyarakat Mesir. Rasanya hampir serupa dengan roti tawar, tetapi roti isy lebih padat dan lebih terasa seratnya. Orang Mesir lebih menyukai mengonsumsi roti isy dibandingkan nasi.
Roti Isy
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Rata-rata diamaeter dari roti isy adalah 15 cm dengan harga yang lumayan murah. Sepuluh roti isy dapat dibeli hanya dengan harga 1,5 – 2 Egypt Pound. Roti isy akan diberikan secara cuma-cuma jika disajikan bersama makanan lainnya di restoran.
  1. Dukkah
Dukkah sering dihidangkan bersama roti tawar khas Mesir. Makanan ini juga dapat dicampurkan bersama  sayuran semacam tomat dan mentimun untuk hiasan pinggirnya. Dukkah adalah menu rumahan, sehingga setiap rumah memiliki resep yang berbeda.
Dukkah
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Dukkah terdiri dari rempah-rempah seperti wijen, garam, ketumbar, dan jinten. Kata dukkah berasal dari Bahasa Arab yang berarti mencampurkan. Hal ini sesuai dengan cara penyajiannya yang dicampurkan ke dalam makanan lain.
  1. Konafah
Konafah memiliki bentuk seperti mie dengan rasa yang manis. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti khas Mesir. Sajian ini terbuat dari mie tebal dan panjang dan dihidangkan di atas piring datar yang didiamkan untuk beberapa saat supaya kenyal dan kering.
Konafah
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sebelum disajikan, konafah diolesi mentega cair atau minyak dan kemudian diberi krim dan kacang tabor. Konafah selanjutnya dipanggang dan diberi topping sirup  buah.
  1. Grilled Kofta
Grilled Kofta adalah sate daging domba yang dihaluskan dengan campuran rempah-rempah. Daun mint dan peterseli digunakan dalam campuran rempahan untuk sajian ini. Daging domba akan dicincang terlebih dahulu untuk kemudian dibentuk seperti sosis. Selanjutnya, daging domba tersebut dibakar menggunakan arang seperti kebab.
Grilled Kofta
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Inilah 14 makanan khas Mesir yang menggugah selera. Anda wajib untuk menikmati hidangan khas Negeri Piramida ini jika berkunjung ke sana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

13 Makanan khas Turki yang Halal dan Enak

Turki dikenal dengan kuliner khasnya, yakni kebab. Sebenarnya ada berbagai jenis makanan khas Turki yang terkenal enak selain kebab. Selain itu, mayoritas penduduk Turki juga beragam Islam, sehingga makanan-makanan khas Turki pada umumnya dibuat dari bahan-bahan yang halal. Makanan khas Turki yang halal dan enak diantaranya adalah:
  1. Menemen
Menemen biasanya dijadikan menu sarapan pagi oleh penduduk Turki. Menemen berisi daging, roti, dan telur dalam penyajiannya. Menemen menyajikan telur, daging yang mirip seperti sosis tapi rasanya pedas (sucuk), dan pastirma (semacam dendeng sapi kering yang diiris tipis) yang selanjutnya diracik dengan bumbu lengkap dan beragam sayuran seperti tomat dan paprika hijau. Sajian ini dimakan bersama roti, di mana menemennya dijadikan isian roti.
Menemen
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Roti Pide
Roti pide memiliki tampilan yang mirip dengan pizza. Sajian ini berupa paparan roti lebar berisi aneka topping seperti daging sapi, sosis, telur, dan masih banyak lagi. Roti Pide biasanya hanya dapat ditemui saat bulan Ramadhan.
Roti Pide
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Proses pembuatannya hampir sama dengan pizza, yakni dengan cara dipanggang. Bahan untuk membuat sajian ini diantaranya adalah ragi instan, terigu, susu murni, minyak zaitun, dan air. Roti yang sudah matang akan ditaburi biji nigela khas Truki, yoghurt, dan topping.
  1. Sarma
Selain di Turki, Sarma juga banyak ditemui di negara-negara semenanjung Balkan bahkan hingga ke Rusia.  Sarma hampir mirip seperti botok, lemper, buntil, lepet, atau nagasari di Indonesia. Jadi hidangan ini berbentuk bungkusan yang mana bungkusannya menggunakan sayuran.
Sarma
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sarma menggunakan bungkusan dari daun anggur. Daun anggur digunakan untuk membungkus berbagai isian baik yang mengandung daging atau tidak. Isian yang mengandung daging biasanya berupa nasi, daging cincang, biji cemara, bawang merah, mentega, dan rempah-rempah. Sedangkan, untuk isian yang tidak mengandung daging biasanya berisi buah, sayur, dan rempah-rempah.
  1. Baklava
Turki memiliki camilan yang biasanya disantap oleh penduduknya saat sedang bersantai di sore hari. Camilan khas Turki tersebut bernama baklava. Baklava tidak hanya populer di Turki, tetapi juga di beberapa negara yang dulunya dikuasai oleh Kerajaan Ottoman seperti Eropa Tenggara, Asia Barat, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika.
Baklava
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pada buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok, baklava disebut dengan gullach. Hal ini menunjukkan bahwa camilan khas Turki ini sudah ada sejak dulu. Baklava terbuat dari dua bahan utama, yakni roti dan kacang sebagai isiannya. Kacang walnut atau pistache akan ditumbuk dan disiram gula atau madu yang kemudian dibungkus dengan roti tipis.
  1. Kofte
Kofte adalah salah satu kuliner khas Turki yang cukup dikenal luas. Kofte merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging sapi dan daging kambing yang digiling atau dicincang untuk diolah kembali menjadi bentuk sperti sate, hamburger patty, atau bola. Kofte biasanya disajikan dengan saus dip yang juga beragam.
Kofte
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tabbouleh
Tabbouleh adalah makanan khas Turki yang berisi bermacam-macam sayuran. Makanan ini juga sering disebut salad Turki. Sajian ini memadukan berbagai jenis sayuran yang dicincang halus untuk kemudian dicampur dalam satu wadah dan dilanjut dengan pemberian bumbu.
Tabbouleh
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Jenis sayuran yang biasanya digunakan diantaranya adalah tomat, bulgur, peterseli, dan daun mint. Bumbu yang digunakan berupa bawang merah dan bawang putih dengan dressing minyak zaitun, garam, dan perasan lemon. Tabbouleh awalanya adalah hidangan asal Suriah dan Lebanon, tetapi masyarakat Turki memodifikasinya menjadi tabbouleh.
  1. Meze
Meze adalah hidangan pembuka yang penyajiannya biasanya ditemani dengan secangkir minuman, misalnya minuman beraroma adas manis (seperti raki ouzo, atau arak). Meze memiliki banyak jenis, bahkan jumlahnya hingga ratusan. Salah satu jenis meze yang sangat terkenal yakni dolma.
Meze
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Meze memiliki berbagai varian rasa, misalnya manis, gurih, asam, dan pedas. Bahan yang digunakan oleh setiap jenis meze pun berbeda. Ada meze yang berbahan daging sapi, kambing, ayam, ikan, sayur, buah, dan kacang-kacangan.
  1. Souvlaki
Souvlaki mirip dengan roti pide. Roti ini sering disebut roti gulung khas Turki. Makanan ini berupa roti panggang yang berisi daging sapi, bawang putih, daun selada, mentimun, tomat, parsley, yoghurt, dan bumbu rempah khas Turki.
Souvlaki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Roti ini menjadi salah satu makanan favorit warga Turki yang dimakan tanpa mengenal waktu, baik pagi, siang, sore, atau malam. Orang Turki mengonsumsi souvalkai untuk mengganjal perut saat melakukan perjalanan atau sedang tidak sempat masak di rumah.
  1. Lokum
Lokum sudah ada sejak tahaun 1700an. Makanan ini biasanya menjadi buah tangah sekaligus kuliner khas Turki yang sudah terkenal di berbagai negara. Lokum berbahan dasar tepung dan gula atau madu. Camilan ini mirip dengan mochi dari Indonesia.
Lokum
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Tampilannya sangat menarik dengan ragam bentuk yang menggoda. Makanan ringan khas Turki ini sering disebut sebagai Turkish delight. Lokum memilki berbagai pilihan rasa, seperti jeruk, kayu manis, lemon, mint, dan air mawar. Lokum sering dijadikan cemilan untuk berbuka puasa.
  1. Iskender Kebap
Siapa yang tidak kenal dengan kebab atau kebap khas Turki. Makanan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Iskender kebao merupakan kebap yang berisi daging doner. Daging doner adalah olahan daging potong yang ditumbuk dan diberi bumbu rempah bercampur lemak.
Iskender Kebap
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain doner, isian lainnya yakni daun sayur, mentega, dan saus tomat. Penyajiannya biasanya dilakukan dengan roti terbuka yang diletakkan di atas piring. Iskender kebap Turki pastinya berbeda dengan yang biasa kita temui di Indonesia, dimana rotinya digunakan untuk membungkus atau menggulung isian.
  1. Pilav
Selain roti souvlaki, orang Turki sering mengonsumsi pilav sebagai santapan pengganjal perut. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan minyak zaitun dan kacang kuda. Pilav dijual dengan sangat murah, yakni tidak sampai 3 lira. Selanjutnya, apabila ditambahkan isian lain seperti daging ayam cincang maka harganya bisa mencapai 3 lira.
Pilav
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Dürüm
Selain Iskender Kebap, ada jenis kebab lainnya di Turki yang disebut dürüm. Kebab ini didominasi oleh beragam jenis sayuran. Makanan ini tidak hanya dikenal di Turki, tetapi juga di negara-negara Eropa lain.
Durum
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain sayuran, durum pastinya berisi doner yang merupakan identitas dari kebab. Doner akan disertakan ke dalam roti pide atau roti gandum bersama dengan aneka macam sayuran. Dürüm lebih disukai oleh rata-rata penduduk Eropa karena isiannya yang menyehatkan. Selain itu, bahan lainnya seperti keju dan yoghurt juga identik dengan kuliner orang Eropa.
  1. Balik Ekmek
Balik ekmek adalah roti tangkup berisikan ikan. Tampilannya mirip dengan hot dog atau sandwich. Hal yang membedakan adalah isiannya. Balik ekmek menggunakan isian ikan (biasanya adalah ikan kembung), sedangkan hot dog atau sandwich berisi sosis dan daging.
Balik Ekmek
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini biasanya dijual di atas perahu-perahu. Namun, kabarnya makanan ini sulit dijumpai saat ini. Hal ini terjadi semenjak pemerintah Turki membatasi perahu yang menjual balik ekmek karena alasan kesehatan yang tidak memenuhi standar. Inilah makanan khas Turki yang halal dan enak. Anda pasti penasaran ingin mencobanya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut saat Anda berkunjung ke Turki. Semoga bermanfaat.