15 Olahan Ayam Khas Eropa yang Terkenal Akan Kelezatannya

Selain olahan ayam khas Asia, ada juga olahan ayam khas Eropa yang terkenal akan kelezatannya. Olahan ayam dari berbagai negara di Eropa memberikan cita rasa khas Eropa. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke negara-negara di Eropa mungkin sudah tidak asing dengan olahan ayam yang akan dibahas pada artikel ini. Lima belas olahan ayam khas Eropa yang terkenal akan kelezatannya adalah: Continue reading “15 Olahan Ayam Khas Eropa yang Terkenal Akan Kelezatannya”

17 Makanan Khas Spanyol yang Menjadi Incaran Wisatawan

Spanyol dikenal sebagai negara yang populer dengan tempat wisatanya. Selain itu, Spanyol juga memiliki makanan khas Spanyol yang bercita rasa unik. Makanan Spanyol tersebut menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Tujuh belas makanan khas Spanyol yang menjadi incaran wisatawan adalah: Continue reading “17 Makanan Khas Spanyol yang Menjadi Incaran Wisatawan”

16 Makanan Khas Swedia yang Unik dan Lezat

Swedia menjadi negara Skandinavia terluas yang memiliki kuliner khas yang unik dan lezat. Makanan khas Swedia menampilkan kesederhanaan dan rasa yang kontras. Misalnya, seperti hidangan tradisional bakso dan saus krim cokelat dengan tart, selai lingonberry yang tajam. Untuk mengenal makanan khas Swedia lebih jauh, pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai makanan khas Swedia yang unik dan lezat. Enam belas makanan khas Swedia yang unik dan lezat adalah:
  1. Selai Lingonberries
Selai Lingonberries merupakan selai tambahan pada makanan lain. Melimpahnya lingonberries di Swedia menjadikan warga lokal mengolahnya menjadi selai lingonberries. Hidangan khas Swedia yang sering disajikan dengan selai lingonberries seperti daging sapi rebus, bakso, sajian hati sapi, dan olahan ikan goreng. Hidangan populer Swedia lainnya  yang tersaji dengan selai lingonberries adalah mustamakkara, kue kentang, pitepalt, kaldolmar, dan sosis daging.
Selai Lingonberries
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Blodpudding Lingon Med
Blodpudding lingon med merupakan sajian khas Swedia yang unik dan lezat. Makanan ini terbuat dari darah babi dan tepung. Pada umumnya orang Swedia membeli makanan ini di supermarket. Blodpudding akan dipotong dan digoreng dengan mentega dan juga disajikan dengan lingonberries.
Blodpudding Med Lingon
Sumber: https://www.arla.se/recept/blodpudding-med-morotssallad-och-lingon/
  1. Gravlax atau Lravad Lax
Gravlax termasuk menu Nordic yang bahan utamanya adalah ikan salmon mentah dicampur dengan garam dan gula ditambahkan beberapa rempah lainnya. Makanan ini merupakan makanan pembuka yang ditambah dengan saus mustard, kentang rebus, ataupun tambahan roti.
Gravlax
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pada masa abad pertengahan, gravlax dibuat oleh para nelayan yang menggarami salmon dan memfermentasikannya dengan menguburkannya di pasir. Namun, saat ini pengolahan makanan ini tidak lagi menggunakan proses fermentasi. Salmon diolah dengan cara dikubur dalam garam kering, gula, dan adas dan didiamkan selama dua belas jam hingga beberapa hari. Baca juga olahan seafood asli Indonesia.
  1. Paron Inkokta
Swedia memiliki asinan buah pir yang bercita rasa unik. Asinan khas Swedia ini berbahan utama pir yang direbus dalam campuran kayu manis, vanili, dan/ atau kapulaga. Pir tersebut kemudian disajikan dengan whipped cream.
Paron Inkokta
Sumber: https://www.koket.se/inkokta-paron
  1. Pitepalt
Pitepalt merupakan kue isi daging yang berasal dari kota Pitea dan mirip seperti bulatan bakso. Sebagian besar bahannya menggunakan kentang mentah dan tepung gandum dan gandum. Isian dagingnya bisa berupa daging sapi atau daging ayam. Setiap penjual menciptakan kreasi masing-masing dengan menambahkan beberapa bumbu dan daun serta bawang.
Pitepalt
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ostkaka
Ostkaka adalah cheese cake lezat yang berasal dari Swedia. Cheese cake khas Swedia ini mungkin memiliki perbedaan di dua wilayah, yaitu Halsingland dan Smaland. Kue ini bertekstur lembut dan halus dengan cincangan daging almond yang renyah.
Ostkaka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Penyajian ostkaka biasanya ditambahkan beraneka jenis ragam selai populer seperti croberi, blueberry, cloudberry, ataupun lingonberry. Namun, ada juga penjual yang menambahan potongan buah segar supaya terasa lebih segar.
  1. Risalamande
Risalamande adalah hidangan khas Swedia yang terbuat dari beras dan almond. Sajian ini sudah ada sekitar akhir abad ke 19. Risalamande berbentuk pudding yang dicampur dengan krim dan almond cincang yang disajikan dengan tambahan saus ceri.
Risalamande
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Menu ini biasanya disajikan untuk perayaan keagamaan penduduk Swedia. Risalamande dapat juga ditemukan di Denmark. Baca juga makanan khas Belanda, makanan khas Italia, dan makanan khas Turki.
  1. Kladdkaka
Kladdkaka adalah kue lumpur cokelat yang sepintas mirip brownis. Kue ini bagian tengahnya lembut dan lengket. Kladdkaka disajikan dengan tambahan topping seperti stroberi, blueberi, dan lingonberry. Untuk mempercantik penampilannya, kladdkaka akan diberikan whipped cream sebagai sentuhan akhir.
Kladdkaka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Hasselback Potatoes
Hasselback potatoes merupakan makanan khas Swedia yang berbahan dasar kentang. Makanan Swedia ini terbuat dari kentang panggang yang diiris tipis yang masih utuh dalam satu buah bongkahan. Untuk memperlezat rasanya, bongkahan kentang yang sudah diiris tipis tersebut ditaburi remah roti dan butter.
Hasselback Potatoes
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hasselback potatoes sudah ada sekitar tahun 1953. Makanan ini diciptakan oleh Leif Elission dari Kota Varmland.
  1. Rose Hip Soup
Rose Hip Soup merupakan sup khas Swdia yang terbuat dari bunga mawar. Sup ini disajikan sebagai menu penutup yang ditambahkan dengan krim, susu, dan tambahan es krim vanilla. Rose hip soup terasa lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan biskuit almond. Sajian sup khas Swedia ini cocok disajikan untuk sarapan.
Rose Hip Soup
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baca juga sup dari berbagai negara di Eropa dan sup asli Indonesia.
  1. Hallongrotta
Hallongrotta atau jamaknya disebut hallongrottor merupakan kue tradisional Swedia yang enak dan gurih. Kue ini juga cukup populer di USA dengan sebutan kue jempol. Kue ini dimasak denga cara dipanggang dan diberi rasa vanilla. Kue jempol khas Swedia ini biasanya diisi dengan selai raspberry di bagian tengahnya.
Hallongrotta
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Swedish Fruit Soup
Sup buah khas Swedia ini berisikan buah-buahan kering yang dijadikan sebagai hidangan penutup. Makanan tradisional khas Swedia dan Norwegia ini bisa disajikan dalam keadaan dingin. Swedish fruit soup ini termasuk makanan pokok untuk negara-negara di Skandinavia.
Swedish Fruit Soup
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain itu, makanan ini juga menjadi menu wajib untuk perayaan agama. Sup khas Swedia ini dapat dinikmati dengan sajian kue ataupun minuman lainnya seperti kopi. Baca juga kopi terbaik di Indonesia dan es asli Indonesia.
  1. Vispipuuro
Vispipuuro merupakan bubur berbahan gandum semolina yang dibuat bersama dengan buah berry, biasanya lingonberries. Bubur bercita rasa manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Hidangan ini tidak hanya ditemukan di Swedia, tetapi juga di Finlandia.
Vispipuuro
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Semolina akan dimasak dengan buah berry dan pemanis sejenisnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan susu dan gula. Jenis buah berry lainnya yang dapat digunakan adalah redcurrants, cranberries, apricot, gooseberries, dan stroberi.
  1. Flygande Yakub
Flygande yakub berisi daging ayam, sambal, krim, kacang pangga, pisang, dan daging sapi. untuk menu aslinya, daging ayam harus dibumbui terlebih dahulu dengan bumbu Italia. Sajian ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven.
Flygande Yakub
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Flygande yakub cocok disajikan dengan nasi ataupun dengan salad. Bagi Anda para vegetarian, flygande yakub khusus vegetarian juga tersedia bagi Anda.
  1. Crayfish Food
Crayfish food merupakan olahan seafood khas Swedia yang berbahan dasar crayfish. Crayfish merupakan sejenis udang karang yang berukuran kecil hingga besar. Udang karang ini tersaji dalam berbagai jenis masakan seperti jenis sup, etouffees, dan bisques.
Crayfish Food
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pyttipanna
Pyttipanna tidak hanya terdapat di Swedia, tetapi juga di beberapa negara tetangga seperti Norwegia, Finlandia, dan Denmark. Orang Swedia menyebutnya sebagai biksemad yang berarti mixed food atau makanan yang dicampur. Sajian ini biasanya berisi daging sapi cincang ataupun ayam, sosis, dan bakso yang dimasak di pan gorengan. Pyttipanna biasanya disajikan dengan tambahan telur dadar, acar, dan tambahan lainnya beserta kecap dan cokelat.
Pyttipanna
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Inilah enam belas makanan khas Swedia yang bercita rasa unik dan lezat. Jika Anda berkunjung ke Swedia, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas Swedia tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

9 Makanan Khas Finlandia yang Wajib Anda Ketahui

Makanan khas Finlandia hampir mirip dengan makanan Skandinavia. Namun, makanan Finlandia cenderung tidak manis. Makanan dari Finlandia banyak dipengaruhi oleh makanan Rusia dan Jerman. Hidangan di Finlandia bagian barat banyak menggunakan ikan dan daging. Sementara itu, di Finlandia bagian timur cenderung berbahan sayuran dan jamur tradisional. Roti segar merupakan hal yang wajib ada dalam hidangan Finlandia. Baca juga makanan khas Swiss, makanan khas Rusia, dan makanan khas Jerman. Makanan khas Finlandia mungkin tidak terlalu dikenal di luar Eropa. Namun, Anda tidak perlu meragukan kelezatan makanan asli Finlandia. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui berbagai jenis masakanan dari negara tersebut. Sembilan makanan khas Finlandia yang wajib Anda ketahui adalah: Continue reading “9 Makanan Khas Finlandia yang Wajib Anda Ketahui”

13 Makanan Khas Swiss yang Lezat dan Unik

Swiss terkenal dengan kelezatan coklatnya. Swiss pun dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Makanan khas Swiss memiliki cita rasa yang kaya dan pastinya disukai banyak orang. Tiga belas makanan khas Swiss yang lezat dan unik tersebut yakni: Continue reading “13 Makanan Khas Swiss yang Lezat dan Unik”

16 Sup dari Berbagai Negara di Eropa yang Unik dan Lezat

Sup menjadi hidangan yang pasti dimiliki oleh hampir setiap negara di dunia. Uniknya, setiap negara memiliki resep dan cara penyajiannya yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga pada negara-negara yang berada di Benua Eropa. Ada berbagai macam jenis sup dari berbagai negara di Eropa yang unik dan lezat. Sup dari berbagai negara di Eropa diantaranya adalah: Continue reading “16 Sup dari Berbagai Negara di Eropa yang Unik dan Lezat”

16 Makanan Khas Jerman yang Wajib Anda Ketahui

Siapa yang tidak mengenal negara Jerman. Negara yang terletak di benua Eropa ini menjadi favorit wisatawan untuk dikunjungi. Negara yang memiliki sejarah yang panjang ini ternyata memiliki berbagai makanan khas yang wajib Anda ketahui. Makanan khas Jerman tersebut bercita rasa unik dan lezat pastinya. Enam belas makanan khas Jerman yang wajib Anda ketahui adalah:
  1. Wurst
Wurst adalah sosis khas Jerman yang terbuat dari daging sapi atau daging babi. Sosis khas Jemran ini dapat dimasak dan dihidangkan dalam beragam hidangan. Jenis hidangan dari sosis ini diantaranya adalah bratwurst, weisswurst, currywirst, dan leberwurst.
Wurst
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Bratwurst
Bratwurst merupakan hidangan sosis panggang khas Jemran. Orang Jerman biasanya menikmatinya bersama dengan kartoffelsalat atau salad kentang, sauerkraut, atau dengan spicy mustard. Di luar Jerman, bratwurst juga biasanya disajikan bersama roti panggang dengan toping keju ataupun bawang.
Bratwurst
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Currywurst
Selain bratwurst, ada juga jenis sosis panggang lainnya yakni currywurst. Sosis panggang ini merupakan sosis panggang yang dibubuhi saus tomat dan dicampur dengan dengan bumbu kari. Bahkan saking terkenalnya sosis ini, maka dibangunlah sebuah museum bernama Museum Currywurst di Berlin.
Currywurst
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Currywurst memiliki rasa yang sangat lezat. Sosis panggang khas Jerman ini biasanya dihidangkan dengan ukuran yang cukup panjang, yaitu sepanjang 30 cm. Sosis ini kabarnya ditemukan pertama kali oleh seorang perempuan bernama Herta Heuwer pada tahun 1949 di Berlin.
  1. Weisswurst
Weisswurst adalah sosis yang tidak hanya dibuat dari daging sapi atau daging babi. Sosis ini terbuat dari campuran daging sapi muda, otak, dan limpa. Selain itu, ada juga leberwurst yang terbuat dari hati sapi atau babi yang dibumbui.
Weisswurst
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Schwarzwalder Kirschtorte
Schwarzwalder kirschtorte dikenal dengan nama black forest di berbagai belahan dunia. Kue ini sudah sanga terkenal, termasuk di Indonesia. Kue ini adalah kue coklat yang dilapisi krim vanilla segar dan serutan coklat serta dihias dengan buah cherry di atasnya.
Schwarzwalder Kirschtorte
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kelezatan schwarzwalder kirschtorte memang sudah tidak diragukan lagi. Jadi, saat Anda ke Jerman jangan lupa untuk berburu kue ini ya.
  1. Sauerkraut
Sauerkraut terbuat dari irisan halus kol putih yang difermentasikan. Karena dibuat dari hasil fermentas maka tidak heran jika sauerkraut bercita rasa asam dan menyegarkan. Makanan ini banyak mengandung vitamin C dan baik untuk tubuh Anda.
Sauerkraut
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sauerkraut sangat cocok dinikmati saat musim dingin. Hal ini karena makanan ini dapat meningkatkan suhu tubuh.
  1. Kartoffelsalat
Kartoffelsalat atau salad kentang merupakan hidangan salad khas Jerman. Salad khas Jerman ini terbuat dari potongan kentang rebus yang dicampur dengan bawang bombay segar, mayonnaise, cuka, telur, tomat, daging sapi, dan dressing susu. Salad berbahan dasar kentang ini pastinya sangat terkenal di Jerman.
Kartoffelsalat
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Gulaschsuppe
Gulaschsuppe adalah sajian sup kental khas Jerman. Gulachsuppe atau sup gulasch berisi daging sapi atau babi. Dagingnya tidak dipotong seperti biasa, tetapi dicincang agak besar. Orang Jerman biasa memakan sup ini bersama roti.
Gulaschsuppe
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Apfelstrudel
Sesuai dengan namanya, apfelstrudel adalah kue yang terbuat dari apel. Kue ini adalah kue tradisional Jerman. Bentuk kue ini bulat dan bertekstur lembut. Kue berbahan dasar apel ini sangat lezat dan populer di Jerman. Kabarnya, kue ini dibuat pertama kali pada tahun 1696.
Apfelstrudel
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Falscher Hase
Falscher hase memiliki arti kelinci palsu. Uniknya, makanan ini tidak terbuat dari daging kelinci. Makanan ini malah dibuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan tepung, bawang, dan telur.
Falscher Hase
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Falscher hase disajikan dengan cara diiris pipih dan dibumbui sedikit saus di atasnya. Makanan ini mirip dengan punggung kelinci. Jadi, tidak heran jika dinamai falscher hase.
  1. Bienenstich
Bienenstich sendiri berarti sengatan lebah. Makanan ini memang bercita rasa manis karena mengandung madu. Makanan ini dibuat dari adonan manis dengan campuran krim vanilla, almond, dan madu sebagai pelapis atas adonan tersebut. Bienenstich sangat cocok bagi para penyuka makanan manis.
Bienenstich
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Ada cerita menarik dibalik manisnya kue ini. Pada abad ke-15, para pembuat roti di Andernach tengah megumpulkan madu saat pasukan Linz menyerang kota tersebut. Para pengumpul madu pun melemparkan sarang lebah kea rah pasukan, sehingga mereka mundur dan pergi. Demi merayakan kemenangan tersebut, maka mereka pun memanggang kue ini bersama-sama.
  1. Bretzel
Bretzel adalah makanan khas Jerman yang berbentuk pita dan berwarna coklat. Pada permukaannya terdapat taburan garam kasar, biji wijen, atau bij bunga matahari. Bretzel tidak hanya populer di Jerman, tetapi juga di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.
Bretzel
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Roti ini berbahan dasar tepung gandum dan mengandung garam, ragi, air dan malt. Makanan ini adalah hidangan wajib dalam pesta panen yang disebut dengan Oktoberfest. Bretzel bertekstur keras dan rasanya lezat. Bretzel memilki berbagai macam varian berdasarkan bentuknya. Selain bretzel yang berbentuk pita, ada juga kase-bretzel, laugenstangen, dan laugenbrotchen. Kase-bretzel adalah bretzel dengan topping keju yang ditambahkan beberapa menit sebelum pretzel dipanggang. Laugenstangen adalah bretzel yang berbentuk stick.
  1. Lebkuchen
Lebkuchen adalah kue khas Jerman yang dikenal dengan sebutan ginger bread atau roti jahe. Kue ini berwarna coklat dan dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan telur, madu, hazelnut, walnut, manisan jeruk, badam, potongan lemon, dan marzipan. Selain itu, juga ditambahkan rempah seperti kayu manis, ajeh, adas manis, pimento, ketumbar, dan kapulaga. Rasa kue ini pasti sudah tidak diragukan lagi.
Lebkuchen
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rote Grütze
Rote grütze adalah pudding khas Schleswig-Holstein, yakni kota bagian Utara Jerman. Pudding ini terbuat dari tepung jagung, kismis hitam dan merah, raspberry atau ceri yang dihaluskan jadi satu, dan kemudian dikukus. Pudding kemudian akan ditambahkan krim, es krim, atau saus vanili.
Rote Grütze
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pudding khas Jerman ini juga banyak ditemukan di wilayah Jerman Timur. Makanan ini bertekstur kental dan hangat, sehingga cocok disajikan sebagai makanan pembuka di pagi hari.
  1. Käsekuchen
Käsekuchen adalah cheesecake khas Jerman yang bertekstur lembut. Rasa kejunya bergitu lembut karena terbuat dari quark, yaitu keju lunak berwarna putih yang memiliki rasa sedikit asam. Lapisan luarnya juga lebih manis dan lembut saat disantap. Kue ini biasanya dikombinasikan bersama aneka buah segar, seperi stroberi, blueberi, atau ceri, sebagai topping penambah rasa.
Käsekuchen
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Maultaschen
Sekilas maultaschen mirip dengan martabak telur di Indonesia. Makanan ini adalah kuliner iknoki kota Zum Hasenwirt. Maultaschen berbentuk persegi dan terbuat dari kulit pasta yang diisi dengan daging cincang, bayam yang dibumbui lada, asinan kubi, pala, peterseli, dan berbagai rempah-rempah lainnya.
Maultaschen
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baca juga makanan dari negara-negara Eropa lainnya seperti makanan khas Rusia, makanan khas Belanda, dan makanan khas Turki. Inilah enam belas makanan khas Jerman yang wajib Anda ketahui. Beberapa makanan khas tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, bagi Anda yang belum pernah mencobanya maka jangan lupa untuk mencicipi sajian khas Jerman tersebut saat berkunjung ke Jerman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.  

14 Makanan Khas Belanda yang Terkenal Enak

Belanda dan Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Negara yang pernah menjajah Indonesia selama berabad-abad ini nyatanya memiliki berbagai kuliner khas yang terkenal enak. Lalu, apa saja makanan khas Belanda yang terkenal enak tersebut. Empat Belas makanan khas Belanda yang terkenal enak adalah:
  1. Herring
Herring dikenal sebagai sashimi ala Belanda yang sudah ada sejak 6 abad yang lalu. Sashimi khas Belanda ini sering ditemui saat musim panas. Hal ini adalah karena ikan Herring boleh ditangkap saat itu. Ikan akan dibersihkan dan dipotong bagian kepalanya untuk kemudian dibekukan selama 24 jam.
Herring
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Herring bertekstur lembut dengan cita rasa asin, tetapi rasanya sangat segar. Sashimi ala Belanda ini dapat dimakan secara langsung maupun dibaut seperti sandwich. Herring juga bisa dimakan dengan roti ditambah irisan bawang merah.
  1. Hutspot
Hutspot adalah kentang ditumbuk dengan wortel dan disaikan dengan brisket (daging sanding lamur) yang direbus. Anda bisa memperoleh hutspot di hampir seluruh bagian kota Leiden saat bulan Oktober. Perpaduan antara daging dengan campuran sayuran wortel, buncis, kentang, dan bawang Bombay yang dihaluskan memberi cita rasa yang tak terlupakan.
Hutspot
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hutspot sangat cocok bagi Anda pecinta daging. Selain itu, makanan ini lebih nikmat jika dinikmati dengan meneguk Jenever (Bir Belanda). Badan Anda dijamin langsung hangat dan seger pastinya. Namun, jangan sekali-kali mencoba minuman Bir Belanda tersebut jika Anda bukan pecinta minuman beralkohol.
  1. Waterzooi
Waterzooi sangat cocok dihidangkan saat musim dingin. Makanan ini merupakan sajian sup khas Belanda. Sajian ini pada awalnya terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut.
Waterzooi
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Namun, saat ini sajian ini menggunakan bahan yang lebih mudah yakni ayam. Perubahan bahan tersebut menjadikan nama makanan ini berubah menjadi kippenwaterzoi. Alasan mengapa tidak menggunakan ikan lagi adalah karena sungai-sungai di Ghent (tempat asal Waterzooi) sudah sangat tercemar, sehingga ikan-ikan disana pun menghilang. Makanan ini berisi rebusan ayam ataupun ikan dengan berbagai jenis sayuran, seperti wortel, daun bawang, herba, dan kentang. Selain itu, ditambahkan juga telur, krim, dan mentega. Makanan ini cocok dinikmati dengan baguette, yaitu semacam roti tawar khas Belanda.
  1. Boerenkoolstamppot
Boerenkoolstamppot sudah mulai dikenal masyarakat seantero Belanda sejak tahun 1661. Makanan ini berbahan dasar kubis khas Belanda yang disebut kale yang dicampur dengan kentang yang ditumbuk. Makanan ini cocok dihidangkan dengan saus, mustard, dan sosis rookw
Boerenkoolstamppot
Sumber: https://www.shutterstock.com/
orst.   Hal yang membuat makanan ini begitu populer adalah kentang,. Kentang menjadi bahan populer yang sering digunakan masyarakat Belanda sebagai makanan. Boerenkoolstamppot banyak mengandung karbohidrat, sehingga populer di musim dingin.
  1. Keju Edam
Belanda memiliki keju yang terkenal kelezatannya, yaitu keju edam. Keju ini berbahan dasar susu sapi. Keju khas Belanda ini memiliki lapisan paraffin merah. Tekstur keju edam sangat lembut dan rasanya sedikit lebih asin. Rasanya dapat dikatakan agak mirip kacang.
Keju Edam
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Keju edam adalah keju dengan kandungan lemak yang paling rendah. Keju ini juga mengandung protein sebanyak 25%. Keju edam biasanya digunakan sebagai topping kue atau sebagai teman minum teh.
  1. Erwtensoep
Erwtensoep adalah sup yang berkuah kental khas Negeri Kincir Angin. Ertwensope atau sup ercis adalah sup khas Belanda yang terbuat dari kacang ercis. Sup ini berwarna hijau kekuningan bahkan cenderung coklat dan bertekstur mirip dengan bubur. Sup ini juga berisi prei, kentang, daging sapi maupun ayam, dan wortel.
Ertwensoup
Sumber: https://livingnomads.com/2017/06/mosselen-festival-zeeland/
Sajian sup khas Belanda ini cocok disajikan saat musim dingin tiba. Sup akan ditambah roti saat disajikan, seperti soft rool dan hard fool. Jenis kacang-kacangan lainnya pun dapat ditambahkan, seperti kacang tanah dan kacang merah. Perasan sedikit jeruk nipis dan lemon ditambahkan di akhir untuk memperkaya cita rasanya. Sajian sup ini pun memiliki kemasan kaleng yang bisa dibeli di Leek. Baca juga sup asli Indonesia dan sup dari Asia yang tidak kalah enaknya dengan sup khas Negeri Kincir Angin ini.
  1. Friet Mayyonaise
Makanan ini adalah kentang yang dipotong tipis-tipis dan digoreng dua kali. Gorengan pertama bertujuan mematangkan, sedangkan gorengan kedua untuk membuat kentang berwarna kuning keemasan. Rasanya renyah dan dapat dinikmati kapan saja, baik siang maupun malam.
Friett Mayonnaise
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Texel Lamb
Texel lamb adalah daging domba yang berasal dari padang rerumputan di Pulau Texel, Laut Wadden, Belanda. Daging domba dari daerah tersebut terkenal lembut, gurih, dan sedikit asin. Daging domba khas Belanda ini memiliki cita rasa yang lezat saat diolah.
Texel Lamb
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ikan Cod dari Kawasan Laut Utara
Ikan Cod khas Belanda memiliki kenikmatan tersendiri. Ikan tersebut memiliki daging yang kenyal dan kaya rasa. Ikan Cod dapat menjadi hidangan yang sangat spesial di tanagan ahlinya.
Ikan Cod
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Zeeland Mussels (Kerang Zeeland)
Kerang khas Belanda ini berdaging padat dan terkenal lezat. Zeeland mussels biasanya setengah dikukus dengan anggur dan disajikan dengan roti kering. Hidangan ini cocok dinikmati pada sore hari di musim panas.
Zeeland Mussels
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Asparagus Limburg
Asparagus limburg perlu sedikit dipukul sebelum dimasak karena tebal, berwarna putih, dan keras. Asparagus ini harus dimasak dengan tepat untuk mendaptkan kerenyahan yang pas. Asparagus ini dapat dibakar dan disajikan dengan sup krim yang ditambah telur dan saus sabayon.
Asparagus Limburg
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ontbijtkoek
Ontbijtkoek adalah kue sarapan pagi yang terbuat dari gandum. Kue ini sejenis kue bolu, tetapi bahan pembuatnya menjadi kunci pembedanya. Kue ini sering dibumbui dengan kayu manis, jahe, pala, dan cengkih.
Ontbijtkoek
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Makanan ini disebut Oudewijvenkoek di Belanda bagian Utara. Bahan pembuatnya hampir sama dengan ontbijtkoek, tetapi ditambah dengan adas manis. Ontbijtkoek lebih enak jika diolesi mentega banyak-banyak. Saat ini, Ontbijtkoek lebih sering dihidangkan sebagai makanan kudapan saat perjamuan minum teh khas Belanda.
  1. Croquettes
Anda mungkin sudah tidak asing dengan makanan satu ini, yakni kroket dalam Bahasa Indonesia. Belanda menyebutnya dengan sebutan croquettes. Croquettes biasanya diisi daging atau udang. Perpaduan antara isian yang creamy dan sensasi rasanya yang renyah menjadikan makanan ini cocok sebagai teman minuman yang lezat.
Croquettes
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Rijsttafel
Rijsttafel adalah makanan Belanda yang terkait erat dengan zaman kolonial Belanda di Indonesia. Makanan ini dibuat untuk memuaskan rasa lapar penguasa Belanda. Makanan spesial dari Belanda ini dapat ditemukan di The Hague, yakni wilayah tempat tinggal penguasa koloni Belanda setelah Indonesia merdeka. Rijsttafel terdiri dari kata rijs yang berarti nasi dan tafel yang berarti meja. Jadi tidak heran jika sajian ini memadukan kelezatan makanan dengan kenikmatan makan bersama-sama. Inilah 14 makanan khas Belanda yang terkenal enak. Makanan-makanan tersebut bisa Anda buktikan kelezatannya saat Anda berkunjung ke Belanda. Cicipi juga makanan khas benua Eropa, seperti makanan khas Rusia, makanan khas Turki, dan makanan khas Italia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

16 Makanan Khas Italia yang Populer dan Enak

Negara Italia sangat terkenal dengan makanan khasnya. Makanan khas Italia seperti pizza dan spaghetti sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas. Namun, Italia ini juga memiliki makanan khas lainnya yang tidak kalah enak. Makanan khas tersebut wajib Anda coba jika Anda berkunjung ke Italia. Lalu, apa sajakah makanan khas Italia yang wajib Anda coba tersebut?
  1. Pizza
Semua orang pasti sudah mengenal makanan khas Italia yang satu ini. Roti bundar atau datar ini pertama kali ditemukan di Naples. Pizza biasanya dimasak dalam oven atau tungku kayu. Topping yang ditambahkan dalam adonan pizza, misalnya daging, tuna, keju mozzarella, dan berbagai sayuran. Topping akan disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.
Pizza
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Lasagna
Ada berbagai macam jensi pasta dari Italia, salah satunya adalah lasagna. Lasagna merupakan hidangan pasta yang pertama dicipakan di Italia. Hidangan pasta ini terbuat dari beberapa lembar lpisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling. Sausnya merupakan perpaduan keju mozzarella, saus tomat, irisan daging (sapi, ayam, atau babi), dan sayuran (bayam atau jamu).
Lasagna
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Lasagna yang sudah dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, anggur, dan regano akan dimasak dalam oven sampai matang. Sajian pasta khas Italia ini sangat enak jika dimakan dalam keadaan hangat.
  1. Spaghetti
Spaghetti adalah jenis pasta lainnya yang juga populer. Pasta ini berbentuk silinder, tipis, dan panjang. Dalam pembuatannya, spaghetti yang sempurna harus memiliki panjang 50 cm. namun, saat ini hal itu bukan menjadi tolak ukur lagi.
Spaghetti
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Hal ini terbukti dengan banyaknya spaghetti instan yang dijual dengan panjang 25 – 30 cm. Hidangan spaghetti yang paling terkenal adalah spaghetti alla Carbonara yang diolah dengan minyak zaitun, bawang putih, daging, dan saus tomat.
  1. Risotto
Risotto adalah makanan khas Italia yang berbahan dasar tepung gandum. Makanan ini berasal dari Piedmont yang memiliki banyak lahan tanaman padi. Risotto dibuat dengan mencampurkan beras, anggur, dan bawang putih. Bahan lain yang digunakan sebagai pelengkap seperti daging, keju, dan sayuran.
Risotto
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tortellini
Jenis pasta lainnya adalah tortellini. Tortellini adalah pasta berbentuk cincin yang lebih mirip pusar. Pasta ini berasal dari Emilia ini diisi campuran daging panggang dan keju. Tortellini sering dinikmati dengan kaldu daging kental yang terbuat dari daging sapi.
Tortellini
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Selain tortellini yang langsung dimasak, ada juga tortellini yang hanya tahan selama 7 minggu. Tortellini instan sudah dibekukan dan dapat dinikmati kapan saja. Namun, jangan lupa untuk dipanaskan di microwave terlebih dahulu.
  1. Salami
Salami adalah salah satu jenis makanan pembuka yang populer di Italia.  Makanan pembuka khas Italia ini hampir mirip dengan sosis berukuran besar yang terbuat dari campuran daging babi dan juga daging sapi. Salami bercita rasa enak dan khas. Hal ini karena dalam proses memasaknya ditambahkan dengan rempah-rempah yang menjadikannya semakin lezat.
Salami
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salami merupakan salah satu jenis makanan pembuka yang terkenal di Italia. Salami ini hampir mirip dengan sosis berukuran besar yang terbuat dari campuran daging babi dan juga daging sapi. Salami ini memiliki rasa yang enak dan khas karena dalam proses pemasakannya ditambahkan dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuat makanan ini menjadi semakin lezat.
  1. Panna Cotta
Panna cotta dalah hidangan khas Italia yang merupakan salah satu hidangan penutup. Hidangan ini dimasak dengan menggunakan baha dasar susu, krim, gula, dan gelatin. Bahan-bahan tersebut akan didihkan lalu didinginkan dalam mesin.
Panna Cotta
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Panna cotta biasanya dihidangkan dengan menggunakan buah-buahan. Makanan ini bercita rasa manis. Jadi, memang sangat cocok dijadikan hidangan penutup.
  1. Fettucini Alfredo
Fettucini alfredo adalah jenis pasta yang dihidangkan dengan tambahan saus krim, sehingga membuat makanan ini berwarna putih. Sajian ini memiliki ukuran pasta yang lebih lebar. Saus yang digunakan terbuat dari krim. Rasa sajian pasta ini tidak kalah enak dengan sajian pasta khas Italia lainnya.
Fettucini Alfredo
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Tiramisu
Tiramisu merupakan kudapan khas Italia yang bercita rasa khas kopi. Kuenya berbentuk jari yang dicelupkan ke dalam kopi. Adonan dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula, dan keju mascarpone. Makanan ini akan dibumbui dengan bubuk cokelat yang lezat saat disajikan.
Tiramisu
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Kudapan khas Italia ini memiliki cita rasa coklat, vanilla, dan kopi. Ketiga rasa tersebut berpadi menjadi satu, sehingga tercipta rasa manis yang disertai sedikit rasa pahit.
  1. Gelato
Gelato adalah es krim khas Italia yang juga sudah sangat populer. Es krim ini bertekstur padat dan rendah lemak. Hidangan ini disukai hampir semua orang di dunia. Jangan lupa untuk mencoba es krim khas Italia ini. Anda dijamin ketagihan dengan es krim rendah lemak yang satu ini.
Gelato
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ayam Saltimbocca
Ayam saltimbocca adalah makanan khas Italia yang terkenal enak. Makanan berbahan dasar ayam ini terbuat dari daging ayam, bayam, prosciutto ham, dan keju mozzarella. Olahan ayam ini menjadi favorit para pecinta kuliner karena kelezatan rasanya.
Ayam Saltimbocca
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ravioli
Ravioli terbuat dari ayam dan ricottanya. Makanan ini biasanya dihidangkan dalam porsi kecil, sehingga cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet. Sajian ini juga tidak kalah terkenal dan enak dengan makanan-makanan Italia lainnya.
Ravioli
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Linguine Alle Vongole
Linguine Alle Vongole adalah sejenis pasta yang hampir mirip dengan spaghetti. Makanan ini terbuat dari pasta yang diberi saus dari campuran kerang dan bumbu khusus. Sajian pasta ini pastinya bercita rasa sangat khas dan lezat.
Linguine Alle Vongole
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Penne Alla Vodka
Sajian pasta lainnya yakni penne alla vodka. Sajian pasta ini terbuat dari pasta dengan krim kental dan tambahan bawang, tomat, sosis atau daging. Saus yang digunakan biasanya terbuat dri krim, marinara, kemangi, dan vodka. Sausnya tidak berasa pedas dengan rasa gurih yang dominan.
Penne Alla Vodka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Panini
Panini adalah sandwich khas Italia yang terbuat dari roti (tramezzino). Makanan ini dibuat dari roti jenis ciabatta, rosetta, dan baguette. Rotinya harus dipotong horizontal yang selanjutnya diisi dengan daging asap, ham, keju, dan lainnya. Sandwich khas Itali ini terkenal di Italia Tengah dengan irisan daging panggang (porchetta) dan rempah khas Italia.
Panini
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Ayam Parmigiana
Sajian ayam khas Italia lainnya adalah Ayam Parmigiana. Sajian ayam ini salah satu menu makanan yang berbahan dasar ayam yang di masaik dengan cara digoreng. Ayam yang digoreng tersebut akan diberi tambahan saus dan keju. Ayam parmiginia sering dihidangkan bersama dengan spaghetti.
Ayam Parmigiana
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Baca juga masakan ayam tradisional Indonesia. Inilah enam belas makanan khas Italia yang populer dan enak. Makanan-makanan Italia tersebut sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Kelezatan makanan Italia ini dapat Anda nikmati di restoran-restoran Italia di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke Italia untuk menikmati kelezatan makanan-makanan tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

13 Makanan Khas Rusia yang Terkenal Unik dan Lezat

Makanan khas Rusia menjadi salah satu makanan khas Eropa yang cukup banyak dikenal negara-negara lainnya. Negara yang memiliki luas terbesar di dunia ini memiliki makanan khas yang bercita rasa unik dan lezat. Negara yang berada di dua benua ini, Eropa dan Asia, memiliki jenis masakan yang sama tapi resepnya berbeda-beda bergantung pada iklim dan wilayahnya di Rusia. Makanan Rusia dipengaruhi oleh Asia Tengah, Asia Timur, dan Prancis. Makanan utamanya adalah roti, telur, kentang, daging, kubis, mentega, jamur, mentimun, dan bawang Bombay. Uniknya, satu set hidangan akan disajikan secara berurutan di atas meja. Hidangan tersebut dimulai dari hidangan pembuka, sup, hidangan utama, dan hidangan penutup. Tiga belas makanan khas Rusia yang terkenal unik dan lezat adalah:
  1. Beef Stroganoff
Beef stroganoff adalah makanan Rusia yang cukup populer di negara-negara lain. Sajian ini berupa daging tumis yang dimasak dengan Smetana atau krim asam. Krim asam adalah penyedap utama yang ditambahkan pada sup atau pelmeni. Rasanya creamy dan lezat. Jadi, tidak heran jika beef stroganoff menjadi masakan favorit di negara Rusia.
Beef Stroganoff
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Pelmeni
Sekilas pelmeni mirip dengan pangsit khas Indonesia. Makanan ini adalah sejenis pangsit dari Rusia yang isiannya dibungkus adonan tipis tanpa ragi. Pelmeni terbuat dari tepung terigu yang dicampur air dan kadang ditambah sedikit telur. Isiannya dapat berupa daging giling, ikan, jamur, maupun campuran berbagai jenis daging.
Pelmeni
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pelmeni tradisional Udmurtia memiliki komposisi yang harus dipatuhi. Komposisi bahan-bahannya adalah campuran 45% daging sapi, 35% daging domba, dan 20% daging babi. Campuran rempah-rempah seperti lada hitam, bawang merah, dan bawang putih langsung dicampurkannya. Hidangan pelmeni dapat dimakan langsung atau disajikan dengan kuah kaldu.
  1. Blin
Blin adalah panekuk khas Rusia yang biasanya menggunakan topping seperti caviar, krim asam, dan salmon panggang. Dalam jumlah banyak, makanan ini disebut bliny. Panekuk khas Rusia ini terbuat dari tepung gandum, susu, gula pasir, garam secukupnya, dan plain yoghurt.
Blin
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni tinggal digoreng di panci. Bliny memiliki kulit bertotol-totol dan renyah. Namun, teksturnya tidak sekering crepe. Bliny dapat dimakan langsung ataupun digabungkan dengan bahan makanan lain.
  1. Pirozhki
Makanan ini menyerupai bakpau dan biasanya memiliki isian yang sama dengan pelmeni. Pirozhki mudah ditemui dimana saja di Rusia dan harganya terjangkau. Makananan ini dapat dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Namun, ada sebagian orang yang menganggap bahwa pirozhki sesungguhnya haruslah dipanggang.
Pirozhki
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Pirozhki berukuran kecil dan mudah dimakan dengan tangan. Sementara itu, ada pai yang berukuran lebih besar yang dsiebut pirogi. Prozhki merupakan makanan yang mewarnai masa kecil anak-anak Rusia. Pai khas Rusia ini biasanya dibuat pada peristiwa-peristia istimewa, seperti ulang tahun keluarga, kelulusan, pernikahan, dan perayaan Tahun Baru.
  1. Salad Oliver
Salad oliver adalah salad khas Rusia yang berisi berbagai macam jenis sayuran. Sayuran yang digunakan biasanya seperti kentang, acar, timun, kacang polong. Selain itu, akan ditambahkan telur dan dipadukan dengan krim asam atau mayones.
Oliver Salad
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Salad khas Rusia ini tidak hanya populer di Rusia, tetapi juga di negara-negara bekas wilayah Uni Soviet, Iran, Israel, Mongolia, Amerika Latin, dan negara-negara Eropa lainnya. Salad khas Rusia ini menjadi hidangan utama di meja zakuski yang disiapkan selama perayaan Malam Tahun Baru (Novy God).
  1. Borscht
Borscht adalah sajian sup kental yang dikonsumsi saat musim dingin tiba. Sup khas Rusia ini merupakan perpaduan buah bit dan kubis merah. Seperti sup pada umumnya, maka borscht sangat cocok disajikan dalam keadaan panas.
Borscht
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sup borscht yang kental akan semakin sedap jika dipadukan dengan potongan daging panggang dan kentang tumbuk bercampur keju leleh sebagai toppingnya. Sajian ini bercita rasa gurih dan sedikit manis. Rasa kaldunya unik, gurih, dan lezat.
  1. Solyanka
Selain borscht, ada juga sup khas Rusia yang terkenal enak yakni solyanka. Sup ini bercita rasa asam dan sedikit pedas. Pada umumnya, solyanka dimasak dengan ikan, daging, atau jamur dan dibumbui dengan bawang, acar, krim asam, dan rempah-rempah ala Rusia.
Solyanka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sup khas Rusia ini cocok disajikan dalam keadaan panas. Sup sehat ini juga dapat menghangatkan perut. Solyanka sering dikombinasikan dengan potongan roti atau kentang.
  1. Shashlik
Shashlik adalah sate khas Rusia yang seringnya menggunakan daging babi. Namun, ada juga yang menggantinya dengan daging kambing, sapi, atau apapun sesuai selera. Daging dan sayuran seperti paprika merah dan kuning akan dipotong dadu kemudian ditusuk dengan besi tajam.
Shashlik
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Sama halnya dengan sate Indonesia, shashlik juga akan dibakar hingga setengah matang atau daging berubah warna menjadi merah kecoklatan. Makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu yang telah ditambahkan anggur merah, jus delima, ataupun cuka. Shashik cocok disajikan bersama sepotong roti panggang, acar, saus tomat, irisan bawang bombay, dan mayonnaise.
  1. Morozhenoe
Rusia memiliki es krim lezat khas yang dinamakan morozhenoe. Es krim khas Rusia ini rasanya lebih creamy dan gurih dibandingkan es krim lainnya. Es krim ini dapat ditemukan di hampir setiap tempat di Kota Moskow. Varian rasa yang ditawarkan biasanya adalah cokelat dan stroberi.
Morozhenoe
Sumber: https://culturecheesemag.com/blog/morozhenoe-russian-ice-cream
  1. Golubtsy
Golubtsy adalah makanan khas Rusia yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibalut dengan kol. Selain daging sapi cincang, isian lainnya adalah telur, nasi putih, irisan wortel, saus marinara, dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut akan direbus hingga matang. Selanjutnya, disajikan dengan krim di bagian atas untuk membuat rasanya semakin lezat.
Golubtsy
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Tidak hanya di Rusia, makanan ini bisa ditemukan di hampir semua bagian Eropa Timur. Makanan ini juga merupakan makanan yang pastinya pernah dimasak oleh semua keluarga di Rusia atau Ukraina.
  1. Khachapuri
Khachapuri adalah roti renyah yang dibentuk mirip seperti perahu boat. Pada bagian tengahnya diberi telur setengah matang dan beberapa jenis keju (biasanya 4 – 5 jenis keju) yang dilelehkan. Makanan ini sangat nikmat disajikan sangat hangat. Selain itu, menu ini juga cocok untuk sarapan di pagi hari.
Khachapuri
Sumber: https://www.shutterstock.com/
  1. Potato Okroshka
Potato okroshka adalah sup yang terbuat dari buttermilk, kentang, bawang, dan diperkaya dengan dill atau adas sowa. Makanan Rusia ini mungkin mirip cream soup yang memiliki rasa begitu lezat. Makanan ini bercita rasa gurih dan lembut.
Potato Okroshka
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Berbeda dengan sup lainnya, potato okroshka disajikan dingin sehingga sering disebut Rusian Summer Soup. Jadi, sup ini rasanya sangat menyegarkan dinikmati di musim panas. Sup ini pun mudah dibuat, murah, dan sehat pastinya.
  1. Khinkali
Khinkali mirip dumpling yang di dalamnya diisi daging cincang dan cilantro. Makanan ini memang mirip seperti makanan khas Tiongkok, tetapi cita rasanya khas Eropa Timur. Dumpling khas Rusia ini juga sering menjadi menu pilihan bagi muslim Rusia untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan.
Khinkali
Sumber: https://www.shutterstock.com/
Inilah tiga belas makanan khas Rusia yang terkenal unik dan lezat. Perpaduan bahan-bahan yang digunakan menjadikan makanan-makanan khas Rusia ini wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Rusia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.